Banyak dari orang di Indonesia yang pasti akan dengan senang hati mengambil kesempatan untuk bisa kuliah di Jerman. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Bagaimana tidak? Jerman terkenal dengan kualitas pendidikannya yang sudah mencapai kelas dunia dan semua orang pasti tertarik untuk tinggal di negara maju seperti Jerman.

Apalagi di zaman sekarang, kuliah luar negeri sudah tidak lagi disulitkan dengan masalah biaya atau peraturan imigrasi yang rumit karena sudah banyak jalur yang memudahkan pelajar Indonesia agar bisa kuliah di negara dambaan mereka, termasuk di Jerman. 

Nah, jika kamu punya cita-cita untuk studi ke Jerman, artikel ini akan memberikan panduan lengkap seputar perkuliahan di Jerman mulai dari keuntungan, biaya, syarat, dan jurusan terbaik di sana.

Keuntungan Kuliah di Jerman

Keuntungan Kuliah di Jerman

Biasanya orang-orang ingin kuliah di Jerman karena ingin meningkatkan prestige dan supaya masa depannya terjamin. Tapi tahukah kamu bahwa ada banyak kelebihan lain dari kuliah di Jerman?

Ini dia 5 alasan mengapa kamu harus memilih Jerman ketimbang negara lain sebagai tempat untuk mengejar ilmu.

  • Banyak Institusi di Jerman yang masuk ke rangking universitas terbaik di dunia

Hampir semua orang setuju bahwa kualitas pendidikan milik Jerman sudah tidak diragukan lagi. Pernyataan ini didukung oleh data yang dikeluarkan QS World University berisi daftar universitas-universitas terbaik di Jerman. 

Terdaftar ada 12 universitas Jerman di tahun 2021 yang masuk ke dalam ranking 200 universitas terbaik di dunia, yaitu:

    • Technische Universität München 
  • Ludwig-Maximilians-Universität München
    • Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg
    • Humboldt-Universität zu Berlin
    • Freie Universität Berlin
  • KIT, Karlsruher Institut für Technologie
  • Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen
    • Technische Universität Berlin
  • Technische Universität Dresden
  • Eberhard Karls Universität Tübingen
  • Universität Freiburg
  • Georg-August-Universität Göttingen

Jika kamu sudah punya target kuliah di Jerman, mungkin saja keberuntungan di pihakmu dan kamu diterima menjadi mahasiswa di salah satu universitas di atas. 

Pastinya hal tersebut adalah pencapaian yang sangat membanggakan dan menjadi tiket kamu menuju kemudahan di dalam dunia karir nantinya.  

  • Biaya hidup di Jerman termasuk rendah untuk ukuran Eropa

Jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Eropa seperti London, Paris atau Zurich, biaya hidup di Jerman jauh lebih bersahabat dengan kantong mahasiswa asing. 

Jika dirata-ratakan, biaya hidup di Jerman sekitar sebesar €850 – €1,500/bulan untuk kota besar seperti Berlin, Dusseldorf dan Frankfurt dan sebesar €750 – € 1,000/bulan untuk kota kecil seperti Freiburg, Leipzig dan Hannover. 

Kisaran ini adalah jumlah perkiraan yang harus dikeluarkan mahasiswa dengan catatan gaya hidup mereka sederhana. 

  • Banyak tawaran beasiswa untuk kuliah di Jerman

Keuntungan kuliah di Jerman yang pastinya paling membuat semangat adalah banyaknya tawaran beasiswa dari berbagai institusi pendidikan. Beasiswa ini bisa berasal dari pemerintah Jerman, yayasan, atau ditawarkan langsung dari Universitas Jerman. 

Beberapa beasiswa Jerman yang terkenal adalah Erasmus+ dan DAAD.

Kedua institusi milik pemerintah ini membuka segudang beasiswa dengan pilihan jurusan dan tingkat gelar yang beragam. 

