Siapa disini yang memiliki cita-cita bisa kuliah di Amerika Serikat? Amerika Serikat sendiri mempunyai populasi mahasiswa internasional terbanyak di dunia.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Setidaknya ada lebih dari 1 juta mahasiswa yang memilih untuk berkuliah di Amerika.

Fakta juga membuktikan jika setidaknya hampi 5% dari jumlah siswa yang terdaftar di dalam institusi pendidikan Amerika Serikat merupakan siswa internasional.

Amerika sendiri juga menjadi destinasi yang paling tepat untuk menimba ilmu yang paling tersohor.

Dengan berbagai macam alasan-alasan, setidaknya terdapat lebih dari 4000 Universitas di Amerika yang memberi program terkemuka di berbagai macam bidang untuk siswa internasional membina ilmu di Universitas mereka.

Alasan Kenapa Harus Kuliah Di Amerika Serikat

Alasan Kenapa Harus Kuliah Di Amerika Serikat

Dengan program ilmu sains yang sangat kuat serta sistem yang diimplementasikan melalui ilmu kesenian.

Amerika Serikat setidaknya sudah berhasil menghasilkan siswa yang sangat terdidik di dalam berbagai macam ilmu pengetahuan, mulai dari sains hingga teknologi.

Mungkin anda sendiri juga bertanya-tanya kenapa sih kita harus kuliah di Amerika, sedangkan di Indonesia sendiri ada banyak sekali pilihan universitas yang bisa kita pilih. 

Nah untuk itu, berikut dibawah ini sudah Kami tuliskan beberapa alasan kenapa anda harus kuliah di Amerika.

Memiliki Universitas Yang Unggul Dalam Bidang Akademis

Amerika Serikat mempunyai banyak sekali universitas-universitas pilihan yang berjejer dan juga membangkan.

Dimana ada banyak sekali Universitas di Amerika serikat yang selalu mendapatkan peringkat terbaik sebagai kampus terbaik di dunia.

Universitas di Amerika serikat sendiri juga terkenal karena mempunyai standar akademis yang sangat tinggi, mengikuti praktik untuk bisa meningkatkan mutu yang sangat ketat serta mempertahankan kualitasnya.

Bahkan menurut QS World Ranking di tahun 2020, setidaknya dari 100 Universitas terbaik di dunia, 33 dari daftar 100 tersebut adalah Universitas dari Amerika Serikat.

Menurut survey lainnya juga mengatakan bahwa berdasarkan Times Higher Education Ranking, 7 dari 10 Universitas terbaik di dunia diisi oleh Universitas dari Amerika.

Baca Juga: Kuliah di Australia: Jurusan, Syarat dan Cara Daftarnya

Memiliki Support System Yang Baik Terhadap Mahasiswa Internasional

Alasan kenapa anda harus kuliah di Amerika berikutnya adalah Universitas di Amerika mengerti tentang kesusahan yang akan dialami oleh mahasiswa dari Internasional.

Oleh sebab itu kebanyakan dari Universitas di Amerika memberikan program orientasi, training dan juga workshop secara reguler untuk bisa menawarkan bantuan.

Bahkan pusat mahasiswa Internasional juga sering memberikan bantuan terhadap mahasiswa internasional agar bisa membiasakan diri terhadap lingkungan baru, entah itu secara akademik, sosial hingga kultur.

Kehidupan Di Kampus Yang Menyenangkan

Bukan menjadi hal yang baru lagi jika kehidupan di Kampus Amerika tidak dapat dibandingkan.

Tidak peduli universitas yang mana, anda bisa menemukan diri di dalam pengalaman dan juga budaya yang baru dengan julukan American Way Of Life.

Memiliki Kebebasan Untuk Mengambil Mata Kuliah Umum

Keunggulan atau alasan kenapa anda harus kuliah di Amerika berikutnya adalah Universitas di Amerika memberikan penawaran berbagai macam mata kuliah serta program yang bisa dipilih.

Dimana anda akan memperoleh kebebasan untuk tidak hanya memilih mata kuliah saja, namun anda juga bisa memilih strukturnya.

