Kursus bahasa Inggris semakin populer sejak memasuki era globalisasi. Jika diperhatikan, golongan ekonomi menengah ke atas merupakan kelompok yang banyak mengirimkan anak mereka ke tempat kursus. Pertanyaannya adalah adakah kursus bahasa Inggris murah?

Jika dibandingkan dengan 10 atau 20 tahun lalu, kursus bahasa Inggris memang terkenal mewah dan mahal. Seakan hanya golongan kelas atas yang mampu mengikuti kursus tersebut. Selain itu, dulu masyarakat belum menganggap bahasa Inggris sebagai hal yang perlu dipelajari.

Berbeda dengan masa kini dimana persaingan individu semakin ketat. Masyarakat yang berada pada usia produktif antara 18 hingga 35 tahun terus mencoba menggali potensi diri dan meningkatkan kemampuan bilingual demi bisa menembus kancah global. 

Semua akan terasa mudah jika kamu telah memiliki skill berbahasa Inggris. Oleh sebab itu, kursus bahasa Inggris menjadi jalan alternatif bagi mereka yang ingin ikut bersaing di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat.

Tidak heran jika kini masyarakat dari kursus bahasa Inggris tidak hanya ditempati oleh golongan kelas atas karena lembaga kursus pun ingin memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa.

Kini telah tersedia tempat kursus bahasa Inggris murah yang menawarkan kelas intensif bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau. Eits, tapi meskipun murah bukan berarti kualitas yang diberikan kurang ya.

Inilah yang menjadi tugas kamu untuk menyeleksi tempat kursus bahasa Inggris murah tapi berkualitas. Perkembangan teknologi ini selain memiliki manfaat juga ada saja hal negatifnya karena memberi kesempatan untuk orang yang ingin berbuat jahat.

Jadi, jangan asal pilih yang murah saja karena umumnya ada saja pihak yang memanfaatkan momen ini untuk hal buruk. Misalnya, ternyata lembaga kursus tersebut tidak mendukung proses belajar. Atau parahnya lagi jika ternyata lembaga kursus itu bodong alias tidak ada wujudnya.

Memang bagaimana cara mengetahui suatu lembaga kursus bahasa Inggris murah tapi berkualitas? Adakah parameter yang bisa digunakan untuk mengukur kualitas suatu lembaga kursus? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Perhatikan Hal Ini Untuk Mengetahui Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berkualitas

Jika pertanyaan sebelumnya menyebut kata parameter sebagai alat untuk mengukur kualitas lembaga kursus. Jawabannya tidak ada. Sebetulnya ada akreditasi yang ditujukan untuk Lembaga Kursus dan Pelatihan. Namun, hal ini tidak bisa sepenuhnya dijadikan bahan acuan.

Artinya, kamu harus memeriksa secara mandiri kualitas lembaga kursus yang kamu incar. Setidaknya, suatu lembaga kursus bahasa Inggris harus memenuhi beberapa hal di bawah ini untuk dapat dikatakan berkualitas.

 

1. Program belajar jelas dan terstruktur

Program belajar jelas dan terstruktur

Hal pertama yang akan dituju oleh calon peserta adalah program belajar yang diberikan oleh lembaga kursus. Meskipun dengan biaya yang terjangkau, tempat kursus harus mampu memenuhi hak peserta untuk mendapat ilmu secara maksimal.

Program belajar meliputi jumlah pertemuan setiap minggunya serta durasi setiap pertemuan tersebut. Program yang jelas dan terstruktur akan menunjukkan bahwa lembaga kursus tersebut betul berjalan.

Selain masalah waktu pertemuan, sistem yang digunakan oleh lembaga kursus juga termasuk dalam program belajar. Lembaga kursus bahasa yang berkualitas akan mengedepankan pemahaman pesertanya dengan melakukan praktik.

Dalam pembelajaran bahasa asing, praktik lebih diutamakan agar peserta terlatih berbicara dan menulis dalam bahasa tersebut. Tidak terkecuali untuk bahasa Inggris yang kini telah banyak digunakan secara lisan maupun tertulis oleh masyarakat Indonesia.