Jika kamu sedang berburu beasiswa, mulailah dari dua institusi di atas dengan mengunjungi websitenya di daad.id/en. untuk DAAD dan ec.europa.eu. untuk Erasmus.

untuk mendaftar, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari persyaratannya.

Tiap beasiswa memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda tapi yang paling umum adalah harus memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik.

Selain itu kamu juga harus paham bentuk dari beasiswa tersebut, apakah bantuannya berupa pembayaran uang pendidikan secara atau berbentuk uang saku yang diberikan secara berkala dengan tempo waktu tertentu. 

  • Biaya kuliah di Jerman cukup murah 

Kamu pasti akan senang mendengar bahwa universitas negeri tidak mengenakan biaya kuliah untuk program Sarjana S1.

Sistem kuliah gratis ini berlaku untuk semua pelajar terlepas dari mana asal negara mereka.

Untuk tingkat S2, terdapat program consecutive master degree di mana mahasiswa yang telah meraih gelar S1 di Jerman, berhak untuk kuliah gratis lagi jika langsung mengambil program S2 di jurusan yang searah.

Lalu untuk apa mengejar beasiswa jika biaya kuliah di Jerman gratis? 

Ada beberapa alasan lainnya mengapa masih banyak beasiswa diselenggarakan untuk program studi ke Jerman, seperti:

  • Masih ada beberapa pelajar Indonesia yang tidak mampu secara finansial untuk memenuhi pengeluaran seperti biaya hidup (€850/bulan) dan juga biaya administrasi kuliah sebesar €100 – €350/semester
  • Untuk memenuhi syarat bukti sumber finansial yang dibutuhkan dalam pembuatan visa. 
  • Mendanai program-program di luar cakupan bidang perkuliahan seperti pendanaan penelitian, program post-doktoral, pelatihan guru dan masih banyak lagi. 
  • Terdapat wilayah di Jerman yang tidak menerapkan sistem kuliah gratis untuk pelajar asing seperti Bremen, Lower Saxony, Saarland, Saxony, Saxony-Anhalt, Thuringia, dan di Negara Bagian Federal Baden-Württemberg. 
  • Pelajar asing di Jerman diizinkan untuk bekerja paruh waktu

Ada banyak sekali negara yang tidak memperkenankan mahasiswa asing untuk bekerja paruh waktu karena visa yang mereka pakai adalah visa pelajar. Tapi kebijakan ini tidak dilakukan di Jerman.

Inilah salah satu keuntungan kuliah di Jerman lainnya yaitu berlakunya peraturan yang mengizinkan mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja.

Bahkan pemerintah Jerman menyediakan kantor khusus bernama Agentur für Arbeit sebagai agensi yang menampung lowongan kerja part time khusus untuk mahasiswa. 

Mahasiswa tinggal mendaftarkan diri di kantor tersebut dan Agentur yang akan mengurus perekrutan dan penempatan ke perusahaan yang sesuai. 

Ada banyak keuntungan ekstra lainnya dengan bekerja part time seperti menambah relasi kerja, menambah pengalaman yang bisa dimasukkan ke dalam resume, dan yang paling utama adalah mendapatkan gaji sebesar €400 – €450/bulan.

Kelebihan lainnya dari kerja part time di Jerman adalah peraturan jam kerja mahasiswa yang hanya memperbolehkan mereka bekerja selama 20 jam tiap minggunya. Jadi kamu tidak perlu takut akan kewalahan mengatur waktu antara kerja dan kuliah.

  • Lokasi Jerman yang strategis

Jerman merupakan negara yang berbatasan dengan banyak negara seperti Austria, Swiss, Perancis, Belanda, Polandia, dan Denmark. 

Letak negara-negara yang dekat dengan Jerman ini bisa membawa pengalaman yang menarik karena kamu bisa berwisata keliling Eropa saat liburan kuliah. 

