TOEFL atau IELTS mungkin sudah sangat sering kamu mendengarnya, namun pernahkah kamu mendengar sebuah tes uji kemampuan Bahasa Inggris lainnya yang dikenal dengan nama TOEIC?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Sebagaimana TOEFL dan IELTS, TOEIC juga diselenggarakan oleh sebuah lembaga institusional bernama ETS (Educational Testing System) yang berkedudukan di Amerika Serikat.

Jika TOEFL dan IELTS menguji kemampuan dan skill mu dalam membaca (reading), menulis (writing), mendengarkan (listening), dan berbicara (speaking.

Baca Juga: 6 Pilihan Terbaik Kursus Toefl di Jakarta Selatan

Maka TOEIC hanya menilai dari beberapa sisi saja. Walau begitu tingkat kesulitannya berada lebih tinggi dibanding dengan TOEFL atau IELTS.

Hal tersebut dipengaruhi oleh sasaran ujian TOEIC itu sendiri. Jika biasanya ujian TOEFL atau IELTS berlaku umum dan pada dasarnya lebih sering dipakai oleh para siswa atau mahasiswa, kadang juga oleh para pekerja namun hanya pada tingkat domestic.

Maka TOEIC diberlakukan khusus bagi para pekerja yang ingin melanjutkan atau melamar pekerjaan di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa utamanya.

Jenis Jenis Ujian TOEIC

Jenis Jenis Ujian TOEIC

Seperti TOEFL dan IELTS yang memiliki bermacam jenis, maka beberapa jenis ujian TOEIC yang dikenal dan diselenggarakan di seluruh dunia adalah:

TOEIC Official

Disebut sebagai TOEIC Official, dikarenakan lembaga penyelenggara ujiannya adalah institusi yang telah terlebih dahulu bekerjasama dengan lembaga Educational Testing 

System (ETS) selaku penyelenggara utama.  Biaya ujiannya sekitar 700.000 rupiah.

TOEIC Prediction

Jika TOEIC official digagas oleh lembaga yang telah bekerjasama dengan ETS, maka berbeda dengan TOEIC prediction yang diselenggarakan oleh lembaga yang tidak bekerjasama dengan ETS.

Walau begitu konsep pelaksanaannya tidak akan jauh berbeda, hasil yang kamu dapatkan juga tidak berbeda.

Walau begitu, value da legalitas TOEIC Prediction tetap berlaku di dalam negeri khususnya Indonesia.

Karena lembaga penyelenggaranya tidak bisa sembarangan. Lembaga-lembaga tersebut harus terlebih dahulu menjadi lembaga resmi yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

TOEIC Prediction memiliki waktu pelaksanaan yang lebih fleksibel dengan pilihan jadwal tes yang lebih banyak.

Sebagian besar lembaga memperbolehkan untuk melaksanakan tes di seluruh jam operasional kerja.

Baca Juga: 6 Tempat Kursus IELTS Jakarta Terbaik, Mana Pilihanmu?

Pendaftarannya pun lebih simple dan tidak memakan waktu menunggu yang sama, setelah selesai melakukan pendaftaran dan pembayaran dalam hitungan beberapa hari kamu sudah bisa mengikuti ujian.

Selisih harga antara TOEIC Official dan TOEIC Prediction sangat jauh berbeda. TOEIC Prediction berada jauh dibawah harga TOEIC Official.

Karena memang di design untuk kebutuhan domestic saja, maka sertifikat nya pun lebih cepat keluar dibanding yang diterbitkan TOEIC Official.

Namun dari segala kelebihannya, tetap saja penggunaan TOEIC Prediction sangat terbatas dan hanya dapat digunakan di Indonesia saja.

Related Articel  Biaya Kuliah Di Jerman Dalam Rupiah: Termurah Se-Eropa

Sehingga untuk kebutuhan mobilitas yang lebih tinggi, harus tetap mengutamakan TOEIC official sebagaimana tujuan awalnya yakni melamar kerja di luar negeri.

Rincian Soal Soal Tes TOEIC

kursus toeic

Soal yang menjadi bahan ujian TOEIC sejatinya terbagi dua, yakni TOEIC Listening and Reading test dan TOEIC Speaking and Writing test.

Namun yang lebih sering digunakan adalah TOEIC Listening and Reading test, dengan rincian soal:

Sesi listening

Soal dalam sesi ini terdiri dari soal berupa gambar (photographs) yang dibalut pertanyaan berjumlah sekitar 10 pertanyaan.

Jenis question response berjumlah 25 pertanyaan, short conversations 39 pertanyaan, dan short talks yang berjumlah 30 pertanyaan.

Di Dalamnya kamu ditugaskan untuk mendengarkan berbagai pertanyaan dan percakapan singkat yang sebelumnya telah direkam atau berbentuk audio.

