Bekerja di negara maju Eropa tentu saja menjadi salah satu impian dari kebanyakan orang, mungkin salah satunya adalah anda yang memiliki impian untuk bisa bekerja di Jerman.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Nah, anda bisa bekerja di Jerman dengan mengikuti program Aupair Jerman yang sudah cukup banyak diikuti oleh orang-orang dari Indonesia.

Untuk anda yang belum tahu Aupair, Aupair sendiri merupakan suatu program internasional yang diberikan oleh pemerintah Jerman dalam memberikan kesempatan untuk para pemuda dan juga pemudi internasional dari luar Jerman yang ingin merasakan bagaimana sensasi hidup di Jerman.

Kenapa bisa merasakan sensasi hidup di Jerman? Karena dengan mengikuti program Aupair Jerman.

Anda akan tinggal bersama salah satu keluarga di Jerman satu atap dan juga mendapatkan berbagai macam fasilitas lainnya yang akan membuat anda nyaman.

Jadi bisa dibilang Aupair merupakan kegiatan Homestay, yang mana anda nantinya akan tinggal bersama keluarga angkat baru di Jerman dan juga memperoleh berbagai macam fasilitas yang sama seperti anak-anak mereka.

Dengan imbalan anda harus membantu keluarga asuh dalam mengurus anak dan juga membantu pekerjaan rumah tangga.

Banyak juga yang berpendapat bahwa Aupair sendiri merupakan program pertukaran budaya untuk generasi muda yang ada di seluruh dunia.

Dengan rentang usia 18 tahun sampai 26 tahun untuk bisa memperdalam kemampuan berbahasa Jerman dengan cara tinggal di Jerman bersama keluarga asuh selama 1 tahun.

Apa Sajakah Tugas-Tugas Aupair Di Jerman?

Aupair

Program Aupair Di Jerman sendiri merupakan salah satu fondasi yang cukup bagus untuk anda yang memiliki cita-cita mengikuti program Ausbildung di Jerman atau bekerja serta tinggal di Jerman dengan kurun waktu yang cukup lama.

Tanggung jawab yang anda miliki ketiak mengikuti program Aupair ini adalah anda harus membantu keluarga asuh di Jerman mengasuh anak, mengantarnya ke sekolah, bermain dan juga berbagai macam kegiatan bersama anak.

Tidak hanya mengurus anak saja, tapi anda juga memiliki kewajiban untuk membantu pekerjaan ringan di rumah dari keluarga asuh Jerman tersebut.

Beberapa pekerjaan ringan rumah tangga tersebut adalah seperti menyedot debu, membersihkan meja, mencuci dan juga menyetrika.

Mungkin anda berpendapat bahwa Aupair sama seperti dengan menjadi Pembantu Rumah Tangga kan?

Padahal sebenarnya Aupair ini berbeda jika dibandingkan dengan menjadi pembantu rumah tangga, berikut adalah beberapa perbedaanya.

  • Aupair mempunyai jam kerja terbatas, dimana Aupair hanya bekerja selama 30 jam dalam seminggu atau paling tidak 6 jam dalam sehari. Sementara untuk baby sitter memiliki jam kerja 9 hingga 10 jam dalam sehari, yakni sejak majikan bangun tidur dan hingga seluruh keluarga sudah tidur.
  • Aupair hanya memiliki kewajiban untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan ringan rumah tangga. Sementara untuk Asisten Rumah Tangga harus mengerjakan semua pekerjaan rumah, mulai dari membersihkan meja, mengepel lantai dan sebagainya.
  • Aupair akan memperoleh fasilitas berupa kursus bahasa Jerman, sementara untuk baby sitter atau asisten rumah tangga tidak mendapatkan fasilitas tersebut.

Keuntungan Mengikuti Program Aupair Di Jerman

Keuntungan Mengikuti Program Aupair Di Jerman

Belajar bahasa Jerman dengan cepat mungkin akan sering mendapatkan hambatan. Untuk itu, salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengikuti program Aupair Jerman.

Dimana dengan mengikuti program Aupair Jerman, anda akan bisa mengasah kemampuan berbahasa Jerman dengan mudah dan lancar.

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti program Aupair di Jerman.