Untuk mahasiswa di Jerman, jalan-jalan keliling Eropa sudah menjadi tradisi karena aksesnya mudah dan transportasinya juga tersedia. Selain itu mata uang yang digunakan pun sama yaitu Euro.  

Persiapan dan Syarat Kuliah di Jerman

Syarat Kuliah di Jerman

Selain modal tekad, kamu juga harus punya perencanaan yang matang  dengan menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. 

Jika kamu masih kurang mengerti apa saja yang perlu disiapkan, artikel ini telah merangkum daftar syarat kuliah di Jerman yang dibutuhkan.

Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Program studi

Memilih jurusan memang bukan sebuah persyaratan tapi ini adalah langkah yang penting karena tahap inilah yang menentukan kesuksesan kamu nantinya. 

Selain minat, faktor-faktor lain juga harus dipertimbangkan seperti prospek kerja yang menjanjikan dan harapan gaji di masa depan. 

Carilah jurusan yang memenuhi ketiga kriteria tersebut. Kamu bisa mencari daftar program studi Jerman di berbagai situs seperti erudera.com dan daad.de. 

Setelah itu carilah info sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang kamu incar seperti mata kuliah apa yang akan dipelajari, berapa lama program studinya, apa bahasa pengantar yang dipakai, dan info-info lainnya.

Setelah mantap dengan pilihan universitas dan jurusan, barulah kamu bisa lanjut ke tahap persiapan selanjutnya.

  • Syarat masuk universitas

Syarat kuliah di Jerman yang harus disiapkan selanjutnya adalah memenuhi kualifikasi dan kriteria dari universitas yang dipilih. 

Contohnya persyaratan untuk bisa mendaftar program studi S1 di Jerman adalah memegang diploma sekolah tinggi yang setara dengan Hochschulzugangsberechtigung (HZB). 

Untuk pelajar Indonesia, diploma SMA masih belum diakui sehingga mereka perlu menyetarakan diploma terlebih dahulu dengan mengikuti Studienkolleg selama setahun sebelum bisa memulai perkuliahan.

Selain itu terdapat pula syarat-syarat lain yang beragam. Ada universitas yang memakai tes IQ, ada juga yang menggunakan TestAS, yaitu tes yang dirancang khusus untuk siswa internasional di luar uni Eropa.

kemahiran berbahasa juga bisa menjadi kriteria. Misalnya kemampuan Bahasa Jerman pendaftar akan diuji dengan menggunakan TesDaF atau Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang (DSH). 

Jika program studi pilihan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, maka ada kemungkinan pendaftar harus memberikan hasil skor IELTS atau TOEFL sebagai bukti kualifikasi. 

  • Dokumen untuk mendaftar Universitas

Setiap universitas memiliki syarat kuliah di Jerman seperti dokumen yang berbeda-beda.

Akan tetapi ada beberapa dokumen yang umum diminta sehingga kamu bisa mempersiapkannya lebih awal. 

Dokumen-dokumen tersebut adalah:

  • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap
  • Fotokopi ijazah SMA yang dilegalisir
  • Sertifikat akademik atau prestasi yang berkaitan dengan jurusan
  • Terjemahan transkrip nilai (bisa ke dalam Bahasa Inggris atau Jerman)
  • Fotokopi paspor dan foto paspor
  • Bukti kemahiran Bahasa 

Setelah memberikan dokumen yang diminta biasanya pihak universitas akan memanggil untuk melakukan wawancara. Setelah itu kamu tinggal menunggu surat yang menyatakan diterima di universitas tersebut atau tidak.

  • Mengajukan visa pelajar

Hingga saat ini, pelajar Indonesia masih diwajibkan untuk memiliki visa jika ingin memasuki wilayah Jerman.

Waktu yang paling baik untuk membuatnya adalah sesegera mungkin setelah mendapatkan surat resmi diterima masuk universitas.

Kamu bisa mendatangi kedutaan Jerman terdekat untuk mengajukan pembuatan visa dan jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen dan ikuti langkah-langkahnya dengan baik.