Pada jenjang S1, anda memiliki hak dan juga kebebasan untuk mengambil mata kuliah sebelum anda menentukan jurusan apa yang akan anda ambil di tahun kedua nantinya. 

Tentu saja hal ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam menjelajahi berbagai macam mata kuliah yang jauh lebih sesuai dengan apa yang anda tertarik sebelum memilih.

Menekankan Magang Serta Karir Mahasiswa

Berikutnya di Amerika juga terdapat program magang yang ditawarkan oleh setiap universitas yang ada di Amerika.

Program magang ini berguna untuk membentuk karir profesional anda selama menjadi mahasiswa.

Ada banyak mahasiswa yang menempuh jalur magang ketika masa kuliah guna memanfaatkan pengalaman yang akan mereka dapatkan.

Dengan begitu selama masih berstatus sebagai Mahasiswa.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang berharga tentang bekerja dan berkarir ke jenjang yang lebih serius nantinya ketika sudah lulus.

Komunitas Yang Sangat Beragam

Amerika adalah salah satu negara yang memiliki budaya paling beragam. Dimana mahasiswa Internasional di Amerika saling berdatangan dari berbagai negara untuk bisa kuliah di Amerika.

Nah untuk anda yang ingin kuliah di Amerika, tentu saja anda juga akan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa belajar budaya baru, bahasa baru dan juga teman baru.

Menggunakan Teknologi Yang Canggih Dan Fasilitas Yang Lengkap

Amerika sendiri mempunyai kebanggan tersendiri terhadap kemajuan teknologi dan juga sudah memastikan jika semua spektrum di sektor pendidikan baik jenjang rendah hingga tinggi sudah dilengkapi dengan penggunaan teknologi terkini.

Hal ini tentu saja akan membuat kehidupan mahasiswanya akan menjadi lebih mudah karena memiliki akses terhadap data serta teknologi.

Berapa Biaya Kuliah Di Amerika Serikat?

Biaya Kuliah Di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, biaya universitas atau biaya kuliah berbeda masing-masing lembaga. 

Namun akomodasi dan juga biaya hidup selama anda kuliah di Amerika Serikat tentu saja tergantung dari gaya hidup anda selama kuliah.

Untuk biaya kuliah di Amerika Serikat sendiri berkisar antara 10.000 hingga 55.000 USD per tahun.

Sedangkan untuk biaya akomodasi tergantung terhadap pilihan universitas serta kota tempat anda tinggal.

Misalnya saja sebagai contoh adalah, anda tinggal di kampus yang biasa nya akan membutuhkan biaya lebih mahal dibandingkan jika anda tinggal di luar kampus. 

Mahasiswa gelar sarjana di beberapa Universitas Amerika kemungkinan akan diwajibkan tinggal di lingkungan kampus pada tahun pertama.

Hal ini yang mungkin akan meningkatkan biaya hidup anda ketiak berkuliah di Amerika. 

Bukan hanya itu saja, keputusan tinggal sendiri maupun bersama teman dari Indonesia lainnya tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap biaya kuliah dan sehari-hari anda selama tinggal di Amerika.

Untuk biaya akomodasi kuliah di Amerika sendiri berkisar antara 3.000 hingga 8.000 USD per tahun.

Hal yang harus anda ingat adalah jika anda memilih apartemen untuk menjadi tempat tinggal, tentu saja anda harus memikirkan biaya tambahan lainnya seperti biaya listrik, saluran telepon, biaya transportasi serta furniture.

Anda juga harus memperhatikan anggaran lainnya seperti kegiatan kemahasiswaan, biaya makan, maupun asuransi yang tersendiri dari biaya kuliah di Amerika.

Belum lagi dengan membeli buku referensi yang bisa saja mencapai 500 hingga 1.500 USD per tahun.

Anda harus tahu bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu pilihan negara yang bisa melatih sifat kemandirian.

Untuk anda yang ingin kuliah disana, nantinya anda akan mempunyai kesempatan besar untuk bisa merasakan prospek kerja secara paruh waktu sambil berkuliah.

Untuk pelajar asing, anda sama-sama memiliki kesempatan untuk bekerja part time maksimal selama 20 jam dalam seminggu.

