Kursus SAT – Sertifikat lulus ujian SAT (Scholastic Aptitude Test) menjadi salah satu tahap yang harus dilewati bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan studi baik dalam program sarjana maupun pascasarjana di beberapa negara seperti Amerika, Ingris, Singapura, dan Kanada.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Jika tes TOEFL berorientasi pada skill kemampuan berbahasa Inggris, maka SAT ini lebih mengedepankan program untuk mengasah kemampuan peserta dalam mendalami materi pembelajaran yang kan muncul dalam ujian SAT.

Ya, materi ujian adalah mata kuliah yang akan kamu hadap diperkuliahan nanti.

Ujian SAT pada mulanya diperuntukkan bagi para tentara dan calon tentara Amerika Serikat yang pada awalnya digunakan sebagai tes IQ.

SAT sebagai ujian standar mulai wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa di Amerika Serikat sejak tahun 1940.

Sepeti TOEFL, IELTS, dan GRE test SAT juga berada dibawah naungan ETS (Educational Testing System), sehingga semua peraturan, materi, mekanisme, hingga penilaian dalam pelaksanaan tes SAT menjadi tanggung jawab dari pihak ETS.

Mengenal Materi Ujian SAT

kursus sat jakarta

Bagaimana dengan materi ujian? Apakah soal ujian SAT sama bentuknya seperti ujian yang lain?

Sejatinya, materi ujian SAT meliputi evidence based reading and writing, tes menulis dan Bahasa, matematika, dan juga essay.

Untuk ujian essay sendiri sistemnya bersifat opsional, tergantung pada universitas tujuanmu, apakah menerapkan essay sebagai salah satu materi ujian atau tidak. 

Waktu pengerjaan ujian SAT umumnya adalah 3 jam tanpa jeda, namun jika kamu mengambil materi essay maka mendapat waktu tambahan selama 50 menit. Rincian daripada materi ujian tersebut adalah:

Reading test

Reading test pengerjaannya dilakukan selama 65 menit dengan pertanyaan sejumlah 52 buah dan sistemnya pilihan ganda/multiple choice.

Dalam materi ini kamu akan menghadapi soal dalam bentuk bacaan yang diberikan guna mengetahui keahlian dan pengetahuan yang telah kamu pelajari selama pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Soal-soal tersebut dibuat untuk mengukur kesanggupan peserta dalam mengikuti perkuliahan kelak. Mekanisme yang harus kalian lakukan pertama adalah membaca bahan ujian dan berbagai bentuk grafik yang terdapat pada bagian soal.

Tes menulis dan Bahasa

Dalam tes ini diberikan waktu 35 menit untuk menjawab 44 pertanyaan pilihan ganda.

Dalan writing and language test section ini kamu akan dihadapkan dengan sebuah bacaan dalam Bahasa Inggris.

Perlu untuk dibaca secara cermat, untuk kemudian kamu harus menemukan kesalahan dalam kalimat tersebut. Setelah itu memperbaikinya.

Related Articel  Review 6 Tempat Kursus GRE Jakarta Terbaik & Terpercaya

Sesi ini sangat bergantung pada kemampuanmu menysundan merangkai kata berbahasa inggris dengan grammar dan vocabulary yang baik dan sesuai dengan struktur yang biasa digunakan.

Tes matematika

Dalam tes ini kamu akan dihadapi dengan 38 buah pertanyaan sifatnya pilihan ganda dan isian singkat dalam waktu 55 menit dengan kalkulator.

Sementara untuk soal tanpa kalkulator terdapat 20 pertanyaan pilihan ganda dan isian dengan durasi waktu 25 menit.

Selain tes kebahasaan, peserta juga akan menghadapi ujian matematika yang terdiri dari dua jenis soal.

Pada soal pertama, peserta diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat bantu hitung lainnya. Sementara untuk jenis soal yang lain tidak diperbolehkan menggunakan alat hitung apapun.