Panduan lengkap mengenai pembuatan visa pelajar bisa dilihat di situs halaman ini www.studying-in-germany.org/german-student-visa.

  • Mencari akomodasi untuk hidup di Jerman

Mencari tempat tinggal juga menjadi syarat kuliah di Jerman yang perlu dijalani. Sebelum sampai ke Jerman kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu tempat tinggal yang berpotensial selama kamu berdomisili di sana. 

Hotel, youth hostels, B&B privat atau guest house bisa menjadi tempat tinggal sementara saat kamu tiba di Jerman, tapi kamu harus tetap mencari akomodasi jangka panjang juga.

Ada dua jenis akomodasi yang bisa dipilih yaitu Student Union Halls of Residence dan tempat tinggal privat seperti apartemen pribadi atau Wohngemeinschaft/kontrak rumah bersama-sama.

Masing-masing jenis akomodasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Misalnya Student Halls of Residence adalah pilihan tempat tinggal yang paling murah dan kamar yang disediakan sudah lengkap dengan perabotan seperti tempat tidur, lemari dan meja belajar.

Tingkat sosialisasi di sini juga tinggi dan keamanannya pun terjamin.

Tapi ada juga kekurangannya yaitu kamar yang disediakan terbatas sehingga jika sudah tidak ada kamar yang kosong, maka kita terpaksa waiting list. 

Kemudian dengan tinggal di Student Residence, kita harus mematuhi segala aturan yang ditetapkan pengelola di sana dan peraturan tersebut kadang membuat pelajarnya tidak bebas.

Pilihan lainnya adalah menyewa tempat pribadi atau private residence. Kelebihan dari akomodasi ini yaitu kita bisa memilih teman serumah atau sekamar sesuka kita dan privasi lebih terjaga. 

Akan tetapi jenis akomodasi ini lebih mahal dan kita harus teliti dalam memilih, karena keamanan dan kualitas dari private residence tidak semuanya terjamin.

  • Daftar ulang universitas

Setelah kamu diterima menjadi mahasiswa di universitas Jerman, langkah selanjutnya adalah melakukan daftar ulang di universitas tempat kamu belajar.

Segeralah mengunjungi Student Sekretariat di kampusmu untuk melakukan daftar ulang dan jangan lupa membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, yaitu:

  • Paspor dan beberapa foto paspor
  • Surat bukti diterima universitas
  • Bukti kualifikasi masuk universitas
  • Bukti asuransi kesehatan
  • Sertifikat kemahiran Bahasa Jerman atau/dan Bahasa Inggris

Tahap ini sangat penting dilakukan supaya kamu bisa mengambil mata kuliah dan mendapatkan nomor ID mahasiswa. Setelah selesai mendaftar kamu telah resmi menjadi mahasiswa Jerman dan mendapatkan hak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas milik kampus.

Jangan lupa ya untuk mendaftar ulang setiap awal semester baru supaya nomor mahasiswa yang kamu pegang tetap aktif.

Jurusan Kuliah di Jerman yang Populer

Jurusan Kuliah di Jerman

  • Teknik

Sebagai salah satu negara dengan industri terbesar di dunia, Teknik adalah keilmuan yang maju dan terus berkembang di Jerman.

Kemajuan ini menghasilkan percabangan dalam rumpun ilmu teknik yang jumlahnya mencapai puluhan.

Program studi jurusan ini meliputi teknik mesin, teknik biokimia, teknik sipil, robotika dan mekatronika, teknik produksi otomotif dan masih banyak lagi. 

Karena itulah dengan memilih jurusan teknik, kamu akan mendapat ilmu untuk menjadi tenaga ahli dalam bidang profesi yang spesifik dengan prospek kerja yang sudah jelas arahnya.

Ahli teknisi adalah pekerjaan yang membutuhkan keakuratan karena kesalahan kecil dapat menyebabkan konsekuensi yang besar.

