Jika kamu punya ambisi untuk mengejar karir hingga ke luar negeri, maka Ausbildung perhotelan adalah salah satu program yang harus kamu coba.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Untuk kamu yang belum tahu, Ausbildung adalah program magang di Jerman yang dibuka secara global dan boleh diikuti oleh warga negara mana pun.

Ausbildung perhotelan adalah salah satu jurusan yang direkomendasikan untuk peminat dari Indonesia karena selain peluang kerjanya bagus, kemungkinan diterimanya juga tinggi.

Saat ini, Ausbildung Perhotelan membuka 120 posisi magang yang tersebar di wilayah Jerman. Kesempatan ini akan sangat sayang dilewatkan mengingat industri perhotelan di Eropa terus berkembang secara konstan.

Jika kamu ingin tahu lebih lengkap seputar Ausbildung perhotelan, kamu bisa menyimak info yang ada di bawah ini, seperti gambaran besar pelatihan, gaji, jalur karir dan syarat dari Ausbildung ini.

Bagaimana Proses Pelatihan di Ausbildung Perhotelan?

Bagaimana Proses Pelatihan di Ausbildung Perhotelan?

Peserta Ausbildung akan menjalani pelatihan ganda selama 3 tahun. 

Fase praktek dilakukan di perusahaan (Unternehmen) tempat magang. Di sini peserta akan ditempatkan secara rotasi ke berbagai departemen yang terdapat di industri perhotelan seperti:

  • Küchenabteilung: yaitu departemen pekerjaan dapur yang pekerjaannya meliputi membantu persiapan dapur, mengenal regulasi sanitasi, menghafal menu, dan mempelajari menu makanan dasar
  • Restaurant Arbeiten: pekerjaan ini berhubungan dengan pelayanan tamu restoran dengan deskripsi kerja seperti merekomendasikan signature dish kepada tamu, mengenal macam-macam hidangan, membantu transaksi pelanggan, dan menyajikan makanan ke meja tamu.
  • Haushalts Abteilung: departemen ini bertugas dalam menyiapkan kamar tamu, menyediakan room service dan memastikan setiap kamar yang akan ditempati bersih.
  • Rezeption: meliputi tugas-tugas resepsionis hotel seperti melayani check in dan check out, memberikan informasi penting kepada tamu dan mampu mengoperasikan komputer.
  • Büroabteilung: departemen ini bertugas di belakang layar dengan mengurus bagian organisasi dan administrasi seperti menghitung keuangan dan mengatasi bagian HRD.

Sementara untuk teori, peserta akan mempelajarinya di sekolah kejuruan (Berufsschule). 

Pada tahun pertama, peserta diwajibkan mengikuti kelas yang diadakan dua kali seminggu, sementara di tahun kedua dan ketiga jadwal kelas hanya selama seminggu sekali.

Kurikulum dari pelajaran di Berufsschule telah diatur sesuai dengan tahun ajarannya. Berikut ini penjelasan dari kursus yang akan diikuti peserta Ausbildung Perhotelan berdasarkan tahunnya.

  • Tahun pertama

Pada masa orientasi ini, peserta akan mempelajari pekerjaan yang lebih mudah dan memerlukan tanggung jawab yang rendah. 

Beberapa pelatihan ini meliputi cara menyiapkan alat makan saat acara fine dining, mempelajari sistem komputer yang digunakan pada hotel tempat bekerja dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

  • Tahun kedua

Di tahun kedua, fokus ajaran yang dipelajari mencakup teknik promosi dan penjualan. Peserta akan belajar menyarankan produk atau jasa yang disediakan hotel kepada tamu, menjawab pertanyaan tamu dan menangani keluhan dan mengatasinya.

Peserta ausbildung juga akan belajar teori-teori dalam mengatur ketersediaan inventaris dan memesan kebutuhan barang dengan cara yang ekonomis.

Tambahan lainnya adalah pelajaran keterampilan di departemen housekeeping seperti cara membersihkan dan menyiapkan kamar hotel.

  • Tahun ketiga

Di tahun terakhir, peserta akan memperdalam semua kemampuan yang telah dipelajari sebelumnya. Departemen yang akan diikuti meliputi resepsionis dan pemasaran. 

Di tahun ini peserta akan mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar dan dianggap mampu menjalankan job desc-nya dengan baik dan benar.

Jalur Karir Setelah Ausbildung Perhotelan

Jalur Karir Setelah Ausbildung Perhotelan

Pilihan profesi dari lulusan Ausbildung Perhotelan sangatlah luas.

Mereka tidak hanya bisa kerja di Jerman di sektor perhotelan tapi juga di sektor lainnya seperti pariwisata, restoran, resort, dan industri lainnya yang membutuhkan tenaga ahli di bidang hospitality.

Beberapa pekerjaan yang bisa diambil setelah menyelesaikan program Ausbildung ini antara lain adalah menjadi manajer hotel, event organizer, supervisor, concierge, admin hotel, dan masih banyak lagi.

Selain langsung bekerja, ada pula berbagai program pelatihan/pendidikan lainnya yang bisa kamu ikuti untuk menambah kualifikasi dan keahlian yang dimiliki. 

Berikut ini program lainnya yang bisa kamu ikuti setelah menyelesaikan pelatihan di Ausbildung perhotelan.

  • Hotelmeister Zertifikat

Hotel Meister adalah program pelatihan lanjutan di bidang perhotelan yang memberikan kualifikasi tambahan sebagai “manajer hotel bersertifikasi”. 

