Tes kemampuan Bahasa Inggris yang memiliki peminat dan rate yang juga cukup tinggi adalah IELTS (International English Language Testing System).

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Jika TOEFL atau GRE diselenggarankan oleh satu lembaga bernama ETS (Educational Testing System) maka berbeda dengan IELTS.

Ujian berbahasa Inggris IELTS secara langsung diselenggarakan oleh institusi pendidikan ternama dunia. Yakni, Universitas Cambridge, British Council dan juga IDP Education Australia. Di seluruh dunia terdapat dua jenis tes IELTS yang ditetapkan dan diakui secara resmi:

  • Pertama IELTS Academic, yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk mendaftarkan diri dalam program sarjana atau pascasarjana pada berbagai universitas di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris.
  • Kedua, IELTS General Training, yang diperuntukkan bagi para siswa untuk melanjutkan pendidikan menengah, atau seseorang yang menyandang gelar profesor yang akan mengikuti sebuah pelatihan kerja. Dapat pula digunakan sebagai pelengkap administrasi untuk memasuki negara berbahasa Inggris.

Perbedaannya dengan beberapa tes Bahasa Inggris lainnya seperti TOEFL, waktu penyelenggaraan ujian IELTS tidak dilakukan setiap hari. Melainkan terbatas, sesuai dengan jadwal yang ditentukan dari pusat penyelenggara.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Kursus Gmat Jakarta Terbaik

Biasanya, ujian IELTS dilaksanakan 4 kali dalam satu bulan atau satu minggu sekali. Sehingga hitungannya.

Bisa dilaksanakan sebanyak 48 kali dalam waktu satu tahun. Hasil ujian akan keluar dalam kurun waktu paling lambat dua minggu setelah tes selesai dilaksanakan.

Mekanisme Scoring IELTS

kursus ielts

Skor IELTS dinilai pada 9 band system. Yang berhasil mencapai angka band 9 memiliki tingkat keahlian pengguna ahli yang memiliki perintah operasional penuh pada Bahasa Inggris yang sesuai, akurat, fasih serta dengan pemahaman yang sangat lengkap.

Untuk yang mendapatkan nilai band 8, maka menduduki tingkat keahlian pengguna yan sangat baik yang memiliki perintah operasional penuh pada Bahasa Inggris namun memiliki ketidakakuratan dan ketidaksesuaian yang sistematis, namun dapat menangani argumentasi rumus dengan baik.

Nilai band 7 menyatakan tingkat keahlian pengguna yang baik, dimana memiliki perintah operasional Bahasa meskipun masih dengan ketidakakuratan, ketidaksesuaian atau kesalahpahaman dalam beberapa situasi, namun dapat menangani Bahasa yang rumit dan memahami alasan didalamnya.

Nilai band 6 dikategorikan sebagai pengguna yang kompeten, yang memiliki penguasaan Bahasa yang efektif dengan masih memiliki kesalahpahaman, ketidakakuratan dan ketidaktepatan dan kesalahpahaman. Namun dapat menggunakan Bahasa yang cukup rumit.

Nilai band 5 untuk pengguna sederhana yang memiliki sebagian perintah Bahasa, mengatasi makna keseluruhan dalam sebagian besar situasi walau masih banyak kesalahan dan harus mengatasi dan menangani komunikasi dasar pada bidangnya sendiri.

Baca Juga: 6 Pilihan Terbaik Tempat Kursus SAT Jakarta, Yuk Daftar

Nilai band 4 diisi oleh pengguna terbatas dimana pengguna ini memiliki kompetensi dasar yang terbatas pada situasi yang familiar, memiliki masalah pada pemahaman dan ekspresi. Dan masih belum bisa mempergunakan bahasa yang rumit.

Related Articel  Review 6 Tempat Kursus GRE Jakarta Terbaik & Terpercaya

Nilai band 3 untuk pengguna sangat terbatas dimana pengguna dalam menyampaikan dan memahami hanya pada makna umum dalam satu situasi yang sangat familiar. Di Dalamnya masih sering terjadi gangguan komunikasi.

Nilai band 2 untuk pengguna terputus-putus, yang menandakan tidak adanya komunikasi nyata yang memungkinkan, kecuali untuk informasi yang mendasar dimana didalamnya menggunakan kata-kata atau formula pendek dalam situasi familiar yang mendesak.

Nilai band 1 dan 0 yang masing masing adalah bukan pengguna yang tidak memiliki kemampuan untuk menyampaikan Bahasa di luar kata-kata dengan formula yang pendek. Dan tidak pernah mencoba melakukan tes (nilai band 0).

