Jika kita berbicara tentang program dari pemerintah Jerman untuk masyarakat Internasional memang tidak akan pernah ada habisnya.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Selain Ausbildung Jerman ada juga program pemerintah Jerman lainnya yakni dengan menjadi FSJ di Jerman. Nah lalu apa sih yang dimaksud dengan FSJ Jerman tersebut?

Bisa dibilang FSJ Jerman merupakan keterlibatan di dalam kegiatan untuk menjadi volunteer atau Sukarelawan dalam kurun waktu beberapa bulan di Jerman.

Target dari kegiatan FSJ di Jerman ini adalah di sektor sosial yang memang diperuntukkan bagi para generasi muda yang ada di seluruh dunia.

Batasan untuk menjadi FSJ di Jerman sendiri adalah maksimal berusia 27 tahun dan akan mendapatkan bayaran rata-rata sebesar 700 hingga 800 Euro per bulannya.

Apa Itu FSJ Di Jerman?

Apa Itu FSJ Di Jerman

FSJ adalah kependekan dari Freiwilliges Soziales Jahr yang merupakan suatu program kerja sosial yang diadakan di Jerman.

Dimana ketiak mengikuti program ini, para peserta dari FSJ nantinya akan menjadi bagian dari sukarelawan yang bekerja di bidang sosial negara Jerman.

Perlu anda ketahui, walaupun menjadi sukarelawan namun tidak berarti para anggota FSJ ini tidak dibayar.

Bahkan para peserta dari FSJ ini nantinya akan diberikan uang saku walau tidak sebanyak orang-orang yang mungkin mengikuti program kerja dari pemerintah Jerman seperti Ausbildung.

Walaupun judulnya mengandung unsur Soziales yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Sosial.

Tapi ternyata program FSJ ini bukan hanya untuk sektor sosial saja, terdapat juga bidang lain yang ada di FSJ seperti Ekologi dan lain-lain.

Hanya saja mungkin memang pada sektor sosial lebih banyak membuka lowongan dibandingkan sektor lainnya.

Jika kita membahas lebih spesifik lagi, area kerja di Jerman dari FSJ Jerman sendiri bisa meliputi taman kanak-kanak, pusat perawatan lansia dan juga rumah sakit.

Untuk uang saku yang didapatkan dari program FSJ ini sendiri sangat beragam.

Dimana anda bisa mendapatkan 700 hingga 800 Euro per bulan yang disesuaikan berdasarkan dengan aturan.

Lokasi dan juga jam kerja yang berlaku pada masing-masing perusahaan tersebut.

Alasan Kenapa Harus Ikut FSJ Di Jerman

Nah diatas sudah Kami jelaskan mengenai apa sih yang dimaksud dengan FSJ di Jerman.

Tentu saja anda tertarik kan mengikuti program FSJ di Jerman ini?

Agar lebih tertarik, berikut dibawah ini sudah Kami tuliskan beberapa alasan kenapa anda harus mengikuti program FSJ Jerman.

  • Program FSJ adalah program dari pemerintah Jerman yang cocok untuk anak-anak yang baru lulus sekolah tapi masih bingung ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan mana, sehingga volunteer menjadi hal yang paling efektif untuk bisa memberi gambaran terhadap mereka.
  • Bisa menambah pengalaman baru untuk masyarakat internasional non Jerman.
  • Program sukarelawan ini sangat bagus tes ombak atau mengetahui seperti apa sih gambaran tentang bagaimana nantinya hidup di Jerman sebelum anda memutuskan menetap atau ingin berkarir di Jerman nantinya.
  • Program yang sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman. Karena selama mengikuti program FSJ Jerman nantinya anda akan lebih banyak berkomunikasi secara langsung dengan orang Jerman.

Keuntungan Mengikuti Fsj Jerman

Alasan Kenapa Harus Ikut FSJ Di Jerman

Sama seperti program-program dari pemerintah Jerman lainnya yang tentu saja anda bisa mendapatkan keuntungan atau Benefit jika mengikuti program FSJ di Jerman.

Nah berikut dibawah ini sudah Kami tuliskan beberapa keuntungan dan juga fasilitas dari mengikuti program FSJ di Jerman.

Uang Saku Selama Mengikuti Program

Seperti yang sudah Kami jelaskan diatas, bahwa nantinya selama mengikuti program FSJ di Jerman ini anda akan mendapatkan uang saku.

Dimana besaran dari uang saku yang anda dapatkan ini adalah bergantung dari di wilayah bagian Jerman mana anda bekerja.