Untuk selanjutnya menjawab soal berdasarkan dari apa yang kamu dengar dalam kurun waktu 45 menit.

Baca Juga: 6 Pilihan Terbaik Tempat Kursus SAT Jakarta, Yuk Daftar

Sesi Reading

Dalam sesi ini kamu ditugaskan untuk terlebih dahulu membaca teks yang tersedia dan menjawab konten sesuai dengan kemampuan dan kecepatan serta ketepatan. 

Beberapa soal tersebut adalah incomplete sentence dengan jumlah 40 pertanyaan, text completion 12 pertanyaan, dan reading comprehension berjumlah 48 pertanyaan dengan durasi waktu hanya 75 menit.

Seluruh pertanyaan dalam kedua sesi tersebut harus kamu kerjakan dengan menggunakan media pensil dan lembar jawaban, berbeda dengan TOEFL atau IELTS yang sudah lebih modern dengan Internet Based Test.

Skor dan Level Ujian TOEIC

Skor dan Level Ujian TOEIC

Skor ditentukan menurut jumlah soal yang dijawab dengan tepat. Nilai total akan didapat dari penggabungan skor sesi listening dan sesi reading.

Skor yang kamu dapatkan akan sangat beragam jumlah dan tingkatannya. Mulai dari:

  • 60-105 untuk level A1 (Beginner)
  • 110-270 untuk level A2 (Elementary)
  • 275-395 untuk level B1 (Intermediate)
  • 400-485 untuk level B2 (Upper Intermediate)
  • 490-495 untuk level C1 (Advanced)

Beginner

Peserta yang berada pada level ini dapat memahami serta menggunakan ungkapan lazim sehari-hari dan frasa yang sangat dasar yang ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan pada jenis-jenis yang konkrit.

Peserta juga sudah dapat memperkenalkan diri dan orang lain, dapat bertanya serta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan informasi pribadi mulai dari tempat tinggal, orang-orang yang dikenal, dan barang kepemilikan.

Peserta juga telah dapat berinteraksi dengan orang lain dalam cara yang sederhana dengan lawan jenis yang harus berbicara secara perlahan dan dengan lafal yang jelas dan mudah didengar.

Elementary

Peserta dalam level ini dapat memahami kalimat dan ungkapan yang seringkali digunakan yang berkait dengan informasi pribadi, keluargam geografi local, dan pekerjaan.

Peserta dapat berkomunikasi dalam tugas rutin yang membutuhkan pertukaran informasi sederhana mengenai hal-hal yang bersifat umum.

Related Articel  Kuliah Di Turki : Manfaat Dan Cara Daftarnya

Peserta dapat menjelaskan walau dalam istilah yang sederhana mengenai aspek latar belakang, lingkungan sekitar, dan dalam bidang informasi pribadi.

Intermediate

Peserta dalam level ini dapat memahami poin utama dari input standar yang jelas mengenai hal-hal yang lazim ditemukan dalam pekerjaan, sekolah rekreasi dan lain sebagainya.

Peserta juga dapat menangani sebagian besar situasi yang kemungkinan besar terjadi saat bepergian di daerah yang menggunakan Bahasa Inggris khususnya.

Peserta dapat menghasilkan teks terhubung sederhana mengenai satu topik yang lazim atau yang terkait dengan minat pribadi.

Peserta juga sudah dapat menggambarkan pengalaman dan peristiwa, impian, harapan, dan ambisi serta secara singkat memberikan alasan dan penjelasan atas sebuah pendapat dan rencana.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Kursus Gmat Jakarta Terbaik

Upper Intermediate

Peserta dalam level ini dapat memahami gagasan utama dari sebuah teks yang rumit, baik dalam topik yang konkrit maupun yang bersifat abstrak, hal ini termasuk dalam diskusi teknis yang menyangkut bidang keahliannya.

Peserta dapat berinteraksi dengan tingkat kefasihan dan spontanitas yang membuat interaksi umum dengan penutur asli sangat dimungkinkan tanpa timbulnya kendala dari salah satu pihak.

Peserta sudah dapat menghasilkan satu teks terperinci mengenai berbagai subjek dan menjelaskan tentang sudut pandang terhadap suatu isu, hingga menjelaskan dampak positif dan negatif dari berbegai pilihan.

Advanced

Sebagai non native speaker, peserta yang sudah mencapai level ini dapat memahami berbagai teks yang lebih sulit, dan panjang, juga mengenal makna tersirat dan sudah dapat mengekspresikan gagasan dengan fasih dan spontan tanpa menemukan kesulitan.

Peserta juga sudah mampu menggunakan Bahasa dengan fleksibel, efektif yang ditujukan bagi lingkungan sosial, akademik dan profesional.

