Kamu siswa kelas 12 sudah mau lulus tapi bingung mau lanjut kuliah dimana? Atau kamu gagal lolos SNMPTN padahal nilai rapot kamu bagus? Jangan khawatir ‘Banyak jalan menuju Roma’ jadi mungkin memang belum rezeki bisa kuliah di perguruan tinggi yang kalian impikan.

Mungkin sudah saatnya kamu perlu mempertimbangkan untuk kuliah di luar negeri, Turki salah satunya. Turki menjadi salah satu destinasi studi favorit pelajar internasional terlebih lagi karena adanya beasiswa turki.

Sebagian dari kalian pasti pernah bermimpi untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri, bukan? Namun, sisanya mungkin tidak pernah sedikitpun terlintas karena faktor ekonomi. Kalian pasti mengira ‘Ah, kuliah di luar negeri kan mahal kak’ atau ‘Ribet kak, pasti banyak yang harus diurus ini itunya’.

Hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil, lho. Karena kini kesempatan untuk masuk kuliah cukup dengan menggunakan ijazah dan transkrip nilai rapot kamu sudah bisa kuliah di luar negeri, di Turki misalnya. Yang ada dipikiran kamu mungkin kalau kuliah di luar negeri itu pasti mahal. Dan butuh mengeluarkan banyak uang untuk bisa kuliah di luar negeri. 

Padahal nyatanya tidak sama sekali sebab kuliah di Turki itu tidak mahal jika dibandingkan dengan negara Eropa atau negara Asia lainnya. Selain itu, tak sedikit pula manfaat yang didapat karena kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan jika kuliah di Turki.

Beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan jika kuliah di Turki diantaranya yaitu, biaya kuliah dan hidup yang terjangkau, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, belajar bahasa asing, hingga mendapat akomodasi serta beasiswa penuh. Bagi kamu yang tertarik ingin mencari tahu tentang beasiswa kuliah di Turki mari merapat. Karena disini kalian akan mendapat informasi tentang kuliah gratis di Turki.

 

Beasiswa Turkiye Burslari (YTB)

 

Beasiswa Turkiye Burslari (YTB)

 

Setiap tahun pemerintah Turki membuka banyak peluang bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi jenjang S1, S2 atau S3 di negaranya. Bahkan kesempatan itu hingga mencapai angka 30% dan terus meningkat per tahunnya. Turki juga menawarkan beasiswa penuh salah satunya yaitu, beasiswa Turkiye Burslari (YTB).

Beasiswa ini seringkali menjadi incaran oleh mahasiswa internasional dari mancanegara, tak terkecuali pelajar Indonesia sebab beasiswa ini menawarkan segudang manfaat atau keuntungan. Beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan dari beasiswa ini mulai dari gratis biaya kuliah hingga lulus studi, tunjangan biaya hidup per bulan, akomodasi, tiket pesawat PP Indonesia-Turki, kursus bahasa Turki selama setahun hingga asuransi kesehatan. 

Selain itu, dengan beasiswa ini kamu tidak perlu lagi menyerahkan pendaftaran terpisah untuk universitas yang diminati karena sudah termasuk penempatan jurusan dan universitas langsung. Semua calon penerima beasiswa juga akan mendapat tunjangan bulanan sebesar 800 Lira per bulan atau kurang lebih sebesar 1 juta rupiah untuk beasiswa S1. 

Sedangkan untuk beasiswa S2 mendapat tunjangan bulanan sebesar 1.400 Lira atau kurang lebih sebanyak 1,4 juta rupiah. Dan mahasiswa yang menempuh S3 akan mendapat tunjangan sebesar 1.800 Lira atau kurang lebih sebanyak 1,8 juta rupiah per bulannya.

Jadi, bagaimana? Kalian tertarik mendaftar beasiswa penuh kuliah gratis di Turki dan masih mendapat segudang keuntungan lainnya? Namun sebaiknya mengetahui lebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum mendaftar beasiswa di Turki nantinya. Berikut program, persyaratan, hingga tata cara pendaftaran beasiswa kuliah di Turki.

 

Program Beasiswa Turkiye Burslari (YTB)

Biasanya beasiswa Turkiye Burslari (YTB) dibuka pada sekitar bulan Januari-Februari. Beasiswa ini menawarkan banyak peluang beasiswa mulai dari beasiswa sarjana, magister dan doktor (PhD) yang dibuat dengan institusi bereputasi internasional. Berikut beberapa program beasiswa Turkiye Burslari. 