Mengapa diperbolehkan menggunakan kalkulator pada soal jenis pertama? Hal ini disebabkan tingginya tingkat kerumitan soal tersebut.

Sehingga memudahkan para peserta menjawab dan menghitung soal, juga mnghemat waktu daripada mnghitung dengan cara manual.

Sementara itu, bagian soal yang tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator, peserta sudah diberikan dan disediakan daftar rumus matematika yang bisa digunakan untuk menjawab bagian soal tersebut.

Sehingga para peserta tidak lagi perlu menghafal ribuan rumus diluar kepala.

Tes essay

Kembali lagi, essay ini bentuknya opsional. Jika universitas tujuanmu menerapkan essay sebagai salah satu materi ujian yang harus ditempuh maka harus dilaksanakan, sementara jika tidak maka bukan sebuah keharusan.

Mekanisme dalam pengerjaan tes essay adalah pertama membaca materi soal yang tertera.

Kemudian cara pengisiannya adalah dengan menuliskan jawaban yang berisi cara peserta untuk meyakinkan para pembaca melalui tulisan tersebut.

Peserta juga harus memberikan penjelasan pendukung bersamaan dengan bukti yang bisa ditemukan dalam bacaan.

Namun tidak perlu menambahkan pendapat pribadi mengenai opsi setuju atau tidaknya dengan penulis.

Total skor ujian SAT yang bisa kamu dapatkan berkisar antara 400-1600, dimana untuk masing-masing bagian mulai dari tes reading hingga tes matematika bernilai paling rendah 200 dan tertinggi 800. Sementara untuk tes essay memiliki nilai dengan rentang 2 hinga 8.

Skor maksimal yang didapat peserta adalah 2400. Jika kamu berhasil menggapai skor 2000, maka peluang untuk diterima di universitas tujuan sangat besar dan dapat dipastikan terjamin.

Untuk rentang skor aman berada pada angka 1600 keatas, dibawah itu peluangmu akan menjadi sangat kecil.

Apa Sajakah Materi Kursus SAT?

Sebagai bentuk persiapanmu menghadapi ujian SAT, maka perlu untuk mengikuti kursus. Materi kursus pun akan disusun sedemikian rupa sebagai wadah pembelajaran efektif bagi setiap siswa, beberapa materi yang akan kamu dapat di tempat kursus adalah:

  • Introduction to SAT Reasoning Test/Subject Test question format in general
  • Introduction to SAT reasoning Test task format in details and some tricks. 
  • SAT Critical Reading test format on Information Ideas (Deciphering Statements and Identifying Main Ideas and Themes, Summarizing and Paraphrasing, Deciphering Words and Phrases in Context and Interpreting Relationship in Context
  • SAT Critical Reading test format on Rhetoric and Passage Construction (stylistic word choice, test structure, point of view, purpose, claims, evidence, and reasoning)
  • SAT Critical Reading test format on Synthesis (Paired passages and quantitative information)
  • Introduction to SAT Writing Test task format I details and some tricks
  • SAT Writing test format on expression of ideas (content and development, organization and structure, and effective language use)
  • SAT Writing test format on Standard English conventions (sentence structure, conventions of usage and conventions of punctuation)
  • Introduction to SAT Mathematics test task format in details and some tricks
  • SAT Mathematics test task format on Basic Mathematics (Number Properties, Roots and Exponents, Ratio and Exponents, fractions, sets, and Percent
  • SAT Mathematics test task format on algebra (inequalities, simultaneous equations, radical and exponentials, and functions)
  • SAT Mathematics test task format on Geometry (Coordinate geometry and Functions and graphs). Algebra and functions, statistics, probability, and data analysis, number and operations, geometry
  • Introduction to SAT Subject Test task format in details and some tricks
  • SAT Subject test on Mathematics, science, and English, history, and languages. The languages consist of Spanish, French, Chinese, German, Modern Hebrew, Latin, Japanese, and Korean.
Related Articel  6 Rekomendasi Tempat Kursus Gmat Jakarta Terbaik

Dimanakah Tempat Kursus SAT Jakarta Terbaik & Terpecaya?