Hal yang dipelajari pada program ini meliputi akuntansi, manajemen pegawai, perencanaan deskripsi kerja pegawai, dan tugas-tugas lainnya sebagai manajer hotel. 

Keuntungan dari mengikuti program ini adalah peluang untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih tinggi dan tarif gaji yang semakin besar.

  • Fachwirt im Gastgewerbe

Pelatihan yang satu ini menjurus kepada spesialisasi industri hospitality.

Merupakan salah satu pelatihan lanjutan di bidang perhotelan yang perlu dimiliki oleh seorang kepala hotel.

Pelajaran yang diberikan mencakup bagaimana cara memberikan servis yang sesuai standar kepuasan tamu dan menjaga kualitas dari pelayanan yang diberikan kepada pegawai hotel.

Durasi pelatihan selama 18 bulan dan di lima bulan terakhir, peserta harus menjalani pelatihan full-time untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir.

  • Studium/kuliah

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi juga bisa menjadi pilihan setelah menyelesaikan Ausbildung perhotelan. Salah satu jurusan yang bisa diambil adalah bachelor or master of tourism.

Menurut ketentuan akademik di Jerman, durasi kuliah gelar Bachelor (S1) untuk lulusan Ausbildung lebih singkat yaitu hanya selama 3 tahun, sementara untuk gelar Master (S2) durasinya sama yaitu selama 2 tahun.

Dengan memegang gelar di jurusan pariwisata, kamu bisa melamar di sektor-sektor lainnya seperti di perusahaan penerbangan, kapal pesiar, dan agen perjalanan pariwisata.

Kisaran Gaji Ausbildung Perhotelan

Gaji Ausbildung Perawat

  • Tunjangan yang didapatkan peserta Ausbildung perhotelan

Selama menjalani kontrak kerja, peserta Ausbildung akan mendapatkan tunjangan berupa uang dan fasilitas lainnya. 

Untuk jurusan Ausbildung perhotelan di divisi Hotel Fachleute (ahli perhotelan), gaji yang diperoleh berada pada kisaran €800 di tahun pertama. Gaji ini meningkat setiap tahunnya dan pada tahun ketiga, besar yang didapatkan mencapai €1010 per bulan.

Fasilitas lainnya juga sering diberikan kepada perusahaan tempat peserta bekerja. Ada yang menyediakan tempat tinggal murah sehingga peserta Ausbildung tidak perlu bingung mencari kebutuhan akomodasi lagi.

Ada juga yang menyediakan transportasi yang mudah seperti tiket bus bulanan. Tiket ini sangat bermanfaat karena biaya transportasi jadi jauh lebih murah, mengingat banyak Unternehmen yang mengharuskan pesertanya untuk bepergian dan berpindah-pindah lokasi.

  • Gaji setelah lulus Ausbildung perhotelan

Untuk gaji awal dari lulusan Ausbildung ini, besar yang bisa kamu harapkan mencapai angka €1500 per bulan.

Untuk posisi yang sudah tinggi seperti manajer hotel ataupun kepala hotel gaji yang ditawarkan bisa mencapai €3200. 

Syarat dan Cara Mendaftar Ausbildung Perhotelan

Syarat dan Cara Mendaftar Ausbildung Perhotelan

Sebelum mencari lowongan Ausbildung perhotelan, kamu harus menyiapkan persyaratan dan kualifikasi yang diperlukan terlebih dahulu.

Tanpa memenuhi syarat, aplikasi yang kamu kirimkan tidak akan diterima oleh Unternehmen yang membuka lowongan.

Berikut ini syarat dan ketentuan untuk mengikuti Ausbildung perhotelan.

  • Telah mencapai usia 18 tahun. Untuk pendaftar berumur 26 tahun harus memiliki riwayat bekerja di bidang perhotelan terlebih dahulu
  • Menyelesaikan tingkat pendidikan SMA/SMK dan mengutamakan jurusan IPS atau pariwisata
  • Memiliki nilai yang baik di bidang matematika, ekonomi, sosial dan Bahasa Inggris
  • Mempunyai sertifikat Bahasa Jerman minimal tingkat B1
  • Membuat visa khusus Ausbildung di Kedutaan Jerman
  • Menerjemahkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti transkrip nilai dan ijazah terakhir ke dalam Bahasa Jerman
  • Mengirim motivation letter kepada Unternehmen jika diperlukan

Setelah memenuhi semua syarat di atas, kamu bisa mulai mencari lowongan Ausbildung perhotelan yang tersedia.

Untuk mendaftar, kamu harus mengirimkan aplikasi secara online atau melalui surat kepada pihak Unternehmen.

Jika diterima, kamu akan mendapatkan bukti penerimaan berupa surat kontrak kerja dari perusahaan. Surat ini akan dipakai saat membuat visa Ausbildung.

Untuk mendapatkan kemudahan dalam mendaftar Ausbildung perhotelan, kamu bisa mengikuti program persiapan Ausbildung di lembaga Eduversity dengan mengunjungi website Kami di Eduversity.co.id.

Di Eduversity, tim kami akan membantu peserta didiknya dalam menyiapkan semua syarat dan kebutuhan untuk menjadi peserta Ausbildung. 

Dengan mengikuti program Eduversity, kamu akan merasa terjamin saat menjalani proses pendaftaran karena dipandu oleh tim yang berpengalaman.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait program Ausbildung, kamu bisa mengontak pihak kami dengan mengisi form diatas ini.

×