  • Undergraduate program / S1 berdurasi selama 4-6 bulan tergantung masing-masing program studi dan 1 tahun untuk belajar bahasa Turki. 
  • Master’s program / S2 berdurasi selama 2 tahun dan 1 tahun belajar bahasa Turki.
  • PhD program / S3 berdurasi selama 3-4 tahun dan 1 tahun belajar bahasa Turki.

 

Kriteria dan Syarat administrasi yang harus dipenuhi calon pendaftar beasiswa

Nah, kalau tadi kita sudah membahas mengenai apa beasiswa YTB itu dan apa saja programnya. Sekarang kita akan membahas tentang kriteria dan syarat administrasi bagi calon pendaftar beasiswa Turkiye Burslari (YTB). Simak dan pahami baik-baik, yuk!

Kriteria pendaftar Beasiswa Turkiye Burslari yaitu:

  • Merupakan warga negara asing dari mancanegara
  • Akan lulus atau sudah lulus sebelum tahun 2022
  • Berusia maksimal 21 tahun bagi calon pendaftar program sarjana (S1)
  • Berusia maksimal 30 tahun bagi calon pendaftar program master/magister (S2)
  • Berusia maksimal 35 tahun bagi calon pendaftar program doktor/PhD (S3)
  • Berusia maksimal 45 tahun bagi calon pendaftar beasiswa penelitian
  • Tingkat prestasi akademik minimum: 70% untuk calon pendaftar sarjana, 75% untuk calon pendaftar master dan doktor, serta 90% untuk calon pendaftar kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi.

Adapun berkas atau dokumen yang harus dipersiapkan untuk memenuhi persyaratan dokumen administrasi beasiswa Turkiye Burslari, yaitu sebagai berikut:

  • Pas foto terbaru
  • Paspor
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  • Transkrip nilai rapor atau akademik
  • Beberapa dokumen pendukung lainnya yang disyaratkan oleh instansi sesuai dengan bidang dan keahlian yang diperlukan, seperti sertifikat TOEFL, TÖMER (Türkçe Öğretimi Uygulama ve Araştırma Merkezi), nilai SAT, YÖS, dsb.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai kriteria dan syarat bagi pendaftar beasiswa kuliah di Turki. Jadi, pastikan kalian memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan, ya. 

 

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Turkiye Burslari

  1. Daftar Akun
  • Sebelum mendaftar beasiswa, kalian harus mendaftar akun terlebih dahulu di website resmi turkiyeburslari.gov.tr. 
  • Klik “Register” kemudian isi formulir registrasi yang berisikan nama, jenis kelamin, tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat email kamu, dsb.
  • Setelah itu klik link yang dikirim melalui email kamu untuk aktivasi kemudian login.

     2. Daftar Beasiswa Turkiye Burslari (YTB)

  • Isi formulir pendaftaran online Turkiye Burslari Scholarships dengan lengkap dan teliti.
  • Upload berkas atau dokumen yang diminta untuk memenuhi persyaratan administrasi beasiswa.
  • Pilih universitas dan jurusan di Turki dengan maksimal 12 (dua belas) opsi.

 

Itulah informasi lengkap mengenai beasiswa kuliah di Turki yang dapat kamu persiapkan mulai dari manfaat, program, persyaratan, hingga tata cara pendaftarannya. Bagaimana menurut kalian? Kuliah gratis di Turki jauh lebih menarik bukan? 

Namun ketika mendaftar beasiswa, jurusan atau program studi setiap universitas mungkin membutuhkan persyaratan khusus atau berkas dokumen tambahan. Bagi kalian yang berminat untuk mendaftar beasiswa kuliah gratis di Turki pastikan untuk mempersiapkan diri dengan matang, ya!

Jika kamu tertarik ingin daftar beasiswa kuliah Turki, jangan khawatir karena kami punya solusi untuk kamu. Pas banget, nih. Karena Eduversity akan membantu kamu untuk mewujudkan mimpi kamu kuliah di Turki. Jadi, tunggu apalagi? Ayo, segera daftarkan diri teman-teman atau konsultasi gratis tanpa dipungut biaya bisa melalui eduversity.co.id untuk informasi lebih lanjut bisa isi form di bawah ini