Salah satu peluang kerja di Jerman yang menarik bagi para pencari kerja adalah program Ausbildung Mechatroniker.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Program ini merupakan pelatihan kerja magang yang terbuka untuk semua kalangan, baik warga Jerman maupun dari luar Jerman.

Sudah ada banyak perantau dari Indonesia yang berhasil membangun karir di Jerman melalui jalur pelatihan Ausbildung. Oleh karena itulah, akan sangat disayangkan jika kesempatan ini dilewatkan apa lagi pelatihan Ausbildung tidak dipungut biaya sepeserpun.

Ada banyak kategori jurusan yang dimiliki Ausbildung. Setiap jurusan mempunyai persentase diterima yang berbeda-beda. Ada yang persaingannya ketat, ada juga yang peluang masuknya tinggi.

Salah satu jurusan yang peluang masuknya besar dan memberikan jaminan masa depan yang cemerlang adalah Ausbildung zum/zur Mechatroniker/in atau dikenal juga dengan jurusan mekatronika.

Nah, pada artikel kali ini, kamu akan mendapatkan pembahasan lengkap mengenai program Ausbildung Mechatroniker termasuk materi pelajaran, kelebihan, syarat dan kisaran gajinya.

Siapa tahu kamu berminat untuk mendaftar ke program Ausbildung Mechatroniker setelah membaca info ini.

Pengertian Ausbildung Mekatronika dan Potensi yang Diberikan

Pengertian Ausbildung Mekatronika

Mekatronika adalah cabang baru dari ilmu teknik terapan yang menggabungkan tiga bidang mesin, elektro dan komputer. Dalam Ausbildung Mechatroniker, siswa akan dilatih untuk menjadi teknisi mekatronika profesional 

Teknisi ini adalah salah satu profesi yang sedang naik daun di Eropa karena industrinya semakin berkembang dan kebutuhan tenaga kerjanya juga terus meningkat. 

Bukti yang paling nyata bisa dilihat dari semakin banyaknya penggunaan alat/mesin dengan integrasi fungsi komputer di berbagai sektor. Penggunaan serba komputer ini bahkan bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari seperti di dalam smartphone maupun fasilitas umum.

Inilah mengapa ahli mekatronika tidak akan kekurangan lowongan pekerjaan dalam waktu yang panjang.

Bahkan untuk jenis pekerjaan magang, posisi yang tersedia  mencapai lebih dari 700 tempat.

Baca Juga: Ausbildung Koch: Pengertian, Syarat dan Gajinya

Perkembangan industri mekatronika bahkan sudah mencapai tingkat dunia. Lulusan Ausbildung Mechatroniker berpeluang untuk bekerja di perusahaan tingkat internasional seperti Volkswagen, BMW, Audi, Bayern, Pfizer dan masih banyak lagi. 

Selain itu, tawaran Gehalt (gaji) awal yang diharapkan juga cukup besar. Ausbildung Mechatroniker gehalt bisa mencapai €2000 – €2500 atau sekitar 40 juta rupiah per bulan. Jumlah yang besar bahkan untuk ukuran gaji di Jerman.

Alasan-alasan inilah yang membuat jurusan Ausbildung Mechatroniker pilihan yang tepat karena masa depanmu pastinya akan terjamin.

Garis Besar Pelatihan Ausbildung Mechatroniker

Garis Besar Pelatihan Ausbildung Mechatroniker

Program training Ausbildung Mechatroniker berlangsung selama 3,5 tahun. 

Kontrak kerja bisa diperpanjang tergantung ketentuan dari Unternehmen (perusahaan) tempat kamu bekerja dengan total magang maksimal selama 5 tahun. 

Mechatroniker termasuk ke dalam jurusan Duale Ausbildung yang prosedur latihannya adalah gabungan dari kerja magang di Unternehmen dan pembelajaran di Berufsschule (sekolah pelatihan) menjadi satu kesatuan program.

Di Berufschule, peserta Ausbildung akan menghadapi ujian-ujian seperti sekolah pada umumnya.

Beberapa ujian penting yang harus dihadapi adalah Intermediate Exam dan Final Exam sebagai penentu kelulusan siswa/peserta.

Teori-teori yang dipelajari berkaitan erat dengan pemahaman teknisi mekatronika secara umum seperti mengenal dan mengenakan pakaian APD dengan benar, memahami hukum tenaga kerja teknisi dan belajar peduli terhadap keselamatan kerja dan pelestarian lingkungan,

Siswa juga akan belajar untuk mengembangkan pengetahuan dan skill di bidang teknisi seperti:

  • Cara menggunakan alat ukur tertentu dan mengenal satuan-satuannya
  • Mengoperasikan perangkat lunak dan menangani perawatan sistem IT
  • Menggunakan alat-alat berat seperti bor, las listrik, dan lain-lain
  • Merakit mesin dengan sistem komputer mulai dari casing hingga hardwarenya
  • Merakit sirkuit komputer dan mengenal komponen-komponennya
  • Menjaga dan merawat alat/mesin serta dapat memantau performanya
  • Memperbaiki sistem pada mesin tanpa menghentikan pengoperasiannya
  • Memiliki pengalaman dalam dunia kerja manufaktur produk secara masif
  • Mengenal prosedur keselamatan kerja

Semua ilmu tersebut akan diaplikasikan pada saat siswa menjalani kerja magang sehingga setelah lulus nantinya, teknisi mekatronika sudah memiliki pengalaman bekerja dan siap untuk ditempatkan di posisi karir yang membutuhkan tanggung jawab besar.