 

Rekomendasi Tempat Kursus SAT Jakarta Terbaik

Sebagai rekomendasi, dibawah ini tersedia berbagai lembaga kursus SAT Jakarta terbaik dan terpecaya menurut Eduversity, diantaranya:

Westwood Prep

Westwood prep telah banyak dipercaya sebagai lembaga kursus SAT Jakarta dengan kategori yang sangat baik.

Kehadiran native speaker sebagai salah satu tenaga pengajar di sana menjadi poin plus tersendiri bagi keberlangsungan pembelajaran para siswa disana.

Selain SAT, tempat ini juga membuka kelas untuk menghadapi tes yang lain seperti Kursus GMAT,  Kursus TOEIC, Kursus ACT, Kursus IELTS, GED, dan PTE.

Maxfield Review

Dukungan tenaga pengajar dari luar negeri juga bisa kamu dapatkan disini, materi program yang dirancang pun berorientasi pada pembelajaran yang efektif dan efisien dan mengedepankan jaminan kelulusan bagi peserta.

Maxfield review juga menyediakan berbagai metode pembelajaran kursus SAT jakarta unik yang bersifat praktis, diantaranya trik skimming (membaca cepat), memperdalam materi al-jabar, mempelajari cara membuat essay yang efektif, edukatif, dan persuasive.

Avana Education

Salah satu materi ujian SAT adalah tes menulis dan Bahasa atau writing and language test section yang sarat akan grammar dan runtutan kosakata.

Jika kamu adalah tipikla orang yang enggan dan sulit untuk menghafal dan menyusun grammar kursus SAT Jakarta di avana education adalah yang terbaik.

Westwork.id

Kamu masih menganggap grammar, vocab dan ujian subjek seperti matematika yang tersusun dalam soal Bahasa Inggris sangat sulit?

Cobalah untuk bergabung bersama lembaga ini, semua akan berbalik menjadi hal yang sebenarnya sulit hanya dalam pikiran saja.

Mempelajari grammar dan vocab hingga menemukan rumus yang tepat saat ujian atau latihan soal bukan perkara sulit saat kamu bergabung mengikuti kursus ditempat ini. 

Related Articel  Butuh Referensi Contoh Soal IELTS? Ada Di Sini!

Karena Westwork.id terkenal sebagai salah satu tempat kursus yang memberikan materi dengan unsur yang ringan dan berkualitas.

Studiva.com

Studiva bukan hanya memiliki tenaga pengajar dengan profesionalisme dan pengalaman yang luar biasa.

Salah satu faktor pendukung kesuksesan pembelajaran yang seringkali dilupakan adalah fasilitas yang mendukung kondusifitas, efektivitas, dan efisiensi waktu pembelajaran.

Berbagai teknologi yang membangun minat belajar tersebut dimiliki oleh Studiva, jadi tak melulu soal kertas dan pena, tapi juga ebook, gadget dan teknologi lainnya. 

Hal ini berdampak besar pada meningkatkan kemauan belajar dan rasa ingin tahu yang dimiliki siswa.

Virtu education

Kamu mencari tempat les yang dekat dengan rumahmu? Maka virtu education adalah pilihan terbaik.

Lembaga ini sudah membentangkan sayap di beberapa daerah di Indonesia. Buka hanya soal kuantitas, tapi juga kualitas.

Virtu education terkenal dengan berbagai testimoni positif yang berdatangan dari para alumni sebelumnya.

Dimana mereka telah berhasil mencapai target mereka untuk berkuliah di luar negeri dengan sebelumnya mengikuti program bimbingan atau kursus di virtu education.

Segera daftarkan dirimu untuk mengikuti persiapan kursus SAT dengan mengunjungi websitenya dengan mengklik banner diatas ini.