Jika anda ingin studi di luar negeri dalam bidang ekonomi, manajemen dan finansial (finance), maka Universitas Durham di Inggris ini pantas menjadi kandidat kampus anda. Kenapa demikian?

Maka kita akan mengenal lebih dekat universitas yang telah melahirkan pakar-pakar ekonomi Indonesia ini. 

Walaupun nama universitas durham inggris tidak terlalu familiar bagi anak anak SMA Indonesia dan juga para sarjana ekonomi pada umumnya.

Universitas durham di inggris sejatinya memiliki kapasitas yang tidak jauh beda dengan universitas di inggris pada jajaran tingkat menengah seperti universitas sheffield, universitas london dan juga universitas bristol.

Peringkat universitas durham dalam ranking internasional juga masuk ke dalam tiga ratus besar dunia dan menjadi jujugan banyak akademisi indonesia yang akan melanjutkan sekolah master dan doktoral. 

Jurusan di Universitas Durham Inggris 

Jurusan di universitas durham inggris sebenarnya beragam sekali, akan tetapi jurusan di universitas durham di inggris yang paling terkenal bagi kalangan akademisi di Indonesia adalah ekonomi syariah, perbankan syariah dan manajemen syariah.

Kenapa bisa begitu? Bukankah Inggris adalah negara sekuler atau notabene kerajaan dengan mayoritas agama Kristen?

Dan mengapa malah membuka jurusan ekonomi syariah yang merupakan bagian dari ekonomi Islam? 

Nah, ini adalah strategi Inggris dalam rangka menjadi pusat arsitektur perbankan global. 

Anda mesti memahami bahwa Inggris merupakan salah satu negara kuat, adidaya yang mempunyai pengaruh dan jaringan ke seluruh dunia, termasuk ke dalam pusat pusat ekonomi global.

Nah, salah satu pusat keuangan dunia yang sedang meroket adalah negara negara teluk petrodolar timur tengah yang sedang menginvestasikan banyak uang ke negara-negara eropa.

Baca Juga: Kuliah di Amerika: Jurusan, Biaya dan Cara Daftarnya

Mereka juga berkepentingan mendorong lahirnya ekonomi-ekonomi berbasis syariah, misalnya seperti investasi negara negara timur tengah di sektor bank bank syariah Indonesia. 

Lalu, apakah ada jurusan di universitas durham yang lain yang juga terkenal? Tentu saja ada banyak.

Beberapa jurusan di universitas durham di Inggris yang juga terkenal antara lain teologi agama, sastra dan bahasa, teknik, termasuk teknik komputer, ilmu bumi, sejarah dan sejarah klasik, seni dan seni musik, pendidikan, ilmu sains murni, filsafat

Dan beberapa ilmu yang mungkin jarang ada di Indonesia yaitu ilmu olahraga dan keolahragaan meliputi sarana latihan dan juga sarana-sarana fisiologis.

Selain itu, Universitas Durham juga masih memiliki banyak jurusan lain yang tidak disebutkan di atas, misalnya seperti antropologi, kimia, fisika dan jurusan jurusan lain dalam strata satu (sarjana), hingga pascasarjana (master dan doktoral). 

Mengenal Lebih Dekat Universitas Durham Inggris Dengan Jurusan Islamic Finance

Mengenal Lebih Dekat Universitas Durham Inggris Dengan Jurusan Islamic Finance

Inggris melihat peluang ini sebagai jalan mendaki untuk memperkuat negaranya sebagai pusat arsitektur dunia, maka kemudian beberapa pengambil kebijakan di universitas di Inggris.

Terutama di universitas durham di Inggris untuk membuka jurusan di universitas durham yang berkaitan dengan ekonomi islam.

Jurusan di universitas durham secara resmi adalah “islamic finance” (keuangan Islam), akan tetapi jika dilihat secara struktur kurikulum akan mendapati bahwa kurikulum dan penjelasan yang dimaksud berkaitan dengan ekonomi syariah.

Baca Juga: Kuliah di Jerman: Keuntungan, Syarat dan Jurusannya

Selain itu juga universitas durham secara khusus memiliki pusat studi ekonomi syariah yang telah 25 tahun mereka dirikan. 

Jurusan ini telah beberapa tahun lalu dibuka, dan menjadi tujuan banyak praktisi Indonesia yang melanjutkan studi disana.

Misalnya jika anda cek laman sekolah sekolah tinggi Islam atau prodi ekonomi syariah di beberapa kampus negeri

Misalnya saja ekonomi Islam UGM, ekonomi Islam UI, ekonomi Islam Unair dan STEI Tazkia.