 

2. Pengajar profesional dan berpengalaman

Pengajar profesional dan berpengalaman

Poin ini jelas harus terpenuhi. Lembaga kursus bahasa Inggris yang berkualitas akan menempatkan guru atau pengajar profesional demi menunjang kemampuan bahasa Inggris pesertanya.

Kamu bisa mencari testimoni para alumni lembaga kursus pilihanmu untuk mengetahui pengalaman mereka selama belajar di sana. Biasanya, akan ada testimoni yang menyebutkan guru di lembaga itu.

Semakin banyak testimoni yang kamu temukan, maka semakin bagus kualitas pengajar di lembaga kursus tersebut. Atau jika kamu mengenal secara langsung alumni di lembaga itu, jangan ragu untuk bertanya.

Untuk lembaga kursus yang telah terverifikasi berkualitas, justru akan menampilkan profil guru mereka untuk memudahkan calon peserta dalam memeriksa kualitasnya.

 

3. Fasilitas yang mendukung proses belajar

Fasilitas yang mendukung proses belajar

Fasilitas pertama yang memenuhi standar kursus bahasa Inggris berkualitas adalah ruang kelas. Kamu bisa mencari informasi berapa jumlah peserta dalam satu kelasnya. Tujuannya adalah untuk memastikan kamu bisa fokus mengikuti kursus dengan baik.

Terkadang ada lembaga kursus bahasa Inggris yang berisikan 30 lebih orang dalam satu kelas karena minimnya ruang kelas yang mereka punya. Hal itu jelas tidak ada bedanya dengan sekolah formal pada umumnya yang memiliki 30-40 murid dalam satu kelas.

Padahal tujuan peserta mengikuti kursus adalah agar bisa belajar dengan fokus, sehingga dapat menyerap materi dengan lebih baik.

Berhubungan dengan materi pembelajaran. Terdapat fasilitas lain yang harus dipenuhi guna mendukung proses belajar, yaitu buku panduan yang umumnya berisikan materi pembelajaran serta latihan soal.

Saat ini banyak yang menyediakan buku dalam bentuk softcopy atau pdf untuk memudahkan peserta dalam mengakses, sehingga kamu dapat belajar dimana dan kapan saja. 

Buku panduan belajar yang baik adalah berisi materi yang berurutan, sehingga tidak membingungkan peserta yang mempelajarinya.

Akan jauh lebih baik apabila latihan soal diberikan di akhir bab. Hal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman peserta pada bab tersebut sebelum masuk ke bab berikutnya. 

Perlu diketahui bahwa yang namanya fasilitas tidak terbatas hanya pada hal-hal berwujud kebendaan saja, seperti ruang kelas atau buku. Service atau pelayanan yang diberikan oleh pihak lembaga kursus juga termasuk fasilitas.

Beberapa lembaga kursus bahasa Inggris memberikan layanan konsultasi dengan para konselor. Sebagian yang lain menawarkan layanan evaluasi bersama kedua orang tua untuk melaporkan hasil belajar peserta.

Keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. Pilihan ada di tanganmu untuk menentukan layanan mana yang lebih menguntungkan.

Dengan bergabung bersama Eduversity, kamu akan mendapatkan kedua layanan itu loh. Eduversity memberikan layanan konsultasi dimana kamu bisa bertanya banyak hal seputar materi atau hal lain di luar itu. 

Misal kamu ingin kuliah di luar negeri, kamu bisa dapatkan info beasiswa dan cara kuliah di luar negeri dengan berkonsultasi. Informasi mengenai biaya hidup juga bisa kamu tanyakan pada para konselor yang berpengalaman tinggal di sana. Menarik, kan?

Kamu juga bisa meminta laporan hasil belajar yang dapat kamu gunakan sebagai media evaluasi diri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu.

Look! Meskipun kursus bahasa Inggris murah, tapi bukan berarti kualitasnya juga murahan. Jika bisa memilih yang kursus bahasa Inggris murah dan berkualitas, kenapa harus cari yang mahal?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buruan daftar ke Eduversity untuk kursus bahasa Inggris murah dengan kualitas terbaik. Cek info selengkapnya di www.eduversity.co.id atau dengan mengisi form di bawah ini.