Tes kemampuan dalam berbahasa Inggris tak melulu soal TOEFL atau IELTS. Nama GMAT mungkin akan sedikit asing di telinga.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Padahal sertifikat dan skor terbaik saat ujian GMAT adalah pegangan dan kunci utama bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan kuliah di luar negeri khususnya jurusan manajemen.

GMAT atau Graduate Management Admission Test sejatinya memang mirip dengan TOEFL atau IELTS yang menguji kemampuanmu dalam menjawab soal yang berbahasa Inggris. Namun kamu akan menemukan sebuah perbedaan saat memilih mengikuti ujian GMAT.

Jika TOEFL dan IELTS lebih mengedepankan skill reading, listening, writing dan speaking yang ke semuanya hanya mengandung unsur kebahasaan, maka berbeda dengan struktur soal yang akan kamu hadapi dalam ujian GMAT.

Sesuai namanya, ujian GMAT hanya diperuntukkan bagi kamu yang akan melanjutkan S2 di Negara berbahasa Inggris, dengan melewati ujian yang bukan hanya membahas struktur kebahasaan, namun juga berikan soal logika matematika didalamnya.

Kuantitas Soal ujian GMAT

Kuantitas Soal ujian GMAT

Sebagai informasi tambahan, dengan durasi waktu sepanjang 3,5 jam berikut beberapa jenis soal yang akan kamu hadapi saat mengikuti ujian GMAT:

Quantitative Reasoning

Pada bagian soal ini kamu akan dihadapkan dengan soal matematika yang berisikan materi aljabar, geometri, hingga aritmatika. Waktu yang diberikan hanya berkisar 75 menit. 

Dan didalamnya kamu harus mengerahkan kemampuanmu dalam menganalisa data dan menggunakan penalaran dengan baik dalam rangka menarik kesimpulan dari soal-soal yang telah diberikan.

Integrated Reasoning

Sesi penalaran terpadu atau integrated reasoning akan menyajikan soal dengan jumlah 12 buah dengan format soal berupa, two part analysis, table analysis, graphic interpretation, hingga multi resource reasoning.

Tiga puluh menit waktu diberikan untuk menjawab semua soal-soal tersebut, dan disinilah kemampuanmu dalam memahami dan mengevaluasi sebuah informasi yang disajikan dalam bentuk data akan diukur.

Analytical writing 

Tak banyak soal pada sesi ini, satu soal untuk tiga puluh menit waktu pengerjaan. Terlihat mudah namun bentuk soalnya adalah essay. Tugasmu sebenarnya adalah diminta untuk menganalisis dan memberikan argumentasi dari satu soal yang disajikan.

Verbal reasoning

Sesi ini menyajikan 41 soal berbentuk pilihan ganda. Hampir mirip seperti soal structure pada ujian TOEFL yang mengukur seberapa besar pemahaman yang kamu miliki terhadap penerapan grammar dalam satu kalimat atau tulisan. Sesi ini akan berlangsung selama 75 menit.

Semua soal-soal diatas telah sedemikian rupa disusun oleh para profesional yang menguji tes GMAT yang berasal dari lembaga khusus dan akan secara full dikerjakan dengan CAT (Computer Adaptive Test).

Skor yang akan kamu dapatkan dalam tes GMAT berkisar antara 200-800, dimana sertifikat atau skor tersebut hanya berlaku selama 5 tahun.

Karena soal-soal GMAT didesian untuk kalangan mahasiswa tingkat S2, maka tingkat kesulitannya pun akan melebihi tes Bahasa Inggris yang lainnya, bukan hanya karena terdapat tambahan materi rumusan matematika didalamnya. 

Tetapi juga disebabkan level Bahasa inggris tingkat tinggi yang akan kamu hadapi. Para alumni dari tes ini banyak menyatakan bahwa, kemampuan Bahasa Inggris yang sesungguhnya adalah dimiliki oleh orang yang berhasil mencapai skor yang baik pad ujian GMAT.

Soal matematika yang kalian hadapi, jangan harap sama bentuknya dengan soal aljabar, geometri, atau aritmatika yang banyak ditemukan dalam pelajaran SMA atau tingkat lanjutannya. 