Nah berikut dibawah ini adalah ulasan mengenai keuntungan mengikuti Aupair di Jerman.

Mendapatkan Jaminan Tempat Tinggal

Keuntungan pertama selama anda mengikuti program Aupair sendiri adalah anda akan mendapatkan jaminan tempat tinggal yang nyaman dan juga aman serta gratis.

Hal ini karena anda nantinya akan tinggal bersama keluarga asuh di Jerman.

Anda akan mendapatkan perlakuan yang sama seperti anak dari keluarga asuh di Jerman tersebut.

Makan bersama, liburan bersama dan juga menghabiskan waktu bersama menjadi hal yang akan anda rasakan jika mengikuti program Aupair.

Jadi anda tidak perlu memikirkan tempat tinggal dan juga makan ketika berada di Jerman. karena pihak pemerintah Jerman sendiri sudah menetapkan aturan jika pemilik rumah harus memberikan tempat tinggal yang lama, terutama satu atap dengan peserta Aupair.

Mendapatkan Jaminan Kontrak 1 Tahun

Jika anda mengikuti program Aupair di Jerman, anda akan mendapatkan jaminan kontrak kerja selama 1 tahun lamanya.

Hal ini karena memang pemerintah Jerman sudah menetapkan peraturan bahwa minimal program Aupair untuk keluarga asuh dan juga peserta adalah 1 tahun.

Jadi biaya makan dan juga biaya tempat tinggal selama 1 tahun tersebut sudah terjamin untuk anda.

Dengan begitu, anda tidak perlu memikirkan biaya tambahan untuk masalah tempat tinggal serta akomodasi.

Bahkan jika anda beruntung, anda bisa mendapatkan perpanjangan kontrak dari keluarga asuh di Jerman tersebut jika memang kinerja dan juga komitmen yang anda berikan untuk keluarga asuh di Jerman tersebut sangat baik.

Mendapatkan Gaji Bulanan

Keuntungan yang akan anda dapatkan jika mengikuti program Aupair di Jerman ini adalah anda akan mendapatkan jaminan gaji bulanan yang besar.

Dimana pemerintah Jerman sendiri sudah membuat peraturan jika setiap keluarga yang ingin mengontrak Aupair paling tidak harus memberikan uang saku 260 Euro per bulan.

Dimana jika dikonversi menjadi rupiah, paling tidak para peserta Aupair akan mendapatkan bayaran sebesar 4 juta hingga 6 juta dalam satu bulan.

Selain uang saku, anda juga akan mendapatkan jaminan asuransi perbulan yang sudah ditanggung oleh keluarga asuh di Jerman.

Hal ini karena pemerintah Jerman sendiri sangat ketat terhadap asuransi, jadi para keluarga asuh di Jerman akan memberikan jaminan asuransi kesehatan yang bisa anda dapatkan secara gratis.

Selain gaji bulanan, anda juga akan mendapatkan fasilitas berupa kursus bahasa Jerman secara gratis yang diberikan oleh pihak keluarga di Jerman.

Dengan begitu, anda bisa mengasah dan juga meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman yang bisa anda gunakan sebagai batu loncatan sebelum mendaftar Ausbildung di Jerman.

Kejelasan Jam Kerja

Terakhir, selama mengikuti program Aupair ini anda akan mendapatkan jaminan berupa kejelasan jam kerja.

Bisa dibilang jam kerja yang akan anda dapatkan tersebut sama seperti jam kerja dari part time.

Artinya, peserta Aupair harus bekerja dari senin hingga jumat dengan maksimal 30 jam dalam satu minggu.

Jika keluarga asuh di Jerman memerlukan jam tambahan di hari Sabtu dan Minggu, maka Au Pair harus mendapatkan jatah libur di hari berikutnya.

Dengan begitu, anda tidak hanya akan fokus terhadap pekerjaan menjadi Aupair. 

Namun anda tetap akan memiliki waktu untuk belajar bahasa Jerman yang diberikan oleh keluarga asuh di Aupair Jerman tersebut.

