Bagi kamu yang pernah ikut kursus bahasa Inggris atau sudah kepoin syarat kuliah di luar negeri pasti tidak asing lagi dengan istilah IELTS. Seperti halnya tes standarisasi kemampuan bahasa Inggris lainnya, IELTS juga memiliki standar penilaian atau IELTS score.

Tapi, sebelum jauh membahas ke bagian-bagian tes dan sistem penilaian IELTS secara umum maupun perbagian. Ada baiknya kita kenalan dulu yuk dengan IELTS. Secara singkat, IELTS serupa dengan tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan TOEIC.

Perbedaan ketiganya berada pada bagian atau sesi yang diujikan. Namun, sertifikat yang dikeluarkan sama-sama berguna untuk menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris kamu. Jadi, kamu bisa memilih satu jenis tes yang memang kamu butuhkan ya.

Selanjutnya, mari kita beralih ke sesi tes IELTS. Secara umum, ada tiga skill yang diujikan dalam IELTS, yaitu speaking, reading, listening, dan writing. Keempat sesi tersebut memiliki standar penilaian masing-masing. Yuk, kita pahami semua tentang IELTS score.

 

Sistem Penilaian IELTS

IELTS score biasanya akan keluar dalam 13 hari setelah kamu menyelesaikan tes. Hasil nilai itu dapat kamu minta ke lembaga tempat kamu mengikuti tes. Tenang, untuk kamu yang berdomisili jauh dari tempat tes, kamu juga bisa mengeceknya secara online kok.

Dalam tes IELTS, sebetulnya tidak ada kata gagal atau tidak lulus karena semua peserta akan mendapatkan sertifikat dengan score yang tercantum di dalamnya. Akan tetapi, memang setiap pendidikan tinggi memiliki standar minimum IELTS score untuk calon mahasiswa.

Standar nilai itulah yang menjadi persyaratan kampus untuk menerima mahasiswa. Nah, persyaratan itu yang harus kamu perhatikan agar IELTS score yang kamu dapatkan bisa mendukungmu untuk diterima di kampus impian. 

Dalam sertifikat IELTS akan disajikan hasil dari individual tes yang berisi speaking, reading, listening, dan writing serta total akumulasi penilaian atau overall band score yang dihitung berdasarkan hasil rata-rata untuk setiap bagian tes.

Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih mengetahui tentang overall band IELTS score. Perlu diketahui bahwa nilai total maksimum dari tes IELTS adalah 9. Tabel berikut ini menjelaskan kemampuan bahasa Inggris seseorang berdasarkan skor band yang didapatkan.

Skor Band Tingkat Keahlian Keterangan
Band 9 Expert user Penguasaan dan pemahaman bahasa Inggris yang baik. Penggunaan bahasa Inggris tepat dan akurat serta lancar dalam berkomunikasi. 
Band 8 Very good user Sepenuhnya menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kesalahpahaman muncul dalam situasi yang asing. Menguasai argumentasi yang kompleks dengan baik dan detail.
Band 7 Good user Memahami aturan dan operasional bahasa Inggris, meski masih terdapat beberapa kesalahan. Menguasai bahasa yang kompleks dengan baik dan memahami detail alasan.
Band 6 Competent user Secara umum telah menguasai bahasa Inggris, namun masih terdapat ketidaktepatan dan kesalahpahaman. Mampu memahami istilah yang cukup rumit di situasi yang familiar.
Band 5 Modest user Memahami beberapa aturan bahasa Inggris dan mampu memahami keseluruhan makna dalam berbagai situasi. Meskipun masih cenderung melakukan kesalahan.
Band 4 Limited user Pemahaman terbatas pada situasi yang familiar. Terdapat masalah dalam pemahaman dan ekspresi serta tidak dapat menggunakan istilah yang rumit.
Band 3 Very limited user Mampu menyampaikan dan memahami bahasa Inggris dalam situasi yang familiar. Masih sering terjadi gangguan saat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris
Band 2 Intermittent user Kesulitan memahami bahasa Inggris secara lisan dan tertulis
Band 1 Non-user Tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris kecuali beberapa kata yang sudah dikenali
Band 0 Did not attempt the test Soal tes tidak diselesaikan oleh peserta

 

Standar minimal yang ditentukan oleh perguruan tinggi umumnya mencapai skor 6 atau 6,5 di setiap bagian tes. Maka, kamu akan berada dalam posisi aman jika dapat meraih overall band IELTS score atau total skor di atas 7.

Tingkat keahlian good user atau baik sudah dapat menempatkanmu dalam posisi aman jika ingin kuliah di luar negeri. Hal ini demi menunjang pemahaman kamu dalam menempuh pendidikan di luar negeri dimana bahasa Inggris menjadi alat utama untuk berkomunikasi.

Setelah memahami band skor atau total penilaian yang menunjukkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris. Penjelasan akan berlanjut ke penilaian dari individual tes atau empat bagian tes IELTS.