Related Articel  6 Tempat Kursus IELTS Jakarta Terbaik, Mana Pilihanmu?

Soal-soal tersebut diperuntukkan demi mengukur kesanggupan peserta dalam menghadapi soal yang tak jauh beda dan lebih diperdalam saat sudah memasuki universitas yang dituju. Jurusannya pun manajemen atau bisnis yang jelas tidak akan jauh dari matematika.

Saat ini telah ada lebih dari 2.300 jurusan pascasarjana dan universitas yang mempersyaratkan sertifikat GMAT bagi para calon mahasiswanya.

Di Indonesia sendiri masih minim lembaga kursus yang menyediakan program persiapan ujian GMAT padahal kebutuhannya sangat tinggi.

Kriteria Tempat kursus GMAT Jakarta yang Berkualitas

Tempat kursus GMAT Jakarta

Karenanya, mari ketahui lembaga kursus seperti apa yang kamu butuhkan demi mendukung persiapanmu dalam menghadapi GMAT:

Waktu rasional dan berorientasi pada proses

Jangan pernah tergiur pada jaminan waktu yang singkat dan tidak terdengar logis. Misalnya jaminan satu bulan lulus ujian GMAT, tanpa pengalaman lebih terlepas dari seberapa bagusnya tempat kursus Gmat Jakarta tersebut, tetap yang menjadi andalan adalah kemampuanmu sendiri.

Peran dari tempat kursus sendiri sejatinya adalah membuka celah dan memudahkanmu dalam mempelajari berbagai jenis soal dan kiat-kiat mudah dalam menanganinya. 

Bayangkan dengan soal setingkat GMAT, kamu hanya belajar dalam kurun waktu satu bulan, jika kita bandingkan usahamu bahkan masih dibawah siswa SMA yang berusaha dalam menaklukkan soal SBMPTN.

Idealnya waktu persiapan GMAT akan kamu lalui selama tiga hingga enam bulan. Kenapa lebih lama dari tes Bahasa inggris lainnya? Karena sekali lagi, bukan hanya Bahasa Inggris yang menjadi mata ujiannya.

Maka dari itu, kamu perlu mematangkan kemampuan dalam analisa logika matematika yang tentu tidak mudah.

Tempat kursus yang berkualitas adalah yang mempercayai proses, saat prosesnya kamu banyak melatih dirimu dalam menghadapi soal simulasi GMAT yang disediakan tempat kursus, maka kesempatan dalam mendapatkan skor yang baik akan lebih besar.

Keseimbangan antara materi dan latihan soal

Jangan lupakan bahwa sebanyak apapun materi yang kamu terima setiap harinya, perlu diterapkan dalam bentuk latihan soal. Hal ini penting untuk mengukur seberapa pahamnya kamu terhadap semua materi yang diberikan.

Hasil daripada latihan soal tersebut dapat kamu jadikan bahan evaluasi mengenai dimana letak soal yang begitu sulit dipecahkan.

Dari sana pun kamu bisa mengetahui mana soal yang bisa dengan lancar kamu kerjakan.

Latihan soal ini biasanya dibuat dengan mengikuti sistem semi yang menjadi acuan pelaksanaan ujian GMAT sungguhan. Sehingga atmosfer ujian yang sebenarnya dapat kamu rasakan. 

Pelatihan mental seperti ini akan banyak mendukung perkembanganmu, kamu tidak akan lagi takut, panic atau tremor lagi saat berada dalam ruangan ujian yang sebenarnya nanti. Karena telah terbiasa dengan atmosfer dan sistemnya di tempat kursus dulu.

Kelas dengan jumlah murid yang ideal

Ingat, tidak semuanya akan berjalan baik saat mengutamakan kuantitas.

Saat sekolah dulu pasti kamu sering mendengar label “kelas atau pasar” yang dicanangkan pada kelas yang terkenal berisik, karena massa yang terlalu banyak sehingga sangat sulit dikendalikan.

