Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Jerman dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan yang berkualitas serta fasilitas yang memadai nan canggih. Pemerintah Jerman terus berupaya untuk mendukung pendidikan warga negaranya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Salah satu langkahnya adalah dengan membuka beragam jurusan ausbildung Jerman. 

Apakah ausbildung itu dan apa saja jurusan yang ada di dalamnya? Singkatnya, ausbildung adalah program pendidikan kejuruan yang fokus pada keahlian mahasiswa atau dalam bahasa Jerman sering disebut dengan nama azubi. Simak uraian di bawah ini untuk lebih memahami ausbildung Jerman.

 

Tentang Ausbildung Jerman

 

Demi menunjang keterampilan warga Jerman maupun warga negara asing, ausbildung membuka berbagai jurusan yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Jurusan yang dimiliki ausbildung meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari yang paling krusial, yaitu medis dan pelayanan masyarakat. Kemudian, bidang media, teknik, olahraga, hingga seni juga ada di ausbildung.

Luasnya bidang yang dicakup oleh ausbildung membuat kita tidak heran lagi jika kini generasi muda yang berorientasi kerja lebih banyak mengincar ausbildung.

Dalam 3 tahun rata-rata durasi pembelajaran, azubi tidak hanya belajar teori, melainkan sudah melakukan praktik kerja dan dibayar.

Menariknya lagi, program ausbildung tidak memungut biaya sepeserpun dari para azubi. Biaya sepenuhnya telah ditanggung oleh pihak perusahaan yang telah bekerja sama dengan institusi penyelenggara ausbildung.

Setelah lulus, jika kamu tetap menekuni profesi yang dipilih dan memanfaatkan sertifikat kelulusan ausbildung, gaji yang kamu dapatkan juga akan naik berkali kali lipat.

Ausbildung benar-benar definisi pilihan terbaik. Bagaimana tidak? Kuliah gratis, dapat ilmu pengetahuan dan ilmu praktis, bisa mengenal lingkungan kerja di Jerman, peluang kerja juga semakin tinggi dengan adanya sertifikat kelulusan, belum lagi ada gaji saat pelatihan kerja.

Betapa nikmatnya kuliah sambil kerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian, tanpa paksaan, dan jenjang karir cemerlang setelah lulus. Hanya dengan mendaftar ausbildung kamu bisa merasakan kenikmatan tersebut.

Related Articel  Ragu Pilih Program Ausbildung Jerman? Ini Tipsnya!

Tapi, perhatikan betul bahwa jurusan yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan atau keinginanmu. Tentunya kamu tidak ingin bukan menekuni profesi yang di luar kemampuan dan bukan bidang yang kamu sukai?

Oleh sebab itu, pahami jurusan yang akan kamu pilih. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai jurusan tersebut, baik materi pelajaran, keterampilan yang diasah, dan hal-hal lain menyangkut jurusan yang kamu hendaki.

Untuk memudahkanmu dalam mencari informasi seputar jurusan ausbildung Jerman, simak uraian berikut. 

 

Apa saja Jurusan Ausbildung Jerman?

 

Di Indonesia, lulusan dari suatu jurusan dapat bekerja di bidang lain yang berbeda jauh dari jurusannya selama kuliah. Sebagai contoh, seorang lulusan pendidikan jasmani dan olahraga bekerja sebagai karyawan bank.

Berbeda dengan Indonesia, di Jerman suatu profesi harus dilakukan oleh orang yang ahli di bidang tersebut. Minimal telah melewati pendidikan dasar dari profesi yang akan diambil.

Oleh karena itu, jurusan di ausbildung lebih kompleks yang beberapa diantaranya tidak dapat kita temukan di Indonesia. Dari satu bidang yang umum hingga khusus, ausbildung Jerman menyediakannya. Setidaknya ada ratusan jurusan yang dibuka oleh ausbildung.

Bidang pekerjaan umum yang populer antara lain bidang medis (dokter, perawat, apoteker), bidang perhotelan, restoran, teknik (arsitek, teknik mesin, IT), ekonomi (manajer, pemasaran), perbankan, dan seni (pelukis, musician, desain grafis).

Sementara itu, bidang khusus meliputi asisten dokter, pegawai supermarket, pengasuh, perawat panti jompo, dan sederet profesi lain yang asing bagi masyarakat Indonesia.

Berikut merupakan beberapa jurusan yang banyak diminati oleh pelajar Indonesia yang melanjutkan studinya di ausbildung Jerman.   

 

1. Perhotelan

Perhotelan

Jurusan perhotelan begitu diminati tidak hanya oleh pelajar Indonesia, tapi juga pelajar mancanegara dan termasuk Jerman. Alasan utamanya adalah kuota yang diberikan bagi pelajar non-Jerman dan non-Eropa lebih besar dibanding jurusan lain.

