Bahasa Inggris saat ini menempati posisi sebagai bahasa internasional dan menjadi alat komunikasi terbaik saat berada di luar negeri. Oleh sebab itu, kini kursus bahasa Inggris banyak diserbu oleh masyarakat Indonesia.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Selain karena posisinya sebagai bahasa internasional, perkembangan zaman dan globalisasi semakin mendukung penggunaan bahasa Inggris dalam setiap aspek kehidupan manusia. 

Bidang ekonomi, politik, di tingkat internasional jelas telah menggunakan bahasa Inggris. Bahkan bisa dikatakan bahwa bahasa Inggris telah masuk sebagai gaya hidup masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Terbukti dengan banyaknya kata bahasa Inggris yang diserap atau digunakan oleh generasi muda. Seringkali ditemukan mereka mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Khusus untuk kamu yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri, pastinya sudah tahu betul bahwa terdapat satu syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar ke perguruan tinggi, yaitu sertifikat yang menunjukkan kemampuan bahasa Inggris.

Terdapat standar yang ditentukan oleh setiap perguruan tinggi atau pihak penyelenggara beasiswa. Tentunya kamu ingin mendapat nilai di atas standar tersebut bukan agar meningkatkan peluang diterima.

Nah, salah satu cara agar bisa mencapai skor atau nilai yang maksimal adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Saat ini, telah banyak lembaga bahasa yang membuka kursus bahasa Inggris untuk umum.

Kursus bahasa Inggris tidak terbatas hanya untuk para pelajar. Bagi masyarakat umum yang mungkin ingin bekerja di luar negeri atau sekedar ingin meningkatkan kemampuan bahasanya, bisa mengikuti kursus bahasa Inggris.

Sampai di sini, sudah paham mengapa kursus bahasa Inggris diperlukan? Untuk dapat lebih memahami apa saja manfaat yang akan dirasakan ketika mengikuti kursus bahasa Inggris, simak uraian di bawah ini.

 

5 Manfaat Kursus Bahasa Inggris

Eduversity telah merangkum 5 manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti kursus bahasa Inggris. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kursus bahasa Inggris tidak hanya diperuntukkan bagi para pelajar.

Related Articel  Kupas Tuntas IELTS Score dan Sistem Penilaiannya

Jika kamu, para pekerja atau ibu rumah tangga, tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Uraian berikut ini akan menjelaskan manfaat kursus bahasa Inggris secara umum. 

 

1. Memperdalam Skill Berbahasa Inggris

Memperdalam Skill Berbahasa Inggris

Satu hal yang pasti kamu dapatkan dengan mengikuti kursus bahasa Inggris adalah kemampuan berbahasa Inggris yang semakin meningkat.

Jika sebelumnya di sekolah kamu bisa membaca teks berbahasa Inggris atau mampu mengerti pembicaraan dalam bahasa Inggris. Dengan mengikuti kursus, kamu akan terlatih untuk menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Dalam suatu kursus bahasa, kamu pasti akan diminta untuk tampil percaya diri dan mempraktikkan apa yang diajarkan dalam kelas. Ketika belajar bahasa, praktik berbicara adalah hal terpenting.

Nah, hal itulah yang umumnya tidak akan kamu dapatkan di pendidikan formal seperti sekolah karena keterbatasan waktu.

Lain halnya jika kamu mengikuti kursus. Para guru pasti akan memintamu untuk mencoba berbicara dan menulis. Praktik, praktik, dan praktik.

Hal ini diperlukan untuk mengasah dan memperdalam skill mu hingga kamu fasih berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.

 

2. Memperluas Koneksi

Memperluas Koneksi

Bahasa Inggris disebut sebagai lingua franca. Artinya, bahasa Inggris telah disepakati dan ditetapkan sebagai bahasa internasional, sehingga dapat diterima dan digunakan secara global. 

Dengan mengikuti kursus, kamu pasti akan lebih mahir dan menguasai bahasa Inggris. Kemampuan ini dapat mengantarkanmu untuk memperluas koneksi atau jaringan pertemanan.

Melalui jejaring sosial media, kamu bisa bertemu dengan orang di seluruh dunia. Dari ujung barat, timur, utara, hingga selatan kamu bisa menemukannya berkat kecanggihan teknologi tersebut. 

Nah, kalau kamu sudah mahir menggunakan bahasa Inggris, kamu dapat berkomunikasi dengan mereka dan menjalin pertemanan. 

Beberapa orang bahkan bisa bertemu jodohnya loh berkat kemampuan mereka berbahasa Inggris, sehingga dapat bertukar pikiran, dan melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Related Articel  3 Perbedaan TOEFL dan IELTS, Apa Saja Itu?