Tidak hanya itu saja, tapi juga tergantung dari Trager atau si pemberi kerja.

Mendapatkan Tempat Tinggal

Tidak perlu bingung-bingung memikirkan tempat tinggal selama mengikuti program FSJ di Jerman.

Karena kebanyakan dari penyedia kerja sudah memberikan tempat tinggal untuk anda.

Kalaupun ada yang tidak memberikan asrama untuk tempat tinggal.

Nantinya anda akan mendapatkan tambahan uang saku setiap bulannya sebagai ganti dari tempat tinggal yang harus anda bayar ketika mengikuti program FSJ di Jerman.

Mendapatkan Jatah Libur 26 Hari Dalam 1 Tahun

Selama mengikuti program FSJ di Jerman anda akan mendapatkan jatah libur setiap akhir pekan.

Namun selain itu, anda juga akan tetap mendapatkan jatah libur tahunan, dimana dalam kurun waktu 1 tahun anda akan dipersilahkan libur bekerja selama 26 hari.

Dan yang menarik adalah adna bisa mengambil jatah libur selama 26 hari dalam setahun tersebut sekaligus.

Artinya anda akan libur selama 1 bulan dan tetap dibayar walaupun tanpa bekerja selama 1 bulan tersebut.

Memperoleh Kartu FSJ

Nah ada yang unik ketika anda mengikuti program FSJ di Jerman.

Dimana nantinya anda akan mendapatkan kartu FSJ yang akan ada banyak sekali benefit yang bisa anda dapatkan. Salah satunya adalah anda bisa bebas akses masuk ke museum.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan diskon biaya bulanan transportasi bahkan sampai potongan tiket perjalanan di beberapa negara yang ada di Eropa.

Mendapatkan Seminar Dan Juga Sertifikat

Selama mengikuti program FSJ, anda akan mendapatkan jatah mengikuti 25 seminar yang harus anda hadiri dalam setahun.

Dimana diadakannya seminar ini berguna untuk bounding antar rekan kerja satu sama lainnya yang pasti akan bisa menambah nilai plus karena terdapat informasi serta pengalaman baru yang bisa anda dapatkan.

Selain mendapatkan jatah seminar, anda juga akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti program FSJ di Jerman.

Dimana Sertifikat ini akan berguna untuk menjadi salah satu nilai plus yang bisa anda tambahkan di CV ketika melamar kerja.

Tentu saja akan menjadi suatu pertimbangan tambahan bagi suatu perusahaan kerja selanjutnya jika anda memiliki sertifikat FSJ ini.

Misalnya saja anda yang ingin melanjutkan program lain seperti Ausbildung, yang pastinya akan lebih mudah.

Syarat Mengikuti Program FSJ Di Jerman

Keuntungan Mengikuti Fsj Jerman

Tiba saatnya kita di akhir pembahasan, dimana pada akhir postingan kali ini kita akan sama-sama membahas bagaimana syarat-syarat untuk mengikuti program FSJ di Jerman ini.

Setidaknya ada dua jenis syarat yang harus anda persiapkan yang pertama adalah syarat utama dan juga syarat tambahan, berikut adalah ulasanya untuk anda.

Syarat Utama :

  • Berusia 18 hingga 27 tahun.
  • Mempunyai sertifikat B1.
  • Mempunyai pengalaman kerja pada bidang sosial.
  • Daftar riwayat hidup.
  • Surat motivasi.
  • Paspor dan Visa.

Syarat Tambahan :

  • Pas Foto.
  • Surat keterangan magang.
  • Foto dokumentasi ketika magang.
  • Sim Internasional.
  • Ijazah terakhir yang sudah ditranslate ke bahasa Jerman.
  • Formulir dari Trager di Jerman.

Cara Mendaftar FSJ Di Jerman

Untuk anda yang mungkin tertarik menjadi salah satu bagian dari program FSJ di Jerman, tenang saja anda bisa mendaftar FSJ di Jerman dengan mudah.

Dimana anda bisa menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan di atas sendiri dan juga mencari perusahaan penyedia lowongan FSJ di Jerman sendiri dan mengurusnya sendiri.

Namun untuk anda yang tidak mau ribet, anda juga bisa mendaftar FSJ di Jerman bersama Eduversity.

Tenang saja karena Eduversity sendiri sudah berpengalaman dalam memberangkatkan para pelajar Indonesia ke Jerman untuk program FSJ hingga Ausbildung.

Itulah informasi mengenai FSJ Jerman, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang tertarik dengan program FSJ di Jerman bisa mengisi data di form atas ini.

×