Tapi karena sebab itulah kompensasi yang diberikan juga besar. Perkiraan gaji sebagai teknisi di Jerman kira-kira sebesar €69,850/tahun.

  • Ilmu komputer/IT

Seiring bertambah canggihnya teknologi Komputer dan Informasi, semakin banyak pula aktivitas yang mengandalkan sistem komputer.

Mulai dari rumah tangga, layanan masyarakat, perkantoran hingga industri berat semua sudah terkomputerisasi. 

Inilah yang menyebabkan tenaga ahli IT tidak pernah kekurangan lahan pekerjaan di mana pun sehingga mengambil jurusan ini di Jerman bisa menjadi langkah yang tepat. 

Selain itu, estimasi gaji yang didapat ahli komputer di Jerman juga menjanjikan. Gaji sebagai ahli IT atau komputer di Jerman mencapai €68,241/tahun.

  • Administrasi bisnis dan bisnis internasional

Lowongan pekerjaan untuk lulusan bisnis dan administrasi di Jerman juga berada pada jumlah yang sangat banyak. 

Saat ini, tren merintis perusahaan baru seperti Startup sedang terkenal di mana-mana. Oleh karena itulah perusahaan baru tersebut banyak yang bergantung kepada tenaga ahli di bidang bisnis untuk mengembangkan dan memajukan usaha mereka.

Selain itu, prospek kerja dari jurusan ini juga berskala besar, mulai dari bisnis lokal hingga internasional. Harapan gaji setelah lulus jurusan kuliah di Jerman bisnis adalah sebesar €65,404/tahun.

  • Hukum

Jerman adalah salah satu negara yang menduduki peran penting dalam menjaga kelangsungan dan keadilan di dunia, sehingga tidak heran jika jurusan hukum di Jerman berkembang dengan pesat dan diminati oleh masyarakat di sana. 

Mendapat gelar hukum di Jerman memang merupakan sebuah tantangan karena standar dan kriteria disana berada di level yang lebih tinggi.

Akan tetapi imbalan yang dihasilkan akan setimpal juga, di mana sarjana hukum di Jerman bisa mengharapkan gaji hingga €74,013/bulan.

Selain berkutat di dunia peradilan, profesi jurusan ini juga bisa masuk ke dalam bidang lainnya seperti hukum bisnis, HAM, regulasi, asuransi, atau ekonomi. 

  • Psikologi

Kesehatan mental sudah menjadi kebutuhan utama bagi orang Jerman karena pola pikir mereka yang sudah berkembang ke arah modern. Oleh sebab itulah, pekerjaan di bidang psikologi sangat dihargai di Jerman.

Dengan menyelesaikan kuliah psikologi kamu akan mendapatkan akses ke banyak pilihan karir seperti psikoterapis, konselor psikologi, psikolog okupasi, petugas sumber daya manusia, psikolog forensik dan masih banyak lagi.

Untuk urusan pendapatan, pekerjaan di bidang psikologi memberikan gaji di angka yang cukup tinggi yaitu sebesar €55,204/tahun.

  • Arsitektur

Arsitektur juga merupakan jurusan kuliah di Jerman dengan masa depan yang menjanjikan. Pendapatan seorang arsitek di Jerman bisa mencapai €55,822/ tahun. 

Arsitektur adalah program studi yang cukup menantang karena jurusan ini mensinergikan pengetahuan teknik dan seni desain. Jadi banyak hal yang akan kamu pelajari seperti ketahanan bangunan, estetika, serta kepentingan utilitas.

Nah itu dia pengetahuan lengkap mengenai keuntungan, syarat, dan jurusan kuliah di Jerman yang harus kamu tahu.

Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk mendaftar ke universitas impianmu?

Jika Kamu berminat untuk mendaftar kuliah di Jerman maka persiapkan terlebih dahulu dengan mengikuti kursus bahasa Jerman di Eduversity.co.id.

×