Nantinya anda juga akan diberikan penawaran untuk bekerja secara full time selama 1 tahun setelah lulus, walaupun anda masih memiliki visa pelajar di Amerika Serikat.

Universitas Di Amerika Serikat Yang Paling Banyak Orang Indonesia

Universitas Di Amerika Serikat

Kuliah di luar negeri, terlebih lagi di Amerika Serikat kelihatannya memang akan seru, namun juga akan memberikan tantangan terbaru untuk anda yang belum pernah bersekolah di luar negeri.

Terkadang yang menjadi pertanyaan untuk para pelajar dari Indonesia adalah dimana kampus yang paling tepat jika ingin kuliah di Amerika?

Berdasarkan data statistik terbaru, banyak pelajar Indonesia yang berkuliah di Amerika, setidaknya ada sekitar 9000 pelajar dari Indonesia yang berkuliah di Amerika.

Dari banyaknya pelajar tersebut, berikut dibawah ini adalah informasi tentang Universitas di Amerika Serikat yang paling banyak orang Indonesia.

Columbia University

Yang pertama adalah Columbia University, dimana dari banyaknya Universitas di Amerika, Columbia University menjadi universitas di Amerika yang paling banyak orang Indonesia.

Beberapa nama terkenal di Indonesia juga sempat menempuh jalur pendidikan di Columbia University. Sebut saja seperti nama Cinta Laura dan juga Tasya Kamila kuliah di kampus ini.

Columbia University adalah salah satu 20 besar universitas terbaik di Amerika serta dunia berdasarkan data dari QS World Ranking tahun 2020 dan juga Times Higher Education Rankings di tahun 2020.

Berada di New York City, Columbia University sendiri sudah berdiri sejak tahun 1754 lalu dan menjadi institusi pendidikan pertama di New York serta menjadi yang tertua kelima di Amerika Serikat.

Sama seperti universitas bergengsi lainnya di Amerika Serikat, Columbia University juga menerapkan seleksi masuk yang cukup ketat.

Baca Juga: Kuliah di Jerman: Keuntungan, Syarat dan Jurusannya

University of California

Selanjutnya ada University of California yang menjadi salah satu universitas di Amerika yang paling banyak terdapat orang Indonesia.

Pelajar Indonesia yang ada di University of California cukup banyak, bahkan mereka membentuk organisasi khusus yang bernama BISA atau Berkeley Indonesia Student Association.

Organisasi ini sendiri secara rutin mengadakan acara rapat bahkan berbagi loker lewat website resminya.

University of California adalah universitas riset publik yang sudah berdiri sejak tahun 1868 lalu.

Menjadi salah satu Universitas terbaik di Amerika, afiliasi dari UCB sendiri sudah menerima 99 penghargaan novel. Program andalan dari UNiversitas ini adalah Electrical and Electronic Engineering yang menempati peringkat terbaik di dunia berdasarkan QS World University.

Massachusetts Institute of Technology

Universitas di Amerika yang paling banyak ditempati oleh orang Indonesia yang terakhir adalah Massachusetts Institute of Technology.

Dimana Massachusetts Institute of Technology atau lebih dikenal dengan nama MIT sendiri merupakan kampus terkenal yang menjadi universitas riset swasta yang lebih fokus terhadap bidang sains dan juga teknologi.

Massachusetts Institute of Technology sendiri berada di negara bagian yang mempunyai pendidikan terbaik di Amerika.

Berada di kota Cambridge, Massachusetts Institute of Technology adalah salah satu dari 5 besar kampus terbaik di Amerika dan juga dunia dalam berbagai macam bidang penilaian terbaru seperti berdasarkan QS World University Ranking.

Setidaknya ada lebih dari 20 orang yang bergabung di Association of Indonesian Students at MIT atau AIS-MIT.

Sama seperti yang tertera di website resminya, organisasi ini sering mengadakan pertemuan selama 2 sampai 3 kali dalam satu semester.

Organisasi ini juga sering berkolaborasi dengan PERMIAS Massachusetts yang mengadakan seminar setiap musim semi dan juga musim gugur.

Selain itu, anggota organisasi ini juga aktif terlibat di dalam berbagai macam acara internasional yang diadakan MIT.