Syarat, Prosedur & Cara Mengikuti Program Aupair Jerman

Cara Mendaftar Aupair Jerman

Sebenarnya, program Aupair ini tidak hanya ada di jerman saja. Namun Program Aupair juga terdapat di berbagai belahan dunia lainnya seperti China, Australia, Turki, Belgia hingga Perancis.

Namun Jerman adalah salah satu negara pilihan Aupair yang sangat terkenal.

Hal ini wajar saja, karena persyaratan Aupair Jerman sangat mudah untuk dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Nah untuk anda yang mungkin tertarik mengikuti program Aupair Jerman, berikut dibawah ini adalah beberapa syarat Aupair Jerman yang harus anda penuhi.

  • Usia minimal 18 tahun, maksimal usia 25 tahun.
  • Tidak mempunyai anak, tapi berpengalaman dalam mengurus anak.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak mempunyai catatan kriminal.
  • Memiliki kemampuan dan juga kecakapan berbahasa Jerman yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa Jerman dasar.
  • Mempunyai surat izin mengemudi.
  • Bersedia untuk bekerja dalam kontrak 1 tahun yang sudah disediakan.

Nah diatas adalah beberapa syarat yang harus anda persiapkan jika ingin mendaftar menjadi Aupair di Jerman.

Untuk prosedur pendaftaran Aupair di Jerman adalah sebagai berikut :

  1. Mendaftarkan diri pada situs penyalur Aupair.
  2. Melakukan interview kerja Aupair.
  3. Mengurus kontrak, kursus bahasa dan juga asuransi.
  4. Mengikuti kursus bahasa Jerman.
  5. Menyiapkan dan juga membuat paspor.
  6. Mengikuti ujian kecakapan dan juga kemampuan bahasa Jerman level A1.
  7. Membuat janji terkait apply Visa.
  8. Mempersiapkan semua persyaratan dan juga dokumen yang diperlukan untuk meng apply Visa.
  9. Apabila visa sudah disetujui, maka anda dapat berangkat menuju ke Jerman.

Aupairworld : Hal Yang Harus Anda Ketahui Saat Ingin Mendaftar Program Aupair Jerman

Aupairworld

Image: aupairworld.com

Saat anda ingin mendaftar di program Aupair Jerman, ada satu hal yang harus anda ketahui yakni mengenai Aupairworld.

Dimana Aupairworld sendiri adalah situs penyalur para Aupair yang memberikan fasilitas kepada para calon Aupair dalam mencari keluarga asuh atau host family.

Situs Aupairworld ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1999 lalu dan sudah ada lebih dari 4 juta peserta Aupair dan juga keluarga asuh yang terdaftar pada situs ini.

Meskipun situs ini memberikan berbagai macam pilihan negara untuk program Aupair, namun kebanyakan dari calon peserta Aupair ini menggunakan website untuk mencari keluarga asuh di Jerman.

Dimana calon peserta dan juga keluarga asuh bisa saling menemukan masing-masing satu sama lain lewat situs Aupairworld.

Nantinya anda dapat menggunakan fitur filter yang digunakan untuk mencocokan profil yang anda miliki dengan keluarga asuh.

Anda dapat menggunakan sistem pesan yang digunakan agar bisa saling terhubung satu sama lain secara langsung antara calon peserta Aupair dengan keluarga asuh.

Anda juga dapat memanfaatkan situs Aupairworld ini untuk mendaftarkan diri menjadi calon peserta Aupair secara mandiri.

Caranya juga cukup mudah, anda hanya perlu membuat akun di Aupairworld, melengkapi profil kemudian mencari calon keluarga asuh di Jerman.

Bagaimanakah Cara Mendaftar Aupair Jerman?

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program aupair Jerman maka Anda bisa mempersiapkan dan mendaftarnya di Eduversity.co.id.

Dimana Anda akan mempersiapkannya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas kursus bahasa Jerman lalu diajarkan mengenai program Aupair Jerman serta langkah-langkahnya.

Eduversity sendiri sudah sangat berpengalaman dalam mendaftarkan dan mencarikan keluarga angkat dari para calon peserta Aupair di Indonesia ke Jerman dan juga berbagai belahan dunia lainnya.

Nah itulah informasi mengenai Aupair Jerman, keuntungan, syarat dan juga cara mendaftarnya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat

×