Hal ini tentunya akan mengganggu produktivitas belajarmu, apalagi jika selama kelas lebih besar terdengar kegaduhan dibandingkan dengan diskusi forum atau pembahasan soal. Banyaknya kuantitas ini juga berpengaruh pada kinerja tenaga pengajar di tempat kursus.

Related Articel  6 Rekomendasi Tempat Kursus SAT Jakarta, Yuk Daftar

Pengajar kursus bukan hanya sekadar memberi materi, menjelaskan, atau memberi pekerjaan rumah saja.

Mereka juga diharuskan untuk mengetahui karakter dari setiap siswanya. Hal ini dilakukan demi memberikan jenis pembelajaran yang baik pada siswa.

Bayangkan saat cas terlalu dipenuhi massa dengan berbagai cara belajar dan keluhan yang berbeda, kelas persiapan GMAT akan berubah menjadi kelas bimbingan konseling.

Dan tentunya menurunkan kinerja para tenaga pendidik yang serba salah jika hanya menggunakan beberapa metode yang belum tentu sesuai dengan seluruh siswanya.

Memiliki strategi mumpuni

Mengingat terbatasnya waktumu untuk belajar, belum lagi jika ditambah kegiatan padat yang kemungkinan padatnya kegiatan tersebut bisa saja membuatmu stress dengan berbagai tekanan.

Maka tempat kursus Gmat Jakarta perlu menyediakan media pembelajaran yang memperhatikan kondisi psikis.

Selain konsultasi diluar kelas, program belajar juga perlu dilakukan dengan membuat siswa merasakan bahwa belajar bukanlah satu tekanan, melainkan jalan untuk mencapai kemenangan.

Setiap hal besar yang dilakukan dengan penuh kegembiraan dan tanpa tekanan akan baik pula hasilnya.

Berapapun besar dan tinggi impianmu, jika tidak memiliki strategi dan tidak pandai mengambil peluang, maka kesempatan akan semakin terkikis.

Jika tempat kursus pilihanmu memiliki system ini, maka pengajar, fasilitas dan materi yang menjadi acuan tidak lagi diragukan.

Karena bukan hanya perihal kuantitas murid, mereka lebih memperhatikan bagaimana ilmu tersalurkan dengan baik.

Bagaimana caranya supaya para siswa bisa dating setiap hari dengan semangat, dan tidak menyambut tiap latihan soal atau semacamnya dengan keluhan melainkan dengan spirit yang baru.

Cari Tempat Kursus GMAT Jakarta dengan berbagai jenis bahan ajar

Bukan hanya buku, beberapa jenis orang membutuhkan media yang lebih interaktif untuk mendukung belajarnya. Format materi seperti ebook akan sangat membantu para siswa yang tidak bisa lepas dari gadget saat belajar.

Atau format lainnya seperti video learning. Sangat membantu, karena dapat di putar ulang sebanyak yang kamu mau, kapanpun, dan dimanapun.

Sehingga berbagai pertanyaan yang muncul saat mengerjakan latihan soal bisa terpecahkan dengan analisismu sendiri melalui video learning.

Ingat, ada harga ada kualitas. Dengan beragamnya bentuk pembelajaran yang kamu dapat mungkin akan menambah biaya, tapi pastikan kamu mendapat perkembangan yang signifikan selama menjalani kursus.

Tempat-tempat kursus pada umumnya akan menawarkan berbagai paket pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Misalnya paket A hanya program kursus dengan harga 500.000 rupiah perbulannya.

Harganya akan berbeda dengan paket B yang terdiri dari program kursus dan akses video pembelajaran yang jika kamu memilihnya, kamu akan membayar tambahan biaya sebesar 300.000 rupiah misalnya. Adapula paket lainnya yang lebih kompleks dengan tambahan modul berkualitas misalnya.

Program kursus, ditambah dengan akses video pembelajaran, dan ditopang lagi dengan modul dari penerbit berkualitas juga akan menambah biaya tentunya, misalnya untuk mendapatkan paket tersebut kamu harus menyiapkan uang tambahan 500.000 lebih tinggi dari harga asli.

Tentunya, jika cara dan proses pembelajarannya yang bagus dan mendukung. Semua yang kamu batalkan tersebut tidak akan sia-sia dan hasil yang baik akan berpihak padamu. 