Related Articel  3 Pilihan Program Kerja Di Jerman Gratis Ini Bisa Dicoba

Ausbildung perhotelan Jerman memiliki empat divisi utama. Pertama, yaitu front office yang berhadapan langsung dengan tamu karena bertugas melayani para tamu di bagian resepsionis.

Kedua, housekeeping dengan kenyamanan para tamu hotel sebagai tugas utamanya. Divisi ini memastikan kebersihan dan kerapian setiap kamar hotel.

Ketiga, pastry berhubungan dengan penyajian makanan oleh restoran hotel. Divisi pastry bertanggung jawab atas makanan dan minuman para tamu serta penyelenggaraan acara-acara tertentu yang menggunakan restoran hotel.

Divisi terakhir adalah keuangan atau finance. Jajaran manajer hingga direktur yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan hotel termasuk dalam divisi ini.

Jika kamu memilih jurusan perhotelan, kamu akan mempelajari semua teori dan praktik dari seluruh divisi tersebut.

Jurusan perhotelan bertujuan untuk melahirkan tenaga ahli di bidangnya. Oleh sebab itu, lulusan ausbildung diajarkan banyak hal menyangkut perhotelan agar siap bekerja di berbagai divisi perhotelan.

Dengan pekerjaan yang begitu kompleks, rata-rata gaji yang diperoleh azubi jurusan perhotelan sebesar 850 EUR hingga 900 EUR perbulan. 

 

2. Restoran

Dengan memilih jurusan restoran, kamu akan mendapat materi dan pelatihan meliputi cara mengelola bisnis restoran agar dapat bertahan lama.

Mengelola restoran tidak dapat dibandingkan dengan bisnis warung makan biasa. Restoran harus selalu menjaga menu dan pelayanannya agar tetap menarik perhatian pelanggan. 

Pelajaran yang akan kamu dapatkan berupa cara melayani tamu dengan baik termasuk di dalamnya mengatur meja, menawarkan menu, dan menerima pesanan. Kemudian, kamu juga akan belajar memahami konsep pemasaran.

Selain itu, hal penting yang harus diketahui saat mengelola restoran adalah menjaga kebersihan makanan dan tempat. Kamu akan mendapat pelajaran ini secara teori maupun praktik.

Pelajaran lain yang akan kamu dapatkan adalah mengelola pembukuan meliputi keluar masuk uang, laba, juga renovasi tempat dan menu.

Related Articel  Ausbildung Mechatroniker: Pengertian, Syarat, dan Gajinya 

Gaji yang diterima oleh azubi dari jurusan restoran setiap bulannya berkisar antara 800 EUR pada tahun pertama pelatihan hingga 950 EUR pada tahun ketiga.

 

3. Chef/Koki

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai jurusan restoran dengan fokus pada pengelolaan bisnis. Kali ini, akan kami uraikan mengenai bagian dari restoran, yaitu jurusan memasak yang melahirkan para koki profesional.

Pada tahun pertama, kamu akan mendapat materi dasar seputar persiapan hidangan dan pengenalan prosedur yang harus dilakukan ketika berada di dapur.

Tahun kedua dan ketiga kamu akan mulai berlatih menyiapkan suatu hidangan, baik lokal maupun internasional. Hingga nantinya azubi akan siap bekerja sebagai koki di restoran hotel maupun membuka usahanya sendiri. 

Gaji yang akan diterima oleh azubi yang bermimpi untuk menjadi koki adalah sebesar 800 EUR hingga 900 EUR setiap bulan.

 

4. Perawat

Dalam bidang medis, ausbildung perawat menjadi jurusan dengan jumlah peminat tertinggi. Salah satu faktor penyebab tingginya peminat adalah gaji yang lebih besar dibandingkan bidang lainnya. Gaji azubi perawat dapat mencapai 1100 EUR hingga 1200 EUR.

Ketika memilih jurusan perawat kamu akan mempelajari pengobatan untuk luka ringan, belajar mengikuti perintah dokter yang berarti akan banyak ilmu mengenai penyakit tertentu yang akan kamu pelajari.

Selain itu, dalam ausbildung perawat juga akan diajarkan materi tentang administrasi. Lulusan ausbildung perawat siap ditempatkan di klinik atau rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Bagaimana? Jurusan mana yang menurutmu sesuai dengan kemampuan dan minatmu? Jika kamu masih kesulitan untuk menentukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Eduversity.

Kami siap mendengarkan kekhawatiran dan siap menjawab pertanyaan-pertanyaan di benakmu seputar jurusan ausbildung Jerman.

Yuk, kejar profesi impianmu bersama Eduversity! Akses informasi seputar ausbildung Jerman dengan mengunjungi website kami di www.eduversity.co.id atau dengan mengisi form di bawah ini.