Peserta sudah mampu menghasilkan teks yang jelas, terstruktur, terperinci, mengenai subjek yang kompleks, menunjukkan penggunaan pola organisasi, konektor dan perangkat kohesif dengan terkendali.

Rekomendasi 6 Tempat Kursus TOEIC Jakarta Terbaik

 

Rekomendasi 6 Tempat Kursus TOEIC Jakarta Terbaik

 

Westwood Prep

Bagi kamu yang ambisius dan menginginkan nilai terbaik dalam ujian TOEIC, maka Westwood Prep bisa masuk salah satu list tempat kursus TOEIC Jakarta yang wajib kamu ikuti. Westwood Prep merupakan salah satu lembaga kursus terbesar di Indonesia.

Para tutor di dalamnya memiliki rekam prestasi yang mumpuni, sehingga lembaga ini mampu memberikan penawaran metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta dalam mencerna pembelajaran.

Kelebihan peserta adalah pendorong sekaligus pelengkap yang akan mengubah titik kekurangannya menjadi hal yang menambah dan mengasah kemampuan peserta dalam berbahasa Inggris tentunya.

Maxfield Review

Metode pengajaran yang mumpuni mampu meningkatkan daya belajar seorang siswa tentunya.

Apalagi dengan tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan dengan TOEFL atau IELTS. Kamu memerlukan tempat kursus seperti maxfield review untuk mengembangkan kemampuanmu.

Related Articel  Beasiswa Jerman S1 dan S2: Persyaratan & Daftar Jurusan

Para tenaga pendidik dan fasilitas pendukung juga ikut menjadi poin plus yang akan kamu dapatkan saat mengikuti kursus TOEIC Jakarta di maxfield review.

Avana Education

TOEIC yang secara umumnya lebih mengedepankan skill reading dan listening secara tidak langsung mengharuskan kamu untuk menambah dan memperbanyak kosakata dalam bahasa Inggris.

Bukan hanya kosakata, grammar menjadi hal yang tidak luput dari pemahamanmu.

Jika biasanya grammar menjadi hal yang begitu dihindari karena sulit dalam memahaminya, maka anggapan tersebut akan hilang saat kamu memutuskan untuk mengikuti kursus TOEIC Jakarta di avana education.

Tidak akan kamu temukan lagi berbagi kegundahan dalam menghafal dan mempelajari hingga memahami mekanisme grammar yang katanya sulit tersebut. 

Westwork.id

Sulit mencerna pembelajaran Bahasa Inggris karena materi yang terlalu berat bagimu? Maka mengikuti kursus TOEIC Jakarta di westwork adalah solusi jitu.

Lembaga ini sangat cocok bagi kamu yang merasa kesulitan saat menghadapi materi yang baru, sehingga butuh waktu lebih untuk beradaptasi dari materi satu ke materi lainnya. 

Westwork,id akan memberikanmu bahan ajar yang sangat ringan, sejenis modul dengan metode belajar cara cepat.

Bahan ajar ini sangat simple dan memiliki mutu kualitas tinggi, materi yang membuatmu pusing karena harus berulang kali membaca, akan diringkas sedemikian rupa, karena sejatinya buka berapa lembar, tapi seberapa paham kita terhadap apa yang kita pelajari.

Studiva.com

Jika kamu mencari lembaga kursus TOEIC Jakarta yang loyal terhadap pesertanya, maka pilih studiva.com untuk menduduki tempat teratas.

Selain daripada tenaga pendidik, fasilitas, atau bahan ajar lembaga ini sangat aware terhadap keberlangsungan pembelajaran dan setiap inci perkambangan yang kamu hadapi.

Maka tak jarang sesi konsultasi menjadi salah satu yang paling dibutuhkan saat belajar, dan studi memberimu sesi konsultasi tanpa busa yang dapat kamu akses selama kamu menjadi peserta kursus disana.

Virtu Education

Mencari tempat kursus TOEIC Jakarta dengan fasilitas lengkap dan program yang beragam? Kamu bisa bergabung bersama virtu education.

Disini berbagai jenis kursus persiapan ujian bisa kamu ikuti salah satunya kursus persiapan tes TOEIC.

Bukan hanya itu, jika kamu berkeinginan mendaftar kuliah keluar negeri, seperti di Jerman, Atau Perancis.

Virtu education bisa membantumu mulai dari pendaftaran hingga pemilihan universitas yang cocok.

Masih ada lagi, virtu education juga membuka peluang bagi kamu yang ingin meniti karir di luar negeri seperti ke Jepang atau ke Jerman dengan program ausbildung nya. 

Jika kamu akan menghadapi tes TOEIC dalam waktu dekat, kamu bisa segera mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus TOEIC Jakarta dengan mengisi form diatas ini atau bisa klilk bannernya langsung.