Related Articel  Butuh Referensi Contoh Soal IELTS? Ada Di Sini!

Dan jika kamu beruntung, kamu akan menemukan tempat kursus yang menyediakan akses gratis terhadap materi-materi tersebut. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Jaminan garansi

Dengan pemberian jaminan garansi, kamu akan mendapatkan kepastian kualitas dari tempat kursus tersebut.

Karena, tempat kursus yang diberikan amanat untuk mengajarimu, akan berusaha keras menemukan cara pengajaran yang baik untukmu

Demi keberlangsungan pembelajaran di tempat kursus. Mereka pula akan meningkatkan performanya dalam menemukan titi terbaik pengetahuanmu dan mengubah kelemahan menjadi pendorong dan penyemangat untuk terus berlatih.

Garansi yang biasanya kamu dapatkan di tempat kursus adalah, jaminan skor, target level tertentu dalam ujian Bahasa atau lulus beasiswa.

Dalam mempersiapkan kursus GMAT Jakarta maka yang kamu butuhkan adalah tempat les dengan jaminan skor yang baik dan meloloskanmu di universitas tujuan.

6 Daftar Rekomendasi Tempat Kursus GMAT Jakarta Terbaik

Rekomendasi Tempat Kursus GMAT Jakarta Terbaik

Sebenarnya ada banyak tempat kursus GMAT Jakarta akan tetapi Kami merekomendasikan keenam tempat kursus GMAT Jakarta terbaik yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Westwood Prep

Westwood Prep adalah satu dari list tempat kursus terbaik yang bisa kamu ikuti. Bagi kamu yang menginginkan skor terbaik dalam ujian TOEFL, Westwood Prep akan membantumu meraihnya.

Westwood Prep memiliki puluhan tenaga pengajar yang telah tersertifikasi, tenaga pengajar di dalamnya sangat berpengalaman dan patut diapresiasi kinerjanya.

2. Maxfield Review

fasilitas dan metode pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan analitis siswa menjadi salah satu keunggulan dari lembaga kursus ini. Kelas yang beragam bisa kamu pilih menurut kemampuan dan gaya belajarmu.

3. Avana Education

Tempat kursus ini adalah jawaban bagi dilema yang kamu hadapi dalam menghafal kosakata atau mungkin struktur kata dalam bahasa Inggris.

Pasalnya, metode pengajaran yang interaktif, modern dan unik membuatmu seolah lupa bahwa kamu sedang mempelajari runtutan struktur grammar yang seringkali dianggap sulit. Kalau ada yang mudah kenapa mengambil jalan sulit?

4. Westwork.id

Memilih Westwork sebagai tempatmu mempelajari bahasa Inggris, akan mengubah pandanganmu terhadap kesulitan belajar bahasa Inggris. tidak ada kata sulit dalam kamus mu saat bergabung dan belajar bahasa Inggris di Westwork

5. Studiva.com

Salah satu faktor penting yang mendukung mu dalam lancar berbahasa Inggris adalah komitmen untuk belajar. Seperti itu pula hal yang diterapkan dalam lembaga kursus ini.

Komitmen dalam pembimbingan, dan memastikan bahwa kamu tidak akan kecewa dengan hasil dan skor yang kamu dapatkan kelak tentunya menjadi visi tersendiri dari lembaga kursus ini.

6. Virtu Education

Virtu Education adalah lembaga kursus yang sudah sangat luas dikenal di Indonesia. bahkan program yang mereka miliki bukan hanya berkaitan dengan bahasa Inggris.

Kursus GMAT yang tergolong masih sedikit jumlahnya dapat kamu temukan dan pelajari disini. Di luar itu, Virtu Education juga memiliki program berbagi bahasa lainnya seperti kursus bahasa Jerman hingga Perancis.

Dan jika kamu menginginkan tempat kursus Gmat Jakarta dengan kriteria di atas di area Jakarta, maka segera daftarkan dirimu dengan mengklik banner diatas ini.

Semoga bermanfaat dan jika Anda membutuhkan tempat kursus bahasa Inggris bisa klik disini.