Kuliah di Australia tentu saja menjadi mimpi dari semua pelajar Indonesia.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Hal ini karena Australia sendiri memang sangat terkenal mempunyai kualitas pendidikan yang sangat bagus.

Bahkan ada banyak sekali universitas-universitas di Australia yang masuk ke dalam peringkat universitas terbaik di dunia.

Selain terkenal memiliki kualitas universitas terbaik, fasilitas dan juga kualitas hidup di Australia juga menarik serta terjamin sehingga dapat membuat banyak mahasiswa asing yang kuliah di Australia akan merasa lebih nyaman.

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Kuliah Di Australia?

biaya Kuliah Di Australia

Belajar atau kuliah di luar negeri memang dapat menjadi salah satu hal yang mahal. 

Namun merencanakan anggaran yang kita butuhkan dengan cerdas tentu saja bisa membantu kita sendiri dalam mengatur keuangan dengan lebih efektif.

Baca Juga: Kuliah di Jerman: Keuntungan, Syarat dan Jurusannya

Sebelum anda berangkat dari Indonesia menuju Australia, pastikan sebelumnya anda sudah mengetahui berapa biaya kuliah di Australia.

Tidak hanya biaya kuliah di Australia saja, namun anda juga harus mengetahui pengeluaran lainnya seperti akomodasi, makanan dan juga perjalanan bersama.

Untuk itu, berikut dibawah ini sudah Kami tuliskan informasi mengenai biaya kuliah di Australia.

A.     Biaya Pendidikan Atau Kuliah Di Australia

Pengeluaran untuk biaya kuliah anda tentu saja akan bergantung terhadap jenis kualifikasi dan juga Universitas yang anda pilih.

Misalnya saja untuk gelar dokter hewan atau medis, tentu saja akan lebih mahal jika dibandingkan dengan gelar atau jurusan kuliah lainnya.

Untuk biaya rata-rata kuliah di Australia sendiri sekitar 20.000 AUD hingga 30.000 AUD dalam setahun.

Itu biaya rata-rata ya, mungkin ada yang lebih murah atau lebih tinggi.

Balik lagi pada jenis jurusan dan juga universitas Australia mana yang anda pilih untuk kuliah di Australia.

Yang paling umum seperti kursus dalam humaniora, pendidikan dan juga kuliah jurusan seni akan lebih murah jika dibandingkan dengan jurusan lainnya seperti teknik yang akan cenderung lebih mahal.

Nah untuk anda yang ingin belajar pascasarjana, biaya kuliah di Australia yang harus anda keluarkan kemungkinan akan lebih mahal.

Namun hal tersebut bisa diatasi jika anda mendapatkan beasiswa kuliah di Australia yang tersedia bagi pelajar asal Indonesia.

B.     Biaya Akomodasi Selama Kuliah Di Australia

Sebagian besar universitas Australia sudah memberikan penawaran berupa fasilitas tempat tinggal yang terdapat di kampus untuk siswa internasional.

Namun anda juga bisa memilih akomodasi di luar kampus, misalnya seperti tinggal di Apartemen.

Untuk anda yang ingin lebih hemat, anda bisa menyewa kos maupun rumah hingga apartemen kemudian tinggal bersama siswa lainnya dari Indonesia.

Biaya persewaaan biasanya harus dibayarkan setiap dua minggu sebelumnya, yang harus anda ingat adalah persewaan akan bervariasi setiap kota berbeda-berbeda.

C.     Biaya Untuk Visa Pelajar

Untuk bisa berangkat ke Australia tentu saja anda harus mengurus dan memiliki Visa. 

Nah sebagai pelajar, anda akan berbeda dengan masyarakat umum lainnya.

Untuk visa pelajar yang valid di Australia sendiri anda harus mengeluarkan biaya berkisar antara 575 AUD, biaya ini tidak baku dan bisa berubah-ubah.

D.    Biaya Hidup Tinggal Di Australia

Tentu saja anda harus menyisihkan sedikit demi sedikit uang yang anda miliki untuk belanja bahan makanan dan juga kegiatan sosial lainnya serta kebutuhan mendesak jika anda mengalami situasi darurat.

Saat anda tinggal di luar negeri sebagai siswa, akan lebih baik jika anda membuat rencana anggaran pengeluaran agar tidak sampai berlebihan selama berbelanja.

Mengingat berbagai biaya dan juga biaya hidup, setidaknya anggaran sebagai siswa dari Universitas di Australia kemungkinan adalah 200 hingga 400 AUD seminggu.

