Ausbildung Koch adalah salah satu jurusan Ausbildung yang memiliki banyak peminat. Jika kamu memiliki keinginan untuk bekerja di bidang kuliner atau industri restoran, maka Ausbildung ini adalah pilihan yang tepat. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Untuk lebih jelasnya, Ausbildung Koch adalah program di Jerman yang melatih pesertanya untuk menjadi seorang tukang masak profesional.

Yang unik dari Ausbildung, agenda pelatihannya tidak hanya dengan belajar di sekolah tapi pesertanya juga terjun langsung di dunia kerja dengan melakukan magang di perusahaan-perusahaan Jerman.

Inilah mengapa banyak dari lulusannya yang mendapatkan profesi dengan posisi tinggi di awal karir karena mereka sudah memiliki kualifikasi dan pengalaman yang mumpuni.

Alasan Memilih Jurusan Ausbildung Koch

Alasan Memilih Jurusan Ausbildung Koch

Dari sekian banyak pilihan jurusan Ausbildung yang tersedia, mengapa Ausbildung Koch menjadi rekomendasi yang harus dipertimbangkan? Berikut ini beberapa alasan yang bisa menarik minat kamu.

  • Peluang masuknya tinggi untuk pendaftar dari Indonesia

Sedikit bocoran, tidak semua jurusan Ausbildung memiliki kesempatan masuk yang sama rata untuk orang Indonesia. 

Ini karena program Ausbildung memprioritaskan orang asli Jerman saat menyeleksi pendaftarnya, kemudian diikuti warga EU, dan barulah menyeleksi pendaftar dari luar Eropa.

Ausbildung Koch sebenarnya juga diminati penduduk Jerman, akan tetapi jumlah lowongannya sangat banyak sehingga kesempatan kita untuk masuk ke salah satu posisi tersebut lebih besar.

Terhitung ada lebih dari 170 posisi magang untuk jurusan Koki yang dibuka pada tahun 2022. 

  • Prospek kerja yang luas dan menarik

Perjalanan karir lulusan Ausbildung koch sangatlah bervariasi dengan banyaknya pilihan profesi yang bisa ditekuni seperti menjadi kepala koki, ahli gastronomi, koki pribadi, teknisi industri food & beverage, staff restoran dan masih banyak lagi.

Selain itu untuk kamu yang memiliki jiwa entrepreneur, kamu juga bisa merintis bisnis kuliner sendiri seperti mendirikan restoran, cafe, catering atau mungkin bekerja sama dengan pihak perhotelan.

Baca juga: Ausbildung Perhotelan: Pengertian, Syarat dan Gajinya

Jika kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok seperti ilmu gizi ataupun manajemen hotel. 

Di jurusan ilmu gizi, kamu akan memperdalam pengetahuan makanan dengan mengintegrasikannya ke dalam ilmu sains dengan mempelajari pengetahuan gizi, ilmu pangan dan teknologi pangan.

Sementara jurusan manajemen hotel akan memperluas lapangan pekerjaan yang kamu bisa dapatkan hingga mencakup industri lainnya seperti industri perhotelan, hospitality, dan pariwisata.

  • Estimasi gaji yang menjanjikan

Kelebihan lainnya dari mengikuti Ausbildung Koch adalah besarnya harapan gaji yang bisa didapatkan di masa depan. Untuk lulusannya sendiri, mereka bisa berekspektasi menerima gaji awal sebesar €1800 – €1900.

Gaji ini berpotensi meningkat setiap tahunnya dan bahkan untuk posisi profesi yang membutuhkan pengalaman kerja selama 5 – 10 tahun seperti kepala dapur dan kepala koki, gaji yang ditawarkan bisa mencapai €3150 per bulan.

Gambaran Pelatihan Ausbildung Koch Secara Singkat

Gambaran Pelatihan Ausbildung Koch Secara Singkat

Berbagai keahlian yang akan dipelajari di program Ausbildung Koch berhubungan erat dengan pekerjaan dapur dan mengolah makanan. Beberapa keahlian yang akan kamu dapatkan antara lain adalah:

  • Mampu meracik makanan dengan menarik dan menggugah selera
  • Mengenal karakteristik bahan makanan dan bagaimana cara mengolahnya dengan benar
  • Mengatasi kesalahan pada masakan yang bisa diperbaiki seperti terlalu asin atau terlalu encer
  • Merencanakan menu hidangan three-course-meal dengan penyajian yang optimal
  • Berpikir secara kreatif dalam memasak dengan menggunakan bahan-bahan terbatas
  • Mengkonversi takaran pada resep sesuai dengan kebutuhannya
  • Menjaga kebersihan dapur dan mengenal tata cara bekerja di dapur yang benar
  • Menilai kualitas dari makanan secara profesional

Semua keahlian ini akan dipelajari di dua lokasi yaitu di Berufsschule (sekolah kejuruan) dan di Unternehmen (perusahaan) tempat magang.

