Setiap negara pasti memiliki lambang yang menjadi simbol nasional mereka. Design lambang suatu negara biasanya menggambarkan sejarah, ciri khas, atau rakyat negara tersebut.

Misalnya saja lambang negara Indonesia yang berupa burung Garuda dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika di bagian bawahnya.

 

Garuda sering dikisahkan sebagai lambang dari pengetahuan, kebajikan, kekuatan, keberanian, disiplin, dan kesetiaan. Hal ini untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang yang besar dan kuat.

 

Sedangkan di bagian bawahnya terdapat pita bertuliskan semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

 

Nah, sebagai salah satu negara tertua di Eropa, Jerman juga memiliki lambang negara yang sudah ada sejak ratusan tahun silam.

 

Bahkan lambang negara Jerman termasuk salah satu lambang tertua di dunia. Disebutkan di beberapa referensi bahwa lambang negara Jerman berasal dari akhir abad ke-11.

 

Mengenal Sejarah Lambang Negara Jerman

Mengenal Sejarah Lambang Negara Jerman

Lambang negara Jerman ada sedikit kesamaan dengan Indonesia. Jika lambang Indonesia berupa burung garuda, maka lambang negara Jerman berupa burung elang hitam dengan cakar merah dan paruh merah.

 

Di belakang gambar elang tersebut terdapat background berwarna kuning emas.

 

Lambang negara Jerman dari dulu selalu menggunakan burung elang sebagai simbol utama.

 

Walaupun detailnya selalu berubah-ubah mengikuti rezim yang berkuasa. Misalnya saja pada zaman Nazi berkuasa, gambar burung elang berubah menjadi tengok kanan.

 

Setelah kekuasaan Nazi runtuh, gambar burung elang diubah lagi menjadi tengok kiri dan bertahan hingga hari ini.

 

Ketiga warna (hitam, merah, kuning emas) yang ada pada lambang negara tersebut tersebut sama dengan warna benderanya yang terkenal dengan istilah Schwarz Rot Gold.

 

Lambang ini mulai digunakan oleh Republik Federal Jerman pada tahun-tahun belakangan. Tapi kalau ditarik ke belakang, sejarah dari lambang negara Jerman ini berasal dari zaman Romawi.

 

Bagi suku-suku kuno di Jerman masa itu, elang adalah lambang dari burung dewa odin. Sedangkan bagi orang Romawi, elang biasa diartikan sebagai lambang kaisar atau yang tak terkalahkan.

 

Tidak hanya sebagai lambang negara, burung elang juga dipakai pada uang logam dan seragam olahraga tim nasional Jerman. Uang koin satu Euro dan dua Euro muncul dengan gambar elang.

 

Penggunaan elang pertama kali yang tercatat dalam sejarah adalah dalam bentuk koin yang dicetak antara tahun 1172 dan 1190 di Maastricht (sekarang masuk wilayah Belanda).

 

Saat itu, lambang elang tidak hanya digunakan kaisar Jerman saja. Beberapa bangsawan seperti Pangeran Saarwerden dan Henneberg, Dukes of Austria, Raja-raja dari Bohemia, dll juga menggunakan elang di lengan sebagai simbol kekuatan mereka.

 

Sedangkan asal-usul dan makna dari penggunaan warna hitam, merah, kuning emas tidak diketahui dengan pasti.

 

Karena ini sudah diwariskan turun-temurun dan diperkirakan tidak berubah dari masa ke masa.

 

Setiap masa kekuasaan di Jerman memiliki sejarahnya sendiri-sendiri. Mereka pernah mengalami masa terpuruk dan juga kejayaan. Bahkan mereka sempat terpecah menjadi Jerman barat dan Jerman timur, namun akhirnya bersatu untuk membentuk negara yang kuat.

 

Berapakah Jumlah Penduduk Jerman?

Berapakah Jumlah Penduduk Jerman?

Pada survei tahun 2021 akhir, jumlah penduduk Jerman mencapai lebih dari 83,24 juta orang. 

 

Karena kemajuannya di berbagai sektor, penduduk Jerman bisa menikmati standar kualitas hidup yang sangat tinggi. Mereka bisa hidup dengan sangat layak, apapun profesi yang dijalani.

 

Salah satu faktor utama yang menyebabkan negara Jerman maju adalah kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan dari pendidikan Jerman.

 

Sistem pendidikan yang ada di Jerman memungkinkan seseorang bisa berkarya di bidang yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Akibatnya, Jerman selalu unggul di bidang apapun.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai sejarah lambang negara Jerman dan jumlah pendudukanya, dan apabila Anda berminat untuk kerja di Jerman maupun berangkat kuliah di Jerman maka bisa mempersiapkannya di tempat kursus bahasa Jerman di Eduversity.