Anda juga harus mempertimbangkan biaya pengeluaran lainnya ketika membuat anggaran keuangan, berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang harus anda ketahui.

Biaya Untuk Komunikasi

Sebagai siswa dari Indonesia yang belajar di negeri seberang, tentu saja anda akan sering berkomunikasi dengan teman maupun keluarga di rumah.

Oleh sebab itu, anda harus bisa menyimpan sebagian anggaran dana untuk membayar tagihan telepon serta data internet.

Untuk biaya komunikasi ponsel dan data internet kemungkinan anda harus mengeluarkan uang sekitar 150 AUD per 3 bulan.

Selama menjadi mahasiswa di Universitas Australia, anda harus pintar-pintar dalam memilih panggilan yang lebih hemat biaya serta menawarkan diskon untuk siswa agar bisa tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia.

Biaya Untuk Bahan Makanan

Paling tidak anda harus bisa menyisihkan uang 180 AUD setiap 2 minggu sekali untuk anda yang tinggal di akomodasi pribadi untuk kebutuhan bahan makanan selama tinggal di Australia.

Untuk anda yang memilih tinggal di akomodasi kampus, biasa nya mereka sudah memberikan jatah makan 3 kali sehari.

Biaya Untuk Buku Dan Persediaan

Berikutnya, anda juga harus memikirkan biaya untuk membeli buku dan juga persediaan.

Membeli buku biasanya akan lebih mahal, misalnya saja seperti buku untuk kursus hukum, teknik dan juga kedokteran yang akan mahal.

Untuk itu, solusinya adalah dengan membeli buku bekas, atau anda juga bisa membeli ebook buku digital terkait materi yang dibutuhkan guna menunjang ilmu pengetahuan anda.

Biaya Untuk Kebutuhan Pribadi

Terakhir, anda juga harus mempertimbangkan pengeluaran harian atau pengeluaran pribadi anda selama kuliah di Australia.

Pengeluaran harian yang dimaksud disini adalah seperti biaya untuk perlengkapan mandi, pakaian dan sebagainya.

E.     Transportasi

Anda juga harus menghitung biaya transportasi, kecuali apabila universitas maupun kampus anda sudah memberikan layanan antar jemput dari apartemen ke kampus maka anda bisa melewatinya.

Transportasi yang digunakan untuk  jarak pendek di Australia biasanya adalah menggunakan kereta api regional, bus dan sebagainya.

Untuk perjalanan singkat biasa nya anda harus mengeluarkan biaya sebesar 3 AUD. 

Sementara untuk lebih menghemat, anda juga bisa memilih membeli tiket kereta api mingguan dengan tarif berkisar antara 20 AUD per minggu.

Daftar Jurusan Kuliah Di Australia

Daftar Jurusan Kuliah Di Australia

Nah untuk anda yang ingin kuliah di Australia, tentu saja paling tidak anda juga harus mengetahui daftar jurusan kuliah yang tersedia di Australia.

Untuk itu, sebagai informasi tambahan berikut dibawah ini sudah kami tuliskan informasi mengenai beberapa daftar jurusan kuliah di Australia yang paling banyak diminati.

Business Management

Yang pertama adalah Business Management, sudah sejak dulu jurusan kuliah Business Management masih menjadi primadona dari kebanyakan mahasiswa di Australia. 

Dengan memilih jurusan kuliah ini, anda akan memiliki kesempatan untuk menjadi pimpinan mahasiswa dan juga tim managerial.

Terlebih lagi fasilitas serta kredibilitas dari jurusan Business Management ini sudah sangat terkenal di Australia.

Jadi wajar saja jika jurusan kuliah ini menjadi yang paling primadona.

Medicine

Selanjutnya ada jurusan kuliah medicine. Dimana sistem belajar yang terkenal di Australia sendiri merupakan self directed learning.

Atau cara dimana mahasiswa nantinya akan belajar di laboratorium serta praktikum. Oleh sebab itu jurusan ini menjadi sangat terkenal di Australia.

Selain itu, universitas kesehatan di Australia juga sangat terkenal memiliki metode pembelajaran yang sangat efektif dan juga terkini.

Oleh sebab itu ada banyak mahasiswa jurusan medicine yang membutuhkan waktu hingga 5 tahun lamanya untuk bisa lulus dari jurusan ini.

Accounting

Jurusan Kuliah Di Australia berikutnya yang paling banyak diminati oleh mahasiswa asing adalah Accounting.

Dimana permintaan perusahaan terhadap pengelola keuangan yang profesional memang tidak akan pernah ada habisnya.