Cara Mendaftar Kuliah Di Amerika Serikat

Cara Mendaftar Kuliah Di Amerika Serikat

Tentu saja banyak diantara kita yang memiliki mimpi ingin kuliah di Amerika Serikat. 

Namun sayangnya masih ada banyak orang yang belum tahu bagaimana sih cara kuliah di Amerika Serikat.

Nah untuk itu, bagi anda yang mungkin masih bingung dengan bagaimana cara mendaftar kuliah di Amerika, berikut dibawah ini sudah Kami tuliskan langkah-langkahnya.

1.     Tentukan Dulu Tujuan Anda

Langkah pertama untuk anda yang ingin kuliah di Amerika adalah menentukan tujuan, paling tidak anda harus mencari tahu perguruan tinggi mana yang kira-kira cocok untuk anda.

Saat memulai penelitian, mulailah dengan apa yang sudah anda ketahui tentang diri sendiri.

Dengan begitu, hal ini bisa memberikan anda arahan dan juga bisa membantu dalam mempersempit daftar Universitas yang sesuai.

Anda juga bisa memilih 3 universitas di atas yang sudah Kami rekomendasikan untuk menjadi tujuan utama selama anda mendaftar kuliah di Amerika.

2.     Meneliti Dan Memilih Universitas

Langkah selanjutnya anda juga harus bisa meneliti dan juga memilih Universitas. Supaya lebih realistis dan juga fleksibel, anda harus tahu apa pilihan anda.

Setidaknya terdapat ribuan Universitas dan juga sekolah tinggi di Amerika Serikat.

Mulai dari Universitas swasta hingga negeri, sekolah seni liberal dan juga Universitas Negeri besar.

Dari sekian banyaknya universitas tersebut, pilihlah mana yang kira-kira sesuai dengan minat anda.

Setidaknya anda harus memilih 5 hingga 10 Universitas untuk mendaftar, jangan lupa juga untuk membaca syarat pendaftaran terlebih dahulu agar proses pendaftaran anda bisa berjalan dengan lancar.

3.     Mendaftar dan Mengikuti Tes

Sebagian besar kampus dan juga Universitas di Amerika akan meminta anda untuk emngikuti tes pendaftarans ebagai bagian dari apliaksi anda.

Untuk tes yang harus anda lakukan seperti SAT maupun ACT atau tes berbahasa Inggris seperti TOEFL dan juga IELTS.

SKor yang anda dapatkan akan memberikan peran yang cukup besar terhadap kualifikasi anda apakah akan diterima atau tidak di kampus yang anda pilih tersebut.

Perlu anda ingat, bahwa setiap lembaga dan juga program khusus di dalam lembaga ini akan mempunyai kriteria skor yang berbeda-beda.

Bahkan beberapa akademi komunitas dan juga program bahasa tidak membutuhkan nilai ujian untuk bisa masuk dan mendaftar.

Apabila skor anda rendah, kemungkinan besar anda harus mengikuti program bahasa Inggris intensif atau mengikuti community college serta pindah ke Universitas.

4.     Apply Aplikasi

Selanjutnya anda harus menyelesaikan aplikasi pendaftaran.

Bisa jadi menyelesaikan aplikasi menjadi hal yang paling rumit dan cukup menyibukkan, namun prosesnya bisa menjadi lebih mudah serta cepat.

Apabila anda mengumpulkan semua hal yang dibutuhkan untuk aplikasi sebelum memulainya, secara dasar, berikut dibawah ini adalah hal yang harus anda persiapkan.

  • Transkrip nilai dari SMA maupun pendidikan terakhir yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  • Ijazah yang sudah ditranslate ke bahasa INggris.
  • Nilai tes SAT, TOEFL dan sebagainya.
  • Membayar biaya pendaftaran.
  • Membawa surat rekomendasi.
  • Esai yang sesuai dengan permintaan dari pihak kampus.
  • Laporan keuangan.

Ada banyak universitas serta perguruan tinggi akan memberikan informasi kepada anda terkait apa saja yang dibutuhkan sebelum mendaftar kuliah.

