Kursus TOEFL Terbaik di Indonesia untuk Penuhi Syarat Beasiswa  – TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan tes uji kelayakan yang digunakan untuk mengukur kemampuan dasar berbahasa Inggris yang Anda miliki. Ada empat aspek yang akan diuji melalui tes ini, antara lain listening comprehension, structure and written expression, reading comprehension, dan test of written english (TWE).

Beberapa perguruan tinggi di luar negeri menggunakan hasil tes TOEFL sebagai salah satu syarat wajib masuk universitas. Tes TOEFL juga diperlukan bagi Anda yang berminat meneruskan pendidikan di luar negeri program magister dan doktoral dengan mengambil beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang disediakan pemerintah Indonesia.

Sebelum ikut kursus TOEFL, kenali lebih dulu dua jenis TOEFL yang jadi syarat LPDP

Ada dua jenis hasil tes TOEFL yang dibutuhkan untuk mengambil beasiswa LPDP program magister dan doktoral, antara lain:

TOEFL iBT

TOEFL iBT (internet based test) atau yang populer pula dikenal dengan Next Generation (NG) TOEFL diperkenalkan layanan ujian pendidikan dunia, ETS pertama kali pada tahun 2005. Di Indonesia sendiri, TOEFL iBT mulai digunakan sebagai TOEFL test standar internasional yang diakui dunia sejak tahun 2006.

Tes TOEFL iBT dilaksanakan secara online dan terhubung langsung dengan ETS. Materi yang diuji dalam tes ini, antara lain listening, writing, reading dan speaking.

TOEFL ITP

TOEFL ITP (institutional testing program) pada dasarnya merupakan jenis ujian TOEFL terbatas yang hanya digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi tertentu di luar negeri. Hanya beberapa universitas saja dan jenis beasiswa tertentu seperti beasiswa LPDP, AAS (Australia), Fulbright (Amerika) yang membutuhkan hasil tes TOEFL ITP.

Sebab jadi syarat pelengkap, Anda tetap harus memiliki TOEFL iBT.

Kursus TOEFL Terbaik di Indonesia

Kursus TOEFL terbaik di Indonesia

Untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh beasiswa LPDP program magister dan doktoral, serta memperoleh hasil TOEFL yang baik, Anda bisa mengikuti rekomendasi tiga lembaga kursus TOEFL di Indonesia berikut ini:

ELTI

ELTI atau English Language Training International merupakan salah satu lembaga kursus TOEFL terbaik di Indonesia. Lembaga kursus milik grup Kompas Gramedia ini tersebar nyaris di seluruh kota besar di Indonesia.

 

Lembaga Bahasa LIA

Selain ELTI, Lembaga Bahasa LIA juga merupakan tempat kursus TOEFL terbaik yang menawarkan proses pembelajaran menyenangkan dan terarah. Lembaga Bahasa LIA juga dapat ditemukan nyaris di seluruh kota besar di Indonesia.

English First

Ingin memperoleh hasil TOEFL yang memuaskan? Anda bisa mengikuti lembaga kursus TOEFL, English First atau EF. Tempat kursus dengan program belajar bahasa Inggris berkualitas ini juga memiliki banyak cabang nyaris di seluruh kota besar di Indonesia.

Itulah 3 tempat kursus TOEFL terbaik di Indonesia untuk penuhi syarat beasiswa LPDP program magister dan doktoral.