Tunjangan Gaji yang Didapatkan Siswa Ausbildung Mechatroniker

Gaji Ausbildung Perawat

Selain gratis, Ausbildung juga merupakan program yang menghasilkan. Peserta Ausbildung atau lebih terkenal dipanggil Azubi akan menerima tunjangan dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Salah satunya adalah uang saku yang diberikan tiap bulan. Untuk jurusan Ausbildung uang tersebut berjumlah €1050 (belum termasuk potongan biaya akomodasi dan asuransi). 

Tunjangan uang ini meningkat setiap tahunnya di tahun ketiga jumlahnya bisa mencapai €1250.

Selain itu ada pula beberapa perusahaan yang menyediakan tempat tinggal murah serta transportasi seperti bus umum sebagai fasilitas untuk berangkat ke tempat kerja.

Untuk jumlah bersihnya, Azubi bisa mengumpulkan €400 – €600 setelah dipotong biaya akomodasi, transportasi dan pendaftaran asuransi kesehatan.

Syarat Ausbildung Mechatroniker

Syarat Ausbildung Mechatroniker

Untuk bisa diterima, ada beberapa kualifikasi dan ketentuan yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu penuhi jika ingin mendaftar Ausbildung Mechatroniker.

  • Pendidikan 

Syarat pertama untuk menjadi Azubi Mechatroniker adalah telah menyelesaikan jenjang pendidikan wajib tingkat Hochschule.

Di Indonesia, tingkat ini setara dengan pendidikan SMA atau SMK. 

Transkrip nilai dan jurusan juga berpengaruh terhadap proses seleksi. Jurusan IPA (SMA), jurusan teknik dan teknologi informasi (SMK) lebih berpeluang diterima menjadi peserta program Ausbildung Mechatroniker.

Pencapaian nilai juga menjadi penentu. Pendaftar yang memiliki prestasi nilai di bidang eksak seperti matematika, fisika maupun kimia akan mendapatkan peluang lebih besar untuk diterima.

Baca Juga: Ausbildung Perhotelan: Pengertian, Syarat dan Gajinya

  • Mahir Bahasa Jerman

Syarat selanjutnya adalah mampu menggunakan Bahasa Jerman dan memiliki bukti kemahiran berupa sertifikat.

Beberapa sertifikat yang diakui antara lain sertifikat Goethe-Institut, TestDaF dan DSH.

Sertifikat ini akan kamu peroleh setelah lulus tes Bahasa Jerman di lembaga yang menyediakan tes tersebut. 

Kamu perlu menyiapkan uang €229 untuk Goethe-Zertifikat B1 dan €100 untuk TestDaF.

Dan untuk mempersiapkannya Kamu perlu mengikuti kursus bahasa Jerman di Eduversity.

  • Usia

Ketentuan mengikuti Ausbildung untuk warga negara Jerman maupun non Jerman harus sudah mencapai usia 18 tahun.

Sementara batas usia maksimal untuk mendaftar tidak dibatasi sama sekali.

Sebagai tambahan, pendaftar Ausbildung Mechatroniker yang sudah berusia 26 tahun keatas harus memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu di bidang teknik atau bidang lainnya yang berhubungan.

Jika kamu masih berusia 16 atau 17 tahun, kamu bisa menggunakan waktu menunggu tersebut dengan mengasah Bahasa Jerman agar lebih baik lagi.

  • Dokumen Pendaftaran

Beberapa dokumen diperlukan saat melamar ke perusahaan magang di Jerman. Dokumen-dokumen ini nantinya akan dikirimkan ke pihak perusahaan tersebut sebagai bentuk aplikasi kamu.

Dokumen-dokumen yang umum diminta antara lain adalah ijazah terakhir dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan ke Bahasa Jerman, sertifikat akademik ataupun sertifikat kerja, motivation letter, dan sertifikat Bahasa jerman.

  • Mengurus pembuatan Visa

Setelah mendapatkan kontrak kerja, langkah selanjutnya adalah mengajukan pembuatan visa di kedutaan Jerman. 

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pengajuan visa seperti pas foto, paspor, bukti Vertrag (kontrak) kerja, ijazah terakhir, sertifikat Bahasa Jerman, tanda kemampuan finansial dan formulir yang telah diisi lengkap.

Kamu juga harus menyiapkan uang €100 untuk pembuatan visa tersebut. 

Cara Mendaftar Ausbildung Mechatroniker

Cara Mendaftar Ausbildung Mechatroniker

Image: ausbildung.de

Untuk mendaftar Ausbildung, kamu bisa memulai dengan mencari lowongan pekerjaannya di situs resmi Ausbildung seperti ausbildung.de.

Di sini kamu juga bisa menemukan jurusan lainnya selain mekatronika.

Selain menyiapkan semua persyaratan secara mandiri, ada juga cara lainnya yang lebih menjamin kamu diterima magang Ausbildung, yaitu dengan mendaftar ke Eduversity.co.id.

Eduversity adalah lembaga yang menyediakan program-program persiapan untuk kerja di luar negeri, termasuk persiapan mendaftar Ausbildung. 

Dengan memakai jasa Eduversity, kamu akan mendapatkan kemudahan berarti dalam menyiapkan segala kebutuhan dan syarat untuk mengikuti Ausbildung Mechatroniker.

Untuk info lebih lengkapnya, silahkan tanya langsung kepada kami dengan menghubungi Kami dengan mengisi form di atas ini. 

×