Tempat pelaksanaannya pun tidak sembarang, hanya beberapa tempat tertentu yang sudah bekerjasama dengan penyelenggara pusat IELTS yakni British Council, IALF, dan IDP yang mengelola langsung tempat dilaksanakannya ujian.

Sementara untuk kisaran harga, biaya tes IELTS berada pada range harga 2.900.000 sampai dengan 3.300.000 rupiah. Harga tersebut dapat sewaktu-waktu berubah sesuai dengan kebijakan dari penyelenggara.

Materi Ujian IELTS

Materi Ujian IELTS

Untuk materi ujian dalam tes IELTS sebenarnya tidak berbeda jauh dengan yang format yang terdapat pada ujian TOEFL.

Hanya saja beberapa komponen seperti penggunaan aksen, atau komponen soal lainnya yang tidak menggunakan Bahasa Inggris yang dipakai di Amerika.

IELTS Reading Test

Durasi waktu pengerjaan yang diberikan hanya 60 menit, dan selama waktu tersebut berjalan kamu ditugaskan untuk menjawab sebanyak 40 pertanyaan. 

Inti daripada pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya menyangkut materi mencari pesan tersirat dalam sebuah teks.

Ide utama atau ide pokok sebuah bacaan, teknik membaca cepat secara keseluruhan, mengetahui pendapat, sikap, opini dan maksud dari si penulis teks.

Sebagaimana dijelaskan bahwa IELTS memiliki 2 jenis ujian, maka dalam Reading Test bagi modul Akademis soalnya terdiri dari tiga teks yang cukup panjang. Dimana teks tersebut memiliki sifat deskriptif, factual dan analitis. 

Biasanya teks tersebut diambil atau dikutip dari jurnal, majalah, buku, surat kabar, dan lainnya sehingga sangat tepat bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi atau registrasi profesi di luar negeri.

Sementara untuk jenis IELTS kedua, yakni general training dalam sesi reading teksnya mengandung teks yang berasal dari surat kabar, buku, teks pengumuman, buku pegangan perusahaan, iklan hingga majalah. 

IELTS Writing Test

Untuk jenis IELTS Academic, kamu akan menjawab soal dari topik yang sesuai dengan mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Tugas pertama berisikan tabel, bagan, grafik atau diagram yang perlu untuk kamu deskripsikan, dijelaskan atau disingkat dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

Related Articel  Butuh Referensi Contoh Soal IELTS? Ada Di Sini!

Sementara pada tugas kedua, kamu harus menuliskan essay yang dibuat sebagai tanggapan atas sebuah argument.

Masalah atau pendapat. Kedua teks tersebut harus diposisikan dengan menggunakan Bahasa formal. Dalam kurun waktu yang diberikan yakni 60 menit untuk kedua tugas.

Pada jenis IELTS General Training, tugas pertama yaitu kamu harus menulis sebuah surat untuk meminta sebuah informasi atau juga menjelaskan tentang situasi yang diberikan.

Untuk tugas kedua, kamu harus menulis essay yang berisi tanggapan atas sebuah argument, masalah atau pendapat.

Disini kamu bisa memilih untuk menuliskan jawaban dalam gaya Bahasa formal maupun informal.

IELTS Speaking Test

Dalam sesi ini baik IELTS jenis Akademik maupun General Training akan menghadapi 3 bagian soal.

Bagian pertama, akan diberikan pertanyaan yang menyangkut pribadi secara umum. Seperti, keluarga, rumah ,pekerjaan, minat dan studi dengan durasi waktu sekitar 4 sampai 5 menit.

Bagian kedua, akan diberikan pertanyaan seputar topik tertentu, peserta diharuskan berbicara mengenai topik tersebut dalam kurun waktu 2 menit.

Sebelumnya akan diberikan satu menit waktu persiapan untuk menyusun outline pembicaraan.

Bagian tigas, memuat pertanyaan mengenai topik yang berkaitan dengan bagian kedua, kesempatan yang sangat besar untuk mendiskusikan hal-hal yang bersifat abstrak dan ide-ide brilian.

Tentunya sayang sekali jika biaya dan usaha yang kamu keluarkan tidak sebanding dengan hasil yang kamu dapatkan. Karenanya, perlu bagi kamu untuk mengikuti kursus demi mematangkan persiapanmu dalam menghadapi ujian IELTS.

Mau Mengikuti Kursus IELTS Jakarta Terbaik? Ini 6 Rekomendasinya

tempat kursus ielts terbaik di jakarta

Berikut di bawah ini adalah 6 trekomendasi tempat kursus IELTS Jakarta terbaik yang bisa Kamu Coba, diantaranya:

Westwood Prep

Westwood Prep adalah salah satu lembaga yang dipilih karena terkenal karena menyiapkan tenaga pendidik seorang native speaker.