Maka akan didapati beberapa dosen mereka melanjutkan studi diantaranya kalau tidak di Universitas durham inggris, maka mereka ke Universitas Internasional Islam Malaysia. 

Universitas Durham Masuk kedalam 10 Besar Universitas Terbaik di Inggris

Universitas Durham Masuk kedalam 10 Besar Universitas Terbaik di Inggris

Beberapa alumni universitas durham secara umum di Indonesia banyak bekerja sebagai dosen di prodi prodi ekonomi syariah.

Ada juga bekerja di sektor swasta dan industri serta beberapa dari mereka menjadi pegawai negeri dan aktivis ekonomi

Nah, salah satu hal yang mesti anda ketahui nih, universitas durham merupakan universitas di Inggris yang termasuk ke dalam 10 besar universitas terbaik di Inggris. 

Tentu saja anda mesti paham bahwa ukuran universitas terbaik di Inggris meliputi penilaian soal akademik, soal reputasi, penelitian, keahlian pengajar (sumber daya manusia), hingga keahlian dalam koneksi satu sama lain dan juga fasilitas pendukung. 

Ranking Universitas Durham di Inggris

Posisi universitas durham di Inggris dalam peringkat universitas terbaik di inggris masuk di posisi keenam, menurut QS World University Rankings 2022, seperti yang dikutip dari website Yesboard.com.

Dan hanya selisih enam angka saja dengan universitas oxford yang menjadi universitas terbaik di Inggris (kadang bergantian dengan Universitas Cambridge Inggris) dan juga universitas terbaik di dunia.

Posisi universitas durham di Inggris hanya terpaut di bawah universitas Lancaster, Universitas Loughborough dan Imperial College London.

Selain itu, pada tahun-tahun tertentu bahkan universitas durham mampu menyalip ke angka lima besar (the big five) universitas terbaik di Inggris

Jadi masalah peringkat bagi universitas durham Inggris bukanlah persoalan yang rumit. 

Baca Juga: Kuliah di Australia: Jurusan, Syarat dan Cara Daftarnya

Karena dalam beberapa tahun terakhir ini saja, universitas durham tetap masuk ke dalam universitas terbaik di Inggris.

Masalah ranking juga masalah pemberi peringkat saja, jika pada UK Ranking universitas durham bisa masuk ke enam besar.

Tetapi ternyata ada juga pemberi ranking lain yang memasukkan universitas durham ke dalam lima belas terbaik di Inggris.

Tetapi itu bukan masalah besar bagi universitas durham. Walaupun ada perbedaan dalam memberikan peringkat ranking, pada faktanya secara global, universitas durham masuk ke peringkat 100 universitas top dunia.

Jika anda bandingkan universitas durham di Inggris dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia maka akan sangat terpaut jauh sekali.

Merujuk pada data di atas, universitas durham di Inggris saja masuk ke dalam seratus besar universitas terbaik di dunia.

Lalu coba bandingkan dengan tiga universitas terbaik di Indonesia, misalnya Universitas Indonesia, universitas gadjah mada dan institut teknologi Bandung. 

Ketiga universitas ini sudah memasuki ranking dalam peringkat global dan berikut ini adalah peringkat 3 Universitas di Indonesia, seperti yang Kami kutip dari website Katadata.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 254
Peringkat di Indonesia: 1

  1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 290

Peringkat di Indonesia: 2 

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 303

Peringkat di Indonesia: 3

Bagaimanakah Cara Kuliah Ke Universitas Durham di Inggris?

Jika anda berminat kuliah di Universitas durham di inggris, anda bisa menggunakan beberapa pilihan pembiayaan.

Pembiayaan pertama adalah pembiayaan mandiri dengan menggunakan uang anda pribadi. 

Sementara pembiayaan kedua menggunakan uang beasiswa.

Universitas durham di Inggris termasuk ke dalam universitas di Inggris yang termasuk dalam list beasiswa LPDP Kementerian Keuangan untuk program master dan doktoral.

Sementara untuk beberapa dosen yang akan melanjutkan ke universitas durham bisa melalui skema beasiswa DIKTI (Kementerian Ristek Dikti) yang mengelola beasiswa untuk dosen-dosen. 

Selain yang telah disebutkan di atas, ada beasiswa bergengsi dari Pemerintah Kerajaan Inggris yang bisa anda coba untuk berkuliah di universitas durham. Beasiswa ini bernama Chevening Scholarship yang memberikan beasiswa untuk studi master di Inggris.

Anda bisa menempuh beasiswa ini dan memperoleh manfaat dengan menyelesaikan master hanya dalam waktu setahun saja.

Dan untuk informasi lebih lanjut mengenai cara kuliah di Universitas Durham Inggris maka bisa menghubungi Kami dengan mengisi data diri diatas ini.