Berikut ini penjelasan singkat dari proses pelatihannya dalam tiga tahun kedepan.

  • Pelatihan di Berufsschule

Selama dua bulan pertama dari masa pelatihan, peserta Ausbildung koch akan mengikuti beberapa kelas umum di Berufsschule untuk meningkatkan pengetahuan umum dari setiap peserta.

Beberapa bidang studi yang dipelajari adalah Bahasa Jerman, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Matematika.

Peserta juga akan mempelajari berbagai keterampilan secara berkala yang tingkat kesulitannya meningkat setiap tahun.

Di tahun pertama, keahlian yang akan dipelajari masih umum seperti mempelajari aturan kebersihan dan keselamatan saat bekerja di dapur, mem plating makanan sesuai arahan tim koki, dan mengenal istilah-istilah dalam dunia dapur.

Peserta juga belajar untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan mempelajari etika waiter yang benar seperti cara menghidangkan makanan dan membantu transaksi pelanggan.

Di tahun kedua dan ketiga, barulah peserta mulai belajar mengolah bahan makanan di dapur seperti belajar teknik memotong, mengoperasikan berbagai alat masak dengan benar dan lain-lain.

Peserta juga belajar merancang menu-menu yang sesuai dengan tema seperti hidangan pembuka, penutup serta hidangan utama, hidangan untuk buffet, dengan berbagai style mulai dari gaya Jerman hingga gaya internasional.

  • Kerja magang di Unternehmen

Di tempat magang, peserta akan mengaplikasikan kemampuan dan pengetahuan yang telah dipelajari di sekolah kejuruan.

Tanggung jawab yang diberikan pun meningkat tiap tahunnya. Di tahun pertama peserta magang hanya diberikan tugas-tugas yang ringan seperti menjaga kebersihan alat dapur, membantu penyetokan bahan-bahan makanan ke gudang, dan melayani tamu-tamu yang datang.

Di tahun kedua peserta dipercaya untuk membantu pekerjaan dapur dengan job desc yang tidak terlalu berat seperti membantu plating, membuat sup dan salad serta mengolah protein dengan tingkat kesulitan yang rendah.

Tunjangan yang Didapat Peserta Ausbildung Koch

Keuntungan lainnya saat mengikuti Ausbildung yaitu setiap peserta berhak mendapatkan tunjangan dari perusahaan tempat mereka bekerja. 

Tunjangan tersebut berupa uang dan beberapa juga menyediakan fasilitas lainnya selama peserta menjalani kontrak kerja magang.

Untuk besar tunjangannya, peserta magang akan menerima sekitar €650 – €840 per bulan. Setelah dipotong dengan biaya akomodasi dan transportasi, masih tersisa sekitar €150 untuk memenuhi kebutuhan pribadi dari peserta magang.

Beberapa perusahaan juga menyediakan tempat tinggal yang murah dan juga lembaga asuransi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dan asuransi.

Syarat dan Cara Mendaftar Ausbildung Koch

Syarat dan Cara Mendaftar Ausbildung Koch

Bila kamu tertarik untuk mengikuti Ausbildung ini, pertama-tama kamu harus memastikan bahwa sudah memenuhi syarat dan ketentuannya terlebih dahulu sebelum mendaftar. 

Beberapa syarat yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki sertifikat Bahasa Jerman di tingkat B1 
  • Telah mencapai usia 18 tahun
  • Untuk pendaftar berusia 26 tahun keatas harus menyertakan bukti pernah bekerja di bidang kuliner sebelumnya
  • Menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA dan sederajat
  • Membuat visa Jerman 
  • Siap mental dan fisik untuk hidup mandiri di Jerman

Setelah memenuhi syarat, kamu bisa melanjutkan dengan mencari lowongan Ausbildung yang sedang dibuka dengan mengunjungi situs ausbildung.

Tiap lowongan memiliki ketentuan kualifikasi yang berbeda-beda tapi pada umumnya berkas yang kamu harus persiapkan antara lain yaitu ijazah terakhir, transkrip nilai, sertifikat bukti prestasi, sertifikat Bahasa Jerman dan motivation letter.

Semua dokumen tersebut harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Jerman terlebih dahulu.

Jika kamu memerlukan bantuan dalam mencari lowongan Ausbildung dan menyiapkan segala syarat lainnya, kamu bisa mengikuti program persiapan Ausbildung dari lembaga pendidikan Eduversity. 

Di Eduversity kamu akan dipandu dalam proses pendaftaran, pelatihan Bahasa Jerman hingga pengurusan administrasi sehingga peluang diterima Ausbildung Koch akan semakin besar.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan dirimu ke Eduversity untuk mendapatkan jaminan kerja magang di Jerman dengan mudah caranya dengan mengisi form diatas ini.

×