Mengingat menggunakan aksen british yang masih kurang familiar dan sulit untuk ditiru dan dipraktekkan bagi kalangan tertentu.

Tentu, dengan hadirnya para native speaker secara langsung akan mempertajam pemahamanmu dalam skill listening dan speaking dengan menggunakan susunan yang sesuai dan aksen yang ditentukan sehingga kursus ielts Jakarta di Westwood Prep bisa jadi solusinya.

Maxfield Review

Tutor yang berpengalaman dan bersertifikat menjadi salah satu keunggulan dari lembaga kursus yang satu ini. 

Tak jarang tutor didalamnya memiliki pengalaman yang bisa dibilang relate denganmu, mungkin saja tutor tersebut dahulu pernah menghadapi ujian yang sama, atau bahkan memiliki universitas tujuan yang sama denganmu.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah menyampaikan dan berkonsultasi mengenai kesulitan yang kamu hadapi selama pembelajaran atau bahkan berbagi tips dan trik menghadapi ujian IELTS dengannya.

Related Articel  Lengkap, Ini Pengertian dan Perbedaan TOEFL ITP, PBT & IBT

Avana Education

Jika kamu tergolong orang yang sulit menghafal dengan kertas, atau mengalami kesulitan menghafal tanpa media suara, makan avana education menjadi solusi terbaik sebagai tempat kursus ielts Jakarta. Berbagai gaya belajar yang modern bisa kamu temukan disini.

Mulai dari bentuk audio, visual, atau audio visual sekalipun dapat kamu temukan disini. 

Hal yang tidak kamu temukan hanyalah kata bosan karena belajar, tidak ada kata tersebut dalam komitmen pelayanan yang dimiliki oleh avana education.

Westwork.id

Materi berkualitas tapi ringan, hanya bisa kamu dapatkan di kursus ielts Jakarta ini. Jika biasanya semua hal yang elegan dan berkualitas sifatnya berat dan membebani pikiran, tidak dengan jika kamu bergabung mengikuti kursus disini.

Metode belajar dibentuk seefektif mungkin dengan pembagian 60:40 contohnya, 60 untuk pembelajaran secara formal dan sisanya 40 persen digunakan untuk mendukung kegiatan produktif yang ringan dan tidak sama sekali memberimu beban.

Studiva.com

Selain telah memiliki pengakuan dari institusi resmi, lembaga ini juga menjadi incaran dengan banyaknya alumni yang memberikan testimoni positif atas hasil kinerja para staf dan pengajarnya.

Selain itu kursus IELTS Jakarta  di Studiva ini bahan ajarnya yang menjadi pedoman pun tidak pernah diragukan.

Bahan ajar tersebut diterbitkan oleh lembaga setingkat Oxford yang eksistensinya tidak lagi dipertanyakan. Modul yang disediakan juga sangat lengkap, apapun jenis IELTS yang ditempuh baik Akademik maupun General Training memiliki modul efektifnya masing-masing.

Hal tersebut mendukung pembelajaran menjadi semakin terarah dan mencapai target yang diinginkan.

Berbagai latihan soal juga akan kamu hadapi sebagai bentuk persiapan IETS lebih awal dalam beradaptasi dengan format soal yang disediakan saat ujian sesungguhnya berlangsung.

Virtu Education

Berbagai bahan ajar yang berkualitas, metode pembelajaran yang terarah dan target yang sangat mumpuni dalam menumbuhkan minat belajar siswa juga bisa kamu dapatkan di sini.

Selain itu, berbagai pilihan kelas yang tersedia juga sangat berorientasi pada target peserta.

Kelas bagi para peserta yang sedang fokus pada ujian IELTS akan dibuat terpisah dengan kelas lainnya yang memiliki tujuan dan target berbeda seperti ujian nasional, bahkan TOEFL atau tes Bahasa Inggris untuk peruntukkan lainnya.

Selain Itu tak lembaga ini juga menyediakan garansi skor tertentu yang bisa dicapai oleh pesertanya.

Hal ini demi membangun kepercayaan diri peserta dan meningkatkan kemauan dan semangat belajarnya, juga memberikan kepercayaan pada satu lembaga kursus ielts Jakarta untuk menjadi pembimbingnya.

Jika kamu tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai rekomendasi tempat kursus IELTS Jakarta Terbaik, bisa langsung hubungi Kami di Form diatas ini.