Selanjutnya anda akan mempunyai segalanya, cari tempat yang tenang dan mulailah mendaftar.

5. Menentukan Anggaran Untuk Kuliah

Sayangnya kuliah di Amerika bisa sangat mahal. Diatas sebelumnya sudah Kami jelaskan tentang biaya kuliah di Amerika.

Nah untuk anda yang merasa membutuhkan bantuan keuangan, jangan mendaftar ke Universitas yang tidak memberikan tawaran bantuan keuangan maupun beasiswa terhadap siswa internasional.

Setiap sekolah tentunya akan mempunyai instruksi untuk bisa mengajukan beasiswa maupun bantuan.

Selanjutnya, setelah anda diterima di Universitas anda harus membayar biaya deposit dalam jangka waktu tertentu.

6. Mengajukan Visa Pelajar

Selanjutnya setelah anda diterima di sekolah maupun program SEVP atau Student And Exchange Visitor Program, anda akan menerima formulir I-20 untuk diisi.

Melalui formulir tersebut, anda bisa mengajukan permohonan visa pelajar via online. Selanjutnya anda harus membayar biaya servis dan juga menjadwalkan wawancara visa anda.

7. Persiapan Untuk Keberangkatan

Langkah terakhir, sebelum anda memulai studi di Amerika tentu saja anda harus membuat pengaturan perjalanan, mencari dan juga memesan rumah siswa entah itu kamar asrama maupun apartemen pribadi.

Jangan lupa juga untuk mendapatkan asuransi kesehatan, mengatur keuangan untuk bisa membayar uang sekolah serta pengeluaran lainnya.

Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika

Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika

Diatas sudah Kami jelaskan bagaimana cara kuliah di Amerika dan juga beberapa pilihan Universitas terbaik di Amerika.

Nah terakhir, berikut dibawah ini sudah Kami tuliskan beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum kuliah di Amerika.

Persiapkan Keuangan Dengan Matang

Untuk anda yang memiliki rencana kuliah di Amerika, anda wajib mempunyai rencana keuangan yang sangat matang.

Hal ini karena biaya kuliah di Amerika bisa diaktakan tidak murah, namun harga yang cukup lumayan tentu saja ada juga yang terjangkau di beberapa Universitas.

Untuk itu, anda harus merencanakan keuangan dengan matang sebelum mewujudkan impian sebelum kuliah di Amerika.

Paling tidak anda harus membuat estimasi biaya pendidikan yang dibutuhkan termasuk biaya akomodasi dan hidup di Amerika.

Student Loan

Apakah anda sudah pernah mendengar tentang Student Loan? Student loan sendiri bersifat seperti pinjaman yang memang disediakan dari kampus.

Anda bisa menggunakan Student Loan dengan berbagai macam syarat serta ketentuan yang berlaku.

Biasannya para pelajar internasional harus mempunyai jaminans eorang warga negara Amerika yang akan menjadi calon penanggung jawab.

Hal ini dilakukan agar ada jaminan jika Student Loan tersebut akan dilunasi.

Biasannya Student Loan harus dibayarkan setelah anda menyelesaikan programs tudi di Amerika.

Terdapat jangka waktu tertentu untuk pelunasan, yang umumnya satu hingga dua tahuns etelah anda lulus.

Mempelajari Budaya Amerika

Selanjutnya anda harus belajar budaya Amerika, dimulai dari budaya dan juga iklim geografis yang tentu saja sudah pasti terkenal sangat beda dari Indonesia.

Tentu Saja ini akan menjadi tantangan yang sangat besar untuk pelajar dari Indonesia yang kuliah di Amerika.

Anda juga harus belajar bahasa asing, terlebih lagi bahasa Inggris mencari tahu tempat wisata, dan juga kebiasaan yang sering dilakukan di Amerika.

Dengan memahami serta mempelajari budaya Amerika terlebih dahulu, tentunya anda tidak akan kaget jika nanti sudah tinggal sementara di Amerika untuk kuliah.

Itulah informasi mengenai kuliah di Amerika, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Untuk Anda yang ingin kuliah di Amerika anda bisa menggunakan jasa dari Eduversity yang menjadi lembaga pendaftaran kuliah di Amerika.

×