 

4 Sesi Tes IELTS dan Penilaiannya

Sebagian besar tes standarisasi kemampuan bahasa Inggris memiliki 4 sesi tes. Keempatnya memiliki fungsi untuk mengukur kemampuan berbicara, mendengar, menulis, dan membaca dalam bahasa Inggris.

Keempat skill tersebut penting untuk diuji karena saat berada di luar negeri, kamu tidak hanya dituntut untuk mendengar atau membaca saja, melainkan juga harus berbicara untuk dapat berkomunikasi dengan warga asing. Mari kita simak uraian dari masing-masing bagian tes dan bagaimana sistem penilaian yang ditetapkan. 

 

1. Listening Section

Sesi pertama yang akan kami jelaskan adalah listening atau mendengar. Pada sesi ini kamu akan diberi soal dengan total 40 soal yang biasanya dalam bentuk pilihan ganda. Sehingga sistem penilaian adalah dengan menghitung total jawaban benar.

Untuk lebih mengerti bagaimana IELTS listening score dihitung. Perhatikan tabel di bawah ini.

Jawaban benar Skor
39-40 9
37-38 8.5
35-36 8
32-34 7.5
30-31 7
26-29 6.5
23-25 6
18-22 5.5
16-17 5
13-15 4.5
11-12 4

 

2. Reading Section

Sama seperti listening section. Pada sesi reading atau membaca, kamu akan mendapat lembar soal berisi 40 pertanyaan. Soal juga sama, yakni dalam bentuk pilihan ganda. 

Bedanya, kamu harus membaca teks singkat untuk dapat menjawab soal-soal tersebut. Umumnya, satu teks singkat digunakan untuk 2-3 soal. Untuk reading section sendiri terdapat dua jenis, yaitu GT atau General Training dan AC atau Academic. Jenis reading ini mengikuti jenis IELTS yang kamu pilih.

Jika kamu membutuhkan sertifikat IELTS untuk mendaftar kuliah di luar negeri, maka IELTS Academic adalah pilihanmu. Soal-soal yang kamu dapatkan nantinya juga berbeda.

Reading AC terkenal sedikit lebih sulit dibandingkan dengan GT karena teks lebih ilmiah dan topik yang diangkat sesuai dengan standar masuk pendidikan tinggi atau institusi profesional.

IELTS reading score untuk tipe Academic juga sedikit lebih strict dibandingkan dengan GT. Berikut ini detail sistem penilaiannya.

Jawaban benar

Skor

39-40 9
37-38 8.5
35-36 8
33-34 7.5
30-32 7
27-29 6.5
23-26 6
19-22 5.5
15-18 5
13-14 4.5
10-12 4
8-9 3.5
6-7 3
4-5 2.5

 

3. Speaking Section

Berbeda dengan dua sesi sebelumnya, yaitu listening dan reading dimana kamu akan diberi soal dan menjawab soal tersebut selayaknya mengikuti tes di sekolah formal. Pada sesi speaking atau berbicara, kamu akan berhadapan dengan penguji dan berbicara menggunakan bahasa Inggris sesuai arahan. 

IELTS speaking score minimal adalah 0 dan maksimal 9, sama seperti sesi lainnya. Perbedaan terletak pada sistem penilaiannya. Jika sebelumnya nilai didasarkan atas jawaban benar. Dalam sesi ini ada kriteria yang harus kamu perhatikan.

Apa saja kriteria itu? Tentunya berhubungan dengan kefasihan berbicara dalam bahasa Inggris, yaitu pronounce (pelafalan), grammar (tata bahasa), lexical resource (pemilihan kata), dan fluency (kelancaran). 

Keempat aspek itu yang perlu kamu perhatikan selama melakukan speaking. Banyak berlatih adalah tips untuk kamu bisa mendapat IELTS speaking score yang tinggi.

 

4. Writing Section 

Tahap selanjutnya memiliki sistem dan aspek penilaian yang sama persis dengan speaking. Bedanya, dalam writing kamu akan menulis bukan berbicara dan mendapat soal seperti halnya listening dan reading.

Saat menulis, kamu harus memperhatikan grammar, lexical resource, koherensi dan kohesi, dan kesesuaian dengan perintah yang ada pada lembar soal. Penilaian akan didasarkan pada hasil tulisanmu dengan memperhatikan aspek tersebut.

Skor dari setiap sesi tes tersebut kemudian diakumulasi, sehingga diperoleh rata-rata yang kemudian disebut IELTS score. Misal kamu mendapat 7 untuk listening, 8 untuk reading, 6 speaking, dan 9 writing. Maka, IELTS score yang kamu dapatkan adalah 7,5.

Yuk, gabung dengan Eduversity agar IELTS score yang kamu dapatkan tidak mengecewakan dan bisa mengantarkanmu untuk kuliah di luar negeri. Daftarkan dirimu dengan mengisi form di bawah ini atau kunjungi website kami di www.eduversity.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.