Menarik, bukan? Dari mengikuti kursus bahasa Inggris, hingga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Eh, ketemu jodoh yang ternyata warga negara asing.

 

3. Meningkatkan Peluang Kerja atau Kuliah di Luar Negeri

Meningkatkan Peluang Kerja atau Kuliah di Luar Negeri

Sebelumnya telah dijelaskan secara singkat bahwa terdapat sertifikat yang menunjukkan kemampuan bahasa Inggris sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan atau mendaftar pekerjaan di luar negeri.

Peluang untuk diterima kerja atau kuliah di luar negeri akan meningkat jika nilai sertifikat tersebut lebih dari standar yang telah ditetapkan. Untuk itu, lembaga kursus bahasa Inggris ramai didatangi oleh mereka yang akan mendaftar kerja atau melanjutkan studinya ke luar negeri.

Mengapa demikian? Karena mereka percaya bahwa skor yang didapatkan akan jauh lebih tinggi jika mengikuti kursus. Sistem pembelajaran dan latihan yang diberikan selama kursus akan membantumu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

 

4. Melebarkan Sayap Bisnis

Melebarkan Sayap Bisnis

Ekonomi merupakan salah satu bidang kehidupan yang cukup banyak terdampak gelombang globalisasi dan penggunaan bahasa Inggris.

Istilah-istilah dalam bidang ekonomi, seperti kripto, investasi, kurs, dan lain sebagainya merupakan kata serapan dari bahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh negara Amerika yang berbahasa Inggris sebagai penggerak perekonomian dunia.

Tidak heran jika poros pengusaha Indonesia dalam menjalankan bisnis adalah Amerika Serikat. Oleh sebab itu, jika ingin meningkatkan bisnismu, tingkatkanlah kemampuan berbahasa Inggrismu terlebih dahulu.

Solusinya bisa dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Merogoh beberapa ratus ribu rupiah bukan hal yang sulit jika nantinya kamu akan mendapat ganti jutaan bahkan ratusan juta karena berhasil menarik investor atau konsumen dari berbagai penjuru dunia.

Setelah menguasai bahasa Inggris, kamu dapat menyusun proposal dan mempresentasikannya di depan investor asing menggunakan bahasa Inggris dengan baik, sehingga para investor tertarik untuk menanamkan saham pada bisnismu.

Related Articel  Tempat Kursus IELTS di Jakarta Terbaik untuk High Score

Penguasaan bahasa Inggris juga akan mendukungmu untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran secara global dengan target konsumen internasional. 

 

5. Bepergian ke Luar Negeri Tanpa Was-Was

Bepergian ke Luar Negeri Tanpa Was-Was

Tantangan terbesar masyarakat Indonesia jika ingin ke luar negeri selain perihal finansial adalah bahasa. Banyak yang ragu untuk pergi liburan ke luar negeri meskipun dana tersedia.

Alasan pertama adalah karena tidak ada orang yang dikenal dan bisa diajak bicara. Kedua, takut tersesat atau di negeri orang. Dua alasan tersebut muncul karena tidak menguasai bahasa Inggris yang berstatus sebagai bahasa internasional.

Berbeda dengan kamu yang telah mengikuti kursus bahasa Inggris. Keraguan dan ketakutan itu akan hilang karena kamu mampu berkomunikasi dengan warga lokal di negara tersebut.

Alhasil kemungkinan kamu akan tersesat akan minim karena kamu bisa bertanya kepada mereka dan bisa beradaptasi dengan mudah karena bahasa bukan lagi menjadi permasalahan untukmu.

Jadi, tak perlu lagi risau jika ingin pergi ke luar negeri. Kamu bisa berkelana kemana saja asalkan telah mengantongi bahasa Inggris.

Di era globalisasi seperti ini, menguasai bahasa Inggris seakan menjadi hal wajib bagi setiap individu agar dapat terus berkembang dan tidak ketinggalan informasi tentang apa yang terjadi di seluruh dunia.

Pastikan kamu bergabung dengan lembaga kursus bahasa yang bisa memberikan pengalaman terbaik. Eduversity merupakan lembaga yang menyediakan kursus bahasa Inggris terbaik di Jakarta.

Untuk dapat menikmati 5 manfaat yang telah disebutkan di atas dan bisa lebih update dengan perkembangan dunia, bergabunglah dengan kursus bahasa Inggris terbaik.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, perdalam kemampuan bahasa Inggris kamu bersama Eduversity. Kunjungi website kami di www.eduversity.co.id atau mengisi form di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.