Oleh sebab itu jurusan Accounting ini menjadi yang paling banyak diminati oleh mahasiswa di Australia.

Memang jurusan yang akan membuat anda berkutat dengan angka dan juga mata uang ini kenyataanya masih sangat diminati oleh orang-orang.

Hal ini karena prospek kedepan dari lulusan jurusan Accounting yang sangat dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan besar di seluruh dunia.

Dentistry

Selanjutnya, jurusan kuliah yang sangat diminati adalah Dentistry.

Periode untuk kuliah Dentistry sendiri atau dokter gigi di Australia sendiri membutuhkan waktu sekitar 5 tahun lamanya.

Selama itu, anda juga bisa mengambil kuliah jurusan spesialis seperti periodontics dan juga orthodontics.

Keuntungan lainnya ketika anda mengambil jurusan kuliah Dentistry di Australia adalah keberadaan dari inovasi.

Dan juga teknologi pendukung yang digunakan untuk pembelajaran semakin berkembang serta mengikuti zaman.

Hukum

Jurusan kuliah di Australia selanjutnya adalah Hukum. Ada 3 hal utama yang dapat anda pelajari ketika mengambil kuliah jurusan Hukum di Australia.

Yang pertama adalah kemampuan berpikir logis, kreatif dan juga komunikasi efektif.

Tentu saja kita tidak perlu diragukan lagi kualitas dari jurusan hukum di Australia, karena ada banyak universitas-universitas di Australia yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia.

Creative Arts & Design

Selanjutnya ada jurusan Creative Arts & Design di Australia yang dimana jurusan ini berhubungan erat dengan seni.

Dan digandrungi oleh banyak remaja-remaja dari seluruh dunia, begitu pula dengan mahasiswa di Australia.

Jurusan unik yang ada di Australia dan berhubungan dengan Creative Arts & Design adalah seperti visual arts, performing arts, desain grafis hingga komunikasi visual yang bisa meningkatkan kemampuan anda dalam bidang seni.

Pendidikan

Guru maupun dosen tidak seharusnya mengajar dengan cara biasa atau konvensional lagi.

Tentu saja tenaga pendidik di era digital seperti ini membutuhkan inovasi dan juga skill mendidik yang lebih kreatif, efektif serta berbasis teknologi.

Nah semua kriteria tersebut bisa anda dapatkan jika anda memilih jurusan Education atau pendidikan di Universitas Australia.

Setelah lulus nantinya anda akan menjadi guru yang cerdas dan juga seru pastinya.

Engineering

Jurusan kuliah di Australia selanjutnya yang masih banyak diminati oleh mahasiswa adalah Engineering.

Dimana akreditasi dari jurusan Engineering di Australia memang sudah terkenal bahkan setara dengan Universitas besar yang ada di Amerika Serikat, Jepang hingga UK.

Berkat penelitian, dukungan dan juga fasilitas yang diberikan oleh pemerintah tentu saja akan membuat anda menjadi sarjana teknik terbaik yang siap bersaing dengan lulusan lainnya di dunia.

Computer Science/IT

Terakhir, jurusan kuliah di Australia yang masih sangat diminati oleh para mahasiswa dari seluruh dunia adalah IT.

Masih satu paket dengan jurusan Engineering, jurusan komputer menjadi salah satu jurusan yang semakin kesini semakin digandrungi.

IT semakin meroket seiring dengan berkembang pesatnya perusahaan teknologi di seluruh dunia.

Dengan kurikulum dan juga fasilitas terbaik yang tersedia di universitas Australia, membuat jurusan ini sangat menjadi yang paling populer.

Syarat Kuliah Di Australia

Syarat Kuliah Di Australia

Terakhir kita akan membahas tentang apa saja sih syarat kuliah di Australia.

Untuk anda yang mungkin sudah melakukan riset serta memutuskan untuk mengambil jurusan di suatu universitas Australia dan ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi.

Anda harus benar-benar teliti dalam memperhatikan setiap persyaratan kuliah di Australia, hal ini karena syarat kuliah di Australia tergolong sangat ketat karena anda harus bersaing dengan berbagai macam calon mahasiswa lainnya dari seluruh dunia. 

Sehingga akan lebih baik jika anda sudah mempersiapkan semua hal dengan serius agar dapat diterima kuliah di Australia.

Setidaknya secara dasar ada 2 jenis persyaratan yang harus dipenuhi, yang pertama adalah persyaratan akademik dan berikutnya adalah persyaratan bahasa Inggris.

