Au Pair merupakan suatu program pertukaran budaya. Sebetulnya nama program ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti sama atau saling. Artinya terdapat dua pihak yang saling bertukar budaya dan sama-sama belajar budaya satu dan lainnya. Informasi mengenai cara daftar aupair kini bisa ditemukan dengan mudah.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Aupair tidak hanya ada di Jerman. Kini, banyak negara membuka program Aupair, khususnya di Eropa, Amerika, dan beberapa negara di Asia. Aupair Jerman memberi kesempatan generasi muda di luar Jerman untuk mempelajari budaya dan bahasa Jerman secara langsung. 

 

Tentang Program Aupair

 

Selama mengikuti program Aupair, kamu akan tinggal bersama host family selama kurang lebih satu tahun. Tugas utama menjadi Aupair adalah mengasuh anak-anak.

Kamu tidak sepenuhnya menjadi pengasuh kok, tapi berstatus sebagai anggota keluarga yang artinya kamu berkedudukan sebagai kakak angkat dari anak host family.

Sebelum mendaftar Aupair, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah memenuhi syarat mengikuti Aupair. Syarat wajib yang ditentukan oleh Pemerintah Jerman, yakni usia 18-25 tahun, memiliki kemampuan bahasa Jerman level minimal A1, dan belum menikah. 

Syarat lainnya yang dapat mendukung peluang diterima antara lain karakter yang kreatif, menyukai anak-anak, dan mampu beradaptasi dengan baik. Jika syarat sudah terpenuhi, sekarang kita akan beralih ke pembahasan mengenai cara daftar Aupair. 

 

Cara Daftar Aupair

Secara umum, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar Aupair. Kedua cara ini sama halnya jika kalian mengikuti program beasiswa atau Ausbildung di Jerman.

 

1. Melalui Aupairworld

Melalui Aupairworld

Cara pertama adalah dengan melalui situs Aupairworld.com. Jika kamu mendaftar dengan cara ini, artinya kamu melakukan pendaftaran secara mandiri tanpa bantuan agen.

Aupairworld merupakan situs yang membantu kandidat Aupair untuk mendapatkan host family sesuai kriteria yang diinginkan. Hal yang sebaliknya juga berlaku bagi setiap host family yang mencari Aupair.

Related Articel  Ausbildung Koch: Pengertian, Syarat dan Gajinya  

Sebagai penyalur Aupair, situs ini sangat membantu kedua belah pihak karena menyediakan berbagai fitur yang memudahkan keduanya.

Kamu dapat menyaring host family yang diinginkan sesuai kriteria yang sudah kamu tentukan. Kamu juga bisa bertukar pesan dengan host family yang kamu tuju, bahkan mengirim lamaran melalui situs ini.

Setelah komunikasi terjalin, kamu dan pihak host family bisa membicarakan langkah selanjutnya, yakni kontrak, visa, dan hal lainnya.

Selama puluhan tahun Aupairworld.com berdiri, jutaan orang telah terbantu dalam proses mereka menemukan host family. Aupairworld.com menyediakan banyak pilihan negara, namun Jerman masih menjadi negara yang paling banyak dituju. 

 

2. Melalui Agen

Melalui Aupairworld

Seperti halnya jika kamu mendaftar beasiswa melalui agen, tidak banyak hal yang dapat kamu lakukan. Kamu hanya perlu mengikuti arahan agen untuk mempersiapkan dokumen dan mental. Selebihnya, akan menjadi urusan pihak agen.

Hal terpenting saat kamu memutuskan untuk menggunakan agen adalah memilih agen terpercaya. Masih cukup banyak agen yang memanfaatkan mimpi generasi muda demi keuntungan mereka pribadi.

Jadi, baik kamu maupun orang tua agar lebih berhati-hati ketika memilih agen. Pastikan rekam jejaknya baik dan tidak pernah terlibat skandal penipuan.

 

Tahap Pendaftaran Aupair

Penjelasan mengenai tahapan pendaftaran berikut ini khusus untuk kamu yang mendaftar Aupair secara mandiri tanpa bantuan agen. Pahami dengan baik tahap demi tahap yang harus kamu lakukan. Ikuti penjelasan di bawah ini agar kamu dapat diterima.

 

1. Daftar di situs aupairworld.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri pada situs aupairwold.com. Buat akun seperti halnya yang kamu lakukan saat membuat akun media sosial.

