Tidak semua orang mempunyai waktu untuk ikut kursus bahasa asing. Lalu bagaimana cara belajar bahasa Jerman otodidak? Ikuti tipsnya berikut ini

Banyak yang bertanya apakah mungkin belajar bahasa Jerman otodidak? Ya, sangat mungkin untuk belajar bahasa Jerman otodidak.

Yang pertama, anda harus disiplin. Apakah anda cukup disiplin untuk bisa menyisihkan waktu beberapa hari dalam seminggu atau bahkan setiap hari untuk belajar bahasa Jerman?

Kita asumsikan saja anda bisa disiplin. Faktor kedua yang menentukan keberhasilan belajar bahasa Jerman otodidak adalah fasilitas yang mencukupi.

Anda akan membutuhkan buku, CD belajar, ataupun akses internet untuk belajar online. Banyak sumber belajar yang bisa kita dapatkan secara gratis.

6 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Bisa Dipraktekan Dirumah

Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Nah kali ini kita akan membahas langkah apa saja untuk belajar bahasa Jerman otodidak. Kita akan bahas juga bagaimana kalau anda menemukan masalah atau tidak paham tentang suatu materi.

Lalu apa saja cara belajar bahasa Jerman otodidak yang bisa Anda praktekan di rumah?

1.Sediakan buku pelajaran bahasa Jerman

Cara belajar bahasa Jerman otodikan yang pertama adala h coba sediakan berbagai buku pelajar bahasa Jerman dan pilih sesuai level.

Jika anda memulai dari nol, buku-buku yang berisi pelafalan huruf, angka, warna, dan kosakata dasar akan sangat bermanfaat untuk mengenalkan bahasa Jerman.

Setelah itu, anda bisa naik ke materi lain yang lebih komplek seperti pengenalan kosakata, tata bahasa, cara menyusun kalimat dll.

Keuntungan memiliki buku adalah bisa dibaca dimana saja tanpa memerlukan pengisi daya maupun koneksi internet.

2.Download program pembelajaran bahasa Jerman

Ada banyak program pembelajaran bahasa Jerman yang bisa didownload gratis.

Program-program yang bisa didownload di internet menyediakan metode pembelajaran yang mudah dipahami.

Ada juga program yang dirancang secara interaktif dalam bentuk game. Bagi banyak orang, program dalam bentuk game seperti ini menjadi pilihan yang paling disenangi.

3.Berlatih dengan konsisten

Biasakan belajar secara konsisten dengan jadwal yang teratur. Anda bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Sehingga disiplin dalam belajar akan membuat anda berada pada jalur yang benar. Manfaatkan waktu dengan baik dan jangan sampai aktivitas lain yang kurang penting mengganggu jadwal belajar anda.

4.Dengarkan bahasa Jerman terus menerus

Sering mendengar kosakata Jerman dari penutur asli akan membuat kita mengerti pengucapan kosakata yang benar. Mendengarkan kosakata Jerman terus-menerus akan mendatangkan banyak manfaat, meski kita tidak selalu paham arti kosakata tersebut.

Ini bisa kita lakukan dengan mendengarkan siaran radio atau televisi berbahasa Jerman yang bisa diakses secara online. Anda juga bisa memanfaatkan podcast dan pilih topik yang sesuai dengan hobi anda.

Mendengar kosakata Jerman secara online bisa dilakukan sambil memasak, bersih-bersih rumah, maupun sambil menyetir mobil.

5.Menamai benda-benda di sekitar rumah dengan bahasa Jerman

Jadikan sekitar rumah kita sebagai sarana belajar. Nama benda-benda di sekitar rumah seperti kulkas, almari, pulpen, hingga cangkir dengan bahasa Jerman dan tempelkan dengan post-it note.

Ucapkan nama-nama benda tersebut sesering mungkin dengan pengucapan yang benar sesuai kemampuan anda.

Cara lain agar makin terbiasa dengan bahasa Jerman adalah dengan mengatur laptop atau handphone menjadi berbahasa Jerman. Setiap kali kita menerima panggilan atau mengirim pesan, secara tak sadar anda akan menyerap kosakata berbahasa Jerman.

6.Latihan percakapan dengan partner

Tidak cukup hanya dengan belajar dan belajar. Karena tujuan akhir belajar bahasa Jerman adalah mampu berkomunikasi, maka anda harus berlatih percakapan dengan orang lain. Ajak teman, saudara yang bisa berbahasa Jerman. Atau ikuti komunitas belajar bahasa Jerman yang ada di kota anda.

Kalau anda tidak menemukan partner percakapan di kehidupan nyata, cara lainnya adalah dengan bergabung dalam komunitas belajar bahasa Jerman online.

Melalui beberapa website seperti www.meetup.com atau www.Couchsurfing.com, anda bisa ikut dalam pertemuan rutin dengan siswa bahasa Jerman dari seluruh dunia.

Semoga 6 cara belajar bahasa Jerman otodidak tadi bisa meningkatkan kemampuan anda dengan lebih cepat. Tapi kalau ternyata perkembangannya tidak sesuai harapan, ada baiknya ikut kursus.

Dengan ikut kursus bahasa Jerman di Eduversity, anda akan diarahkan dengan metode yang lebih efektif sehingga waktu tidak terbuang percuma.