Persyaratan Akademik Kuliah Di Australia

Syarat kuliah di Australia (persyaratan akademik) yang akan anda butuhkan tentu saja bervariasi tergantung dari tingkat program studi yang anda pilih dan juga universitas mana yang anda inginkan.

Karena tentu saja setiap universitas dan juga jurusan masing-masing mempunyai persyaratan yang berbeda-beda.

Nah berikut dibawah ini adalah panduan umum mengenai syarat kuliah di Australia yang berlaku di berbagai macam tingkat studi.

Sekolah

Persyaratan untuk bisa masuk sangat bervariasi masing-masing sekolah.

Tergantung dari negara bagian mana atau teritori mana sekolah yang ingin anda tuju. Kinerja dan juga kemampuan akademis juga sangat dipertimbangkan saat proses aplikasi.

Pendidikan Kejuruan Dan Pelatihan 

Di kebanyakan kasus, tidak akan ada ujian masuk untuk bisa sekolah di lembaga kejuruan seperti VET.

Tapi di beberapa bidang studi kemungkinan anda harus mempelajari mata pelajaran tertentu maupun menyelesaikan pengalaman kerja.

Program Sarjana Pendidikan Tinggi

Paling tidak anda harus mempunyai sertifikat Pendidikan Menengah Senior di Australia. Beberapa program sarjana kemungkinan juga akan mempunyai mata pelajaran prasyarat tertentu.

Program Pascasarjana

Setidaknya anda harus mempunyai satu gelar di tingkat sarjana terlebih dahulu.

Tes Persyaratan Bahasa Inggris

Syarat berikutnya untuk bisa kuliah di Australia adalah tes kemampuan berbahasa Inggris.

Tes kemampuan bahasa Inggris tentu saja berguna untuk memudahkan segala aktivitas pembelajaran anda selama menjadi mahasiswa di Australia.

Dimana saat ini sendiri ada beberapa tes yang bisa digunakan untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris yang bisa anda ikuti.

Namun yang paling umum adalah TOEFL dengan nilai minimum 527 untuk bisa kuliah di Australia.

Walaupun pengetesan kemampuan berbahasa Inggris ini sendiri terdiri dari berbagai macam.

Namun kebanyakan kampus Australia mempunyai persyaratan khusus supaya calon mahasiswa lolos di IELTS.

Nah untuk itu, paling tidak anda harus bisa memiliki nilai keseluruhan 6.5 dari tes IELTS bahasa Inggris.

Beasiswa Kuliah Di Australia

Apabila anggaran pribadi anda sangat terbatas untuk membayar biaya kuliah di Australia, tenang saja. 

Karena sekarang ini ada peluang yang sangat besar untuk para calon mahasiswa dari Indonesia yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah di Australia dan tersedia hampir setiap tahun.

Salah satunya adalah anda bisa memperoleh peluang untuk mendapatkan beasiswa dari Australia yang ditawarkan di beberapa kategori seperti Australia Awards Scholarships dan juga International Postgraduate Research Scholarships.

Selain itu, anda juga memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa yang langsung ditawarkan oleh pihak internal dari beberapa universitas di Australia.

Ada juga beasiswa  dari lembaga maupun donatur di Australia.

Untuk bisa mengetahui informasi lebih lanjut, anda hanya tinggal membuka link atau website resmi dari masing-masing universitas di Australia.

Kuliah Di Australia Lebih Mudah Bersama Eduversity

Kuliah Di Australia Lebih Mudah Bersama Eduversity

Nah diatas sudah Kami tuliskan informasi mengenai kuliah di Australia, persyaratan kuliah dan biaya kuliah di Australia

Untuk anda yang ingin lebih simple, anda bisa kuliah di Australia bersama Eduversity.

Dengan Eduversity anda bisa mewujudkan impian untuk bisa kuliah di Australia agar lebih mudah.

Anda tidak perlu bingung-bingung menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa kuliah di Australia.

Eduversity sendiri adalah lembaga kuliah di Australia yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam memberangkatkan seluruh siswa dari Indonesia. 

Jadi tunggu apalagi, langsung saja serahkan impian anda bersama Eduversity, biarkan kami yang mengurusnya untuk anda.

Eduversity juga merupakan organisasi yang dibentuk oleh para alumni lulusan luar negeri terbaik yang tentu saja mampu memberikan pengalaman.

Dan juga tips-tips untuk anda yang ingin kuliah di Australia dengan mudah serta aman tanpa hambatan tentunya jadi tunggu apalagi segera daftar dengan mengisi form diatas ini.

×