Setelah akun selesai dibuat, isi profil yang menunjukkan biodata dan identitasmu. Buatlah profil semenarik mungkin agar dapat memikat para host family.

Related Articel  3 Pilihan Program Kerja Di Jerman Gratis Ini Bisa Dicoba

Kamu bisa melampirkan CV atau motivation letter yang menunjukkan seberapa besar keinginanmu mengikuti Aupair.

 

2. Seleksi host family

Profil yang ada dalam aupairworld tidak hanya berasal dari para kandidat Aupair, melainkan juga terdapat profil dari para host family

Oleh karena itu, pada tahap selanjutnya, kamu bisa menyeleksi host family yang sesuai dengan kriteriamu. Gunakan fitur filter untuk menampilkan profil host family yang kamu inginkan.

Kamu bisa mengirim pesan kepada host family pilihanmu untuk melampirkan aplikasi Aupair atau pihak host family yang akan mengirim pesan padamu jika mereka tertarik dengan profil yang kamu tampilkan.

 

3. Wawancara

Tahap ketiga dapat dilakukan setelah komunikasi terjalin antara kedua belah pihak. Kamu ataupun host family bisa menentukan tanggal dan waktu untuk wawancara.

Tahap wawancara biasanya dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi Skype atau kini juga sudah banyak yang menggunakan Zoom atau Meet. Jadi, kamu tidak perlu ke Jerman untuk melakukan wawancara. 

 

4. Pembuatan kontrak kerja

Setelah ditentukan bahwa kamu terpilih menjadi Aupair di suatu host family. Tahap selanjutnya adalah membicarakan perihal kontrak. Ketentuan mengenai tugas, gaji, fasilitas, dan lainnya akan disepakati dalam kontrak kerja.

Jadi, tanyakan dengan rinci mengenai jam kerja, besaran gaji, hari libur, asuransi secara mendetail. Bahkan jika kamu ingin tahu perihal apakah bisa bekerja part time, tanyakan saja selama proses pembahasan kontrak kerja ini.

Jangan ragu untuk mendiskusikan hal apapun kepada host family agar nanti selama program Aupair berlangsung, kedua belah pihak akan merasa nyaman.

Orang Jerman sangat terbuka akan apapun. Jadi, jangan sungkan jika kamu memang ingin bertanya meskipun itu terdengar sepele.

Related Articel  2 Tips Memilih Tempat Les Bahasa Jerman di Jakarta Terbaik

 

5. Persiapan keberangkatan

Selesai dengan kontrak, kamu perlu mempersiapkan dokumen keberangkatan. Mulai dari pembuatan paspor (jika kamu belum punya) dan mengurus visa Aupair di kedutaan Jerman.

Selain itu, kamu juga harus membawa serta sertifikat bahasa Jerman  level minimal A1. Tapi, jika kamu belum pernah sama sekali belajar bahasa Jerman, ikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu.

Kamu bisa kursus dengan Eduversity untuk dapat menguasai bahasa Jerman dasar dan dapat lulus ujian sertifikat A1.

Tahap kursus dan ujian bahasa bisa dilewati jika kamu telah memiliki kemampuan bahasa Jerman level A1 serta telah mengikuti ujian di Goethe Institut untuk mendapat sertifikat A1.

Setelah semua dokumen siap, langkah terakhir adalah pembelian tiket untuk berangkat ke Jerman. 

 

Proses pendaftaran Aupair akan lebih terbantu dengan bergabung bersama Eduversity. Kamu tidak hanya mendapatkan kursus intensif bahasa Jerman, tapi juga layanan konsultasi yang membantumu selama proses pendaftaran.

Jadi, jangan takut lagi untuk daftar. Bersama Eduversity, daftar Aupair tanpa agen jadi jauh lebih mudah karena kamu tidak akan sendirian. Tutor yang dimiliki Eduversity telah berpengalaman selama bertahun-tahun untuk mengirim kandidat Aupair ke Jerman.

Kamu akan dapat tips and trick juga loh untuk memilih host family yang baik dan perhatian, juga cara terbaik untuk mengelola keuangan serta bertahan hidup di tengah budaya Jerman yang berbeda dengan Indonesia.

Yuk, segera gabung dengan Eduversity agar semakin cepat kamu berangkat ke Jerman! Kunjungi website kami di www.eduversity